Thursday, November 12, 2015

Parameter Formal dan Aktual dalam Bahasa C

Parameter sebuah fungsi adalah variabel yang menyertai fungsi tersebut baik saat deklarasi maupun saat pemanggilan fungsi. Dalam bahasa C dikenal dua jenis parameter, yaitu parameter formal dan aktual. Parameter formal adalah  parameter yang berupa variabel yang ada dalam definisi fungsi saat dideklarasikan. Sedangkan parameter aktual adalah parameter yang bisa berupa variabel atau konstanta yang dipakai saat pemanggilan fungsi.

Parameter formal sebuah fungsi harus berupa variabel karena dia bersifat kerangka yang nanti nilainya bisa berubah selama proses program. Tata cara penulisan parameter formal tampak jelas pada saat pembahasan tentang prototipe fungsi. Parameter formal bisa berupa satu atau beberapa variabel yang ditulis setelah nama fungsi, ditaruh didalam kurung dengan masing-masing variabel dipisahkan tanda koma.

Parameter aktual merupakan parameter yang dipakai ketika sebuah fungsi dipanggil didalam program. Parameter aktual dapat berupa variabel atau konstanta. Penulisan dan tipe data parameter aktual sebuah fungsi harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh parameter formal. Selain itu, parameter aktual juga bisa merupakan hasil dari sebuah operasi bilangan.

Contoh penggunaan parameter formal dan parameter aktual dapat dilihat pada contoh program berikut ini :
 #include <stdio.h>    
   
 //prototipe fungsi  
 //parameter formal berupa variabel: panjang, lebar dan diameter   
 float hitung_luas_persegi_panjang(float panjang, float lebar);   
 float hitung_luas_lingkaran(float diameter);   
   
 int main ()    
 {    
  float panjang = 20.25;   
  float lebar = 4.75;   
  float luas;   
   
  //parameter aktual berupa variabel    
  
  luas = hitung_luas_persegi_panjang(panjang,lebar);   
  printf("LUAS PERSEGI PANJANG = %f \n",luas);   
     
  //parameter aktual berupa konstanta  
  
  luas = hitung_luas_lingkaran(8.5);   
  printf("LUAS LINGKARAN = %f \n",luas);   
  return 0;    
 }    
   
 //definisi fungsi   
 //parameter formal berupa variabel: panjang, lebar dan diameter   
 
 float hitung_luas_persegi_panjang(float panjang, float lebar)   
 {   
  return (panjang * lebar);   
 }   
   
 float hitung_luas_lingkaran(float diameter)   
 {   
  return (3.14 * diameter * diameter / 4 );   
 }   
Pada contoh diatas tampak sebuah program dengan dua buah fungsi yaitu fungsi hitung_luas_persegi_panjang dan hitung_luas_lingkaran. Pada prototipe masing-masing fungsi terdapat parameter formal yaitu pada fungsi hitung_luas_persegi_panjang terdapat parameter panjang dan lebar serta pada fungsi hitung_luas_lingkaran terdapat parameter diameter.

Kemudian pada main rutin terdapat contoh pemanggilan fungsi dengan parameter aktual berupa variabel yaitu pada perintah luas = hitung_luas_persegi_panjang(panjang,lebar). Dan contoh pemanggilan fungsi dengan parameter aktual berupa konstanta pada perintah luas = hitung_luas_lingkaran(8.5).

Itulah penjelasan singkat mengenal parameter formal dan parameter aktual pada fungsi dalam bahasa C. Untuk penjelasan tentang cara melewatkan pada sebuah fungsi dalam bahasa C insyaAllah akan dijelaskan pada artikel selanjutnya.

0 komentar

Post a Comment