Friday, October 23, 2015

DO WHILE dan FOR dalam Bahasa C

DO WHILE dan FOR dalam Bahasa C digunakan untuk membuat perulangan proses dalam sebuah program. Perulangan proses atau yang lazim disebut dengan loop dibutuhkan untuk membuat penulisan kode program lebih efisien. Misalnya kita akan mengulang sebuah tampilan sebanyak seratus kali maka sangat tidak efisien jika harus menulis kode yang sama sebanyak seratus kali. Dengan menggunakan logika perulangan proses atau loop cukup beberapa baris kode program saja.

Pada bahasa C dikenal tiga buah perulangan proses yaitu WHILE, DO WHILE dan FOR. Kemudian untuk keluar dari perulangan proses digunakan beberapa pernyataan program seperti BREAK, GOTO dan CONTINUE. Berikut ini pembahasan mengenai masing-masing perulangan proses dalam bahasa C tersebut.

1. Perulangan DO...WHILE

Pada perulangan menggunakan DO WHILE, statemen program akan dijalankan secara berulang selama kondisi syarat pada WHILE masih terpenuhi atau bernilai benar. Perulangan akan berhenti jika kondisi syarat pada WHILE bernilai salah. Pada perulangan DO WHILE, statemen program akan dijalankan setidaknya sekali sebelum mengecek kondisi syarat pada WHILE.

Cara penulisan DO...WHILE dalam bahasa C

do {
  kode yang akan dijalankan jika kondisi bernilai benar;
} while (kondisi);

Contoh penggunaan DO...WHILE dalam bahasa C

 #include <stdio.h>     
      
 int main ()     
 {     
  int angka = 0;  
  do {  
     printf("%d\n", angka);  
     angka ++;  
  } while(angka <= 10);    
    
  return 0;  
 }  

Penjelasan program :

Pertama kali dilakukan deklarasi variabel angka sekaligus diberi nilai 0 melalui perintah angka = 0. Kemudian perintah printf untuk menampilkan nilai angka lalu diikuti dengan perintah increment angka (angka++).
Selanjutnya dicek kondisi syarat pada WHILE, apakah nilai angka lebih kecil atau sama dengan 10. Jika ya maka akan diulang proses diatas sampai kondisi pada WHILE tercapai.
Jika dijalankan program diatas akan menampilkan angka 0 sampai 10 secara vertikal, karena ada karakter \n yang berarti ganti baris baru.

2. Perulangan WHILE

Pada perulangan menggunakan WHILE, statemen program juga akan dijalankan secara berulang selama kondisi syarat pada WHILE masih bernilai benar. Perulangan akan berhenti jika syarat pada WHILE bernilai salah.

Cara penulisan WHILE dalam bahasa C

while (kondisi) {
  kode yang akan dijalankan jika kondisi bernilai benar;
};

Contoh penggunaan WHILE dalam bahasa C

 #include <stdio.h>     
      
 int main ()     
 {     
  int angka = 0;  
  while(angka<=10) {  
     printf("%d\n", angka);  
     angka ++;  
  };    
    
  return 0;  
 }  

Penjelasan program :

Pertama kali dilakukan inisialisasi variabel angka sekaligus diberi nilai 0 (angka = 0). Kemudian dilakukan pengecekan terhadap nilai angka apakah lebih kecil atau sama dengan 10. Jika benar maka dijalankan perintah printf untuk menampilkan nilai angka lalu diikuti dengan perintah increment angka (angka++).
Selanjutnya dilakukan pengecekan kembali kondisi syarat pada while, apakah nilai angka masih lebih kecil atau sama dengan 10. Jika ya maka akan diulang proses diatas sampai kondisi pada while tercapai.
Jika dijalankan program diatas akan menampilkan angka 0 sampai 10 secara vertikal, karena ada karakter \n yang berarti ganti baris baru.

Perbedaan DO WHILE dan WHILE dalam bahasa C

Perulangan WHILE memiliki cara kerja yang mirip dengan DO WHILE, bedanya jika pada perulangan DO WHILE pengecekan kondisi dilakukan dibelakang maka pada WHILE pengecekan kondisi syarat dilakukan didepan.

Pada perulangan menggunakan DO WHILE, pernyataan atau statemen program setidaknya akan dijalankan selama satu kali sedangkan jika menggunakan WHILE, pernyataan atau statemen program bisa saja tidak dijalankan jika saat pengecekan kondisi sudah bernilai salah. untuk lebih jelas bisa dilihat pada program berikut ini.
 #include <stdio.h>     
      
 int main ()     
 {     
  int angka = 11;  
  do {  
     printf("%d\n", angka);  
     angka ++;  
  } while(angka <= 10);    
    
  return 0;  
 }  
Jika program diatas dijalankan pada layar akan tampil angka 11 meskipun kondisi pada WHILE tidak terpenuhi ( angka 11 lebih besar dasi 10). Hal ini terjadi karena statemen program didalam DO tetap dikerjakan setidaknya satu kali meskipun kondisi syarat pada WHILE bernilai salah. Ini disebabkan oleh sistem kerja perulangan DO WHILE yang menerapkan pengecekan kondisi dilakukan dibelakang.

3. Perulangan FOR

Perulangan FOR memiliki konsep perulangan yang khusus jika dibanding dengan WHILE dan DO WHILE. Pada perulangan FOR, inisialisasi variabel, syarat dan operasi bilangan ditulis dalam satu kelompok dan terpisah dari statemen program yang akan dijalankan.

Statemen program akan dijalankan berulang selama kondisi syarat masih terpenuhi atau bernilai benar. Perulangan FOR dilakukan untuk meringkas penulisan perulangan menggunakan WHILE bilamana telah diketahui atau ditentukan jumlah perulangannnya.

Cara Penulisan FOR dalam bahasa C

for (nilai awal; tes kondisi nilai; operasi perubahan nilai)
{
  kode yang akan dijalankan jika kondisi bernilai benar;
}
Keterangan parameter pada FOR:
  • nilai awal, adalah inisialisasi nilai awal yang diberikan saat FOR pertama kali dijalankan.
  • tes kondisi nilai, adalah proses pengecekan nilai selama loop berlangsung. Jika bernilai benar maka proses loop diteruskan dan jika bernilai salah maka loop berhenti.
  • operasi perubahan nilai: adalah operasi yang mengubah nilai selama proses loop yang membuat nilai mencapai kondisi nilai tes.
  • Jika salah menetapkan operasi perubahan nilai dan sampai berakibat pada tidak tercapainya kondisi syarat berhentinya loop maka loop akan dikerjakan secara terus menerus tanpa pernah berhenti.

Contoh penggunaan FOR dalam bahasa C

 #include <stdio.h>  
   
 int main() {  
  int angka;  
   
  for (angka = 0; angka <= 10; angka++) {  
     printf("%d\n", angka);   
  }  
   
  return 0;  
 }  

Penjelasan program:

Pada program tampak perulangan FOR mengacu pada perubahan nilai variabel angka. Inisialisasi nilai awal untuk variabel angka sebesar 0 lalu tes kondisi perulangan jika angka kurang dari atau sama dengan 10 dengan operasi perubahan nilai berupa increnet angka dengan perintah angka++. Dengan demikian jika program dijalankan akan tampil angka 1 sampai 10.

0 komentar

Post a Comment