Saturday, October 24, 2015

BREAK dan CONTINUE dalam Bahasa C

BREAK dan CONTINUE dalam bahasa C digunakan bersama dengan logika perulangan WHILE, DO WHLE dan FOR. Statemen BREAK juga dijumpai pada saat menggunakan penyeleksian dengan SWITCH. Prinsip dasar BREAK adalah menghentikan sedangkan CONTINUE adalah melanjutkan.

Statemen BREAK digunakan untuk keluar dari perulangan meskipun kondisi syarat perulangan masih terpenuhi. Sedangkan statemen CONTINUE digunakan untuk meneruskan perulangan ke proses berikutnya tanpa mengerjakan perintah dibawahnya.

1. Statemen BREAK

Statemen BREAK berfungsi untuk keluar dari perulangan atau loop baik itu FOR, WHILE maupun DO WHILE. Statemen Break juga berfungsi untuk menuju akhir dari statemen SWITCH (penyeleksian). Pada perulangan menggunakan FOR, statemen BREAK akan mengarahkan program ke bagian akhir for tanpa mengerjakan perintah yang ada dibawahnya yang ada didalam FOR.

Contoh Penggunaan BREAK dalam SWITCH

 #include <stdio.h>     
      
 int main ()     
 {     
  int angka;    
  puts ("MASUKKAN ANGKA 1 SAMPAI 3 =");  
  scanf("%d",&angka);  
  puts ("ANDA MEMASUKKAN ANGKA = ");  
  switch (angka) {   
  case 1:   
   puts ("SATU");   
   break;   
  case 2:   
   puts ("DUA");   
   break;   
  case 3:   
   puts ("TIGA");   
   break;   
  default:   
   puts ("TIDAK DIANGGAP");   
  }   
  return 0;  
 }  
Pada contoh tampak sebuah penyeleksian angka 1 sampai 3 menggunakan SWITCH terhadap masukan keyboard. terlihat statemen BREAK ditaruh pada setiap akhir pernyataan disetiap kondisi didalam SWITCH. Ini bertujuan agar setelah pernyataan didalam sebuah kondisi dijalankan maka program akan langsung keluar dan menuju akhir SWITCH.

Contoh Penggunaan BREAK dalam FOR

 #include <stdio.h>  
 #include <getch.h>  
   
 #define ENTER '\n'      
  int main ()     
  {     
  char huruf;    
  puts ("TEKAN KEYBOARD =");   
   
  for(;;)  
  {  
     huruf=getche();  
     if(huruf == ENTER)  
     break;  
  }    
  puts ("Selesai");  
  return 0;   
  }   
Program diatas menggunakan perulangan dengan FOR yang tanpa batas. Jika dijalankan maka program akan selalu menerima input dari keyboard untuk ditampilkan pada layar melalui perintah getche(). Program akan berhenti jika user menekan tombol ENTER melalui statemen BREAK yang dijalankan setelah perintah if(huruf == ENTER).

Note : File getch.h adalah pengganti conio.h yang saya buat agar fungsi getche() bisa jalan di komputer Linux. Hal ini karena file conio.h hanya ada pada Windows atau MS-DOS.

2. Statemen CONTINUE

Statemen CONTINUE untuk mengarahkan eksekusi proses program ke proses berikutnya dalam satu perulangan atau loop yang sama. Pada perulangan WHILE dan DO WHILE, statemen CONTINUE menyebabkan eksekusi menuju ke proses pengujian kondisi perulangan.

Sedangkan pada perulangan FOR, statemen CONTINUE menyebabkan eksekusi program menjalankan operasi perubahan nilai pengendali perulangan pada FOR lalu dilanjutkan dengan mengujinya sesuai syarat kondisi perulangan.

Contoh Penggunaan CONTINUE dalam WHILE

 #include <stdio.h>  
 #include <getch.h>  
      
  int main ()     
  {     
  char huruf;    
  puts ("TEKAN KEYBOARD =");   
   
  while(1)  
  {  
     huruf=getch();  
     if((huruf <= '0') || (huruf>='9'))  
         continue;  
     else if(huruf == 'x')  
     {  
         printf("SELESAI");      
         break;  
     }  
     printf("%c",huruf);  
  }  
  return 0;   
  }   
Program diatas merupakan perulangan WHILE abadi dengan kondisi selalu benar atau tanpa kondisi yang bisa menghentikan perulangan WHILE (karena angka 1 selalu benar). Cara kerja dari program diatas adalah komputer hanya menerima masukan angka saja dari 0 sampai 9.

Pertama kita deklarasikan variabel huruf bertipe char. Lalu kita buat sebuah perulangan dengan WHILE(1). Didalam perulangan kita cek masukan keyboard melalui fungsi getch() lalu ditampilkan melalui perintah printf.

Jika pengguna memasukkan selain angka maka perintah printf yang ada dibawah tidak dijalankan karena ada statemen CONTINUE yang dieksekusi jika logika IF terpenuhi. Kemudian jika user menekan huruf x maka program akan dihentikan.

Contoh Penggunaan CONTINUE dalam FOR

 #include <stdio.h>  
      
 int main ()     
  {     
  int angka;  
    
  for(angka=0;angka<=20;angka+=2)  
  {  
     if(angka==11) continue;  
     printf("%d ",angka);  
  }  
  return 0;   
  }   
Program diatas akan menampilkan semua bilangan ganjil antara 0-20 kecuali angka 11. Jika angka sama dengan 11 maka logika IF terpenuhi dan statemen continue akan dijalankan sehingga perintah printf tidak dijalankan melainkan langsung menuju ke proses (iterasi) selanjutnya.

0 komentar

Post a Comment