Mengenal Bagian-bagian Solder

Solder sering digunakan sebagai alat bantu untuk menyambung komponen tertentu pada perangkat elektronika. Solder menghasilkan panas yang mampu untuk melelehkan timah sebagai bahan tambah dalam proses penyambungan. Solder terbagi dalam beberapa jenis, berbeda jenis berbeda pula harga jual solder tersebut. Meskipun demikian bagian-bagian dari solder tetaplah sama.


Solder terdiri dari beberapa bagian penting, tahukah anda bagian-bagian dari solder?

Bagian 1: Elemen Pemanas

Pada solder terdapat sebuah elemen pemanas yang akan menjadi penentu dari tingginya suhu solder. Semakin besar tegangan semakin tinggi pula suhu yang dihasilkan. Besaran daya untuk elemen pemanas dipilih berdasarkan kebutuhan pengunaan solder tersebut.

Misalkan untuk kebutuhan penyolderan komponen Integrated Circuit (IC), besaran daya elemen pemanas maksimum 30 watt, karena apabila tegangannya besar maka suhu yang dihasilkan akan besar pula, suhu yang besar tersebut akan mengakibatkan kerusakan pada komponen Integrated Circuit (IC).
elemen-solder

Bagian 2: Besi Solder

Besi solder yang juga disebut dengan Solder Tip berfungsi sebagai komponen untuk mengalirkan panas terhadap elemen pemanas. Umumnya besi solder ini tebuat dari bahan yang mampu menghantarkan panas secara baik. Panas dikupulkan pada bagian ujung besi, daerah ujung besi solder merupakan area yang cukup panas. Pada bagian ini dilengkapi dengan bahan anti lengket serta anti karat, hal ini untuk memberi kemudahan dalam proses pembersihan setelah pemakaian.
besi-solder

Bagian 3: Gagang Solder

Gagang solder adalah merupakan bagian yang tidak kalah penting, gagang solder umumnya dibuat dari bahan plastic dengan campuran khusus agar tahan panas dan tidak mudah meleleh. Namun hanya solder dengan harga jual yang relatif mahal yang menggunakan bahan plastik tahan panas, sedangkan solder biasa, tidak menggunakan bahan tersebut. Tentu saja harga jual solder biasa lebih murah. Untuk alasan keamanan sebaiknya belilah solder dengan kualitas yang baik, tidak cepat melelah atau lebih tahan panas.
gagang-solder
Nah, itulah ulasan tentang bagian-bagian dari solder. Belilah solder dengan kualitas yang baik, karena solder yang baik menentukan hasil kerja kita.


0 Response to "Mengenal Bagian-bagian Solder"

Post a Comment