Tuesday, September 15, 2015

Solusi Pasang Iklan OLX Ditolak

Setelah memasang iklan di OLX, selanjutnya iklan kita akan melewati proses moderasi yang akan mengecek sekaligus menguji kelayakan iklan untuk ditampilkan di OLX.co.id. Masalah yang kemudian muncul adalah bagaimana solusinya jika iklan kita ditolak setelah proses moderasi tersebut. Padahal kita benar-benar jujur ingin menjual barang atau jasa tanpa ada niat untuk menyalahi aturan dari OLX apalagi melanggar hukum.

OLX.co.id sebagai salah satu situs iklan baris gratis terbesar di Indonesia tentu mempunyai team yang bertugas menjaga kelayakan dan kualitas layanan agar sesuai dengan kebijakan dan tidak melanggar hukum perundang-undangan dimana dia beroperasi misalnya di Indonesia. Untuk itulah team moderasi OLX bekerja mengecek satu per satu iklan yang diposting sebelum akhirnya diputuskan layak untuk ditampilkan.

Jika iklan kita ditolak ada baiknya kita introspeksi diri dan mengecek lagi apa yang salah dengan barang atau jasa yang kita jual atau barangkali ada data yang belum dilengkapi saat memasang iklan seperti harga, deskripsi dan sebagainya. Penolakan terhadap iklan yang dipasang tentunya bukannya tanpa alasan. Iklan yang ditolak tentu dianggap tidak layak untuk ditampilkan dengan berbagai alasan yang mungkin tidak dijelaskan secara detail oleh moderator.

Untuk sedikit membantu dalam mencari solusi apabila iklan kita ditolak oleh OLX, berikut ini coba saya rangkum keterangan dari petunjuk pemasangan iklan dan larangan pada situs OLX.co.id.

Pastikan sudah mematuhi semua aturan pemasangan iklan di OLX.co.id

Dalam memasang iklan di OLX.co.id ada aturan yang harus dipatuhi oleh semua pengguna tanpa terkecuali. Aturan tersebut bersifat mengikat dan merupakan syarat kelayakan agar iklan kita bisa ditampilkan di situs OLX.co.id.

Beberapa aturan pemasangan iklan yang saya kutip dari situs OLX.co.id diantaranya:
  1. Maksimal jumlah iklan terpasang untuk tiap user adalah 10 iklan. Pemasangan iklan yang ke-11 dan seterusnya pasti akan ditolak.
  2. Tidak boleh menggunakan alamat email yang mengandung unsur OLX atau Tokobagus seperti misalnya adminolx@gmail.com atau salestokobagus@yahoo.com dan sebagainya.
  3. Isi data pada iklan dengan lengkap dan benar seperti Judul, Kategori, Harga, Deskripsi dan Foto Produk.
  4. Untuk petunjuk pemasangan iklan selengkapnya bisa dibaca di OLX.co.id pada alamat http://olx.co.id/petunjuk-pasang/

Pastikan barang dan jasa tidak termasuk yang dilarang oleh OLX.co.id

OLX sangat ketat dalam menerapkan seleksi terhadap barang dan jasa yang boleh diperjualbelikan di situs OLX.co.id. Contohnya iklan untuk barang-barang yang termasuk kategori berbahaya seperti senjata api tidak diperkenankan tampil. Begitu pula iklan jasa yang termasuk ilegal seperti hacking dan instal software bajakan dilarang tampil di OLX.co.id.

Agar iklan kita tidak ditolak oleh OLX, sebaiknya perhatikan dengan benar apakah barang atau jasa yang kita jual termasuk yang dilarang atau tidak. Mungkin menurut kita itu hal yang legal dan wajar dalam berbisnis atau berusaha namun jika ternyata memang termasuk materi yang terlarang maka team moderasi OLX tidak akan segan untuk mencoret iklan kita.

Sebagi contoh hal-hal yang termasuk dilarang namun bukan sesuatu yang ilegal dalam rutinitas sehari-hari adalah jasa pembuatan website dan jasa inject pulsa atau paket internet. Jika kita memasang iklan tentang materi tersebut tentu sudah pasti akan ditolak oleh OLX. Jadi perhatikan dengan benar sebelum memasang iklan, apakah barang dan jasa yang kita tawarkan termasuk yang dilarang oleh OLX.co.id atau tidak.

Untuk detail produk barang dan jasa yang dilarang oleh OLX.co.id bisa dilihat di situs OLX.co.id pada alamat http://olx.co.id/larangan/. Selamat beriklan dan semoga iklan yang kita pasang tidak ditolk oleh OLX.

0 komentar

Post a Comment