Saturday, September 12, 2015

Prinsip Kerja Dioda Varactor

Dioda varactor adalah dioda yang memiliki nilai kapasitansi seperti kapasitor. Nilai kapasitansi dioda varactor dapat diubah dengan mengatur tegangan bias pada dioda varactor. Aturan pemberian tegangan bias pada dioda varactor dengan cara terbalik (reverse), artinya tegangan bias dimasukkan ke kaki katoda.

Nilai kapasitansi dioda varactor akan naik jika tegangan bias turun dan akan turun jika tegangan bias naik. Nilai kapasitansi dioda varactor akan menjadi nol pada batas maksimal tegangan kerjanya.

Dioda varactor juga disebut dengan Varicap (Variable Capacitor). Dioda varactor pertama kali dibuat pada bulan Juni 1961 oleh Pacific Semiconductor yang merupakan bagian dari Ramo Wooldridge Corporation yang menerima paten untuk dioda varactor. Nama Varicap merupakan merk dagang dari TRW Semiconductors, penerus dari Pacific Semiconductors pada October 1967.

Simbol dan Bentuk Fisik Dioda Varactor

Simbol dioda varactor digambarkan dengan dioda yang dirangkai seri dengan kapasitor pada sisi katodanya. Penggambaran yang benar pada simbol dioda varactor adalah antara kaki anoda dan katoda tidak tersambung secara langsung melainkan putus oleh dua plat kapasitor.

Berikut ini gambar simbol dioda varactor:
Simbol Dioda Varactor

Dioda varactor memiliki bentuk fisik bermacam-macam. Ada yang berbentuk kotak seperti transistor dengan dua kaki, ada juga yang berbentuk seperti dioda biasa dan ada pula dioda varactor dalam bentuk komponen SMD. Pada aplikasi tuner FM dan AM ada bentuk dioda varactor yang dibuat sepasang, yaitu dua dioda varactor dalam satu kemasan. Ini menjaga linearitas kapasitansi antara kedua dioda varactor tersebut.

Dan berikut ini beberapa contoh bentuk fisik dioda varactor:
Bentuk Fisik Dioda Varactor

Aplikasi Dioda Varactor

Dioda varactor banyak dipakai pada perangkat elektronika yang menggunakan sistem komunikasi frekuensi tinggi seperti radio dan televisi. Dioda varactor digunakan pada rangkaian tuner, yaitu rangkaian penguat RF dan osilator. Dengan penggunaan dioda varactor maka frekuensi kerja dari penguat RF dan osilator dapat dikontrol dengan tegangan. Sistem ini disebut VCO (Voltage Controlled Oscilator). Sistem inilah yang membuat kita bisa mengubah channel pada pesawat televisi dengan hanya menekan tombol pada REMOTE CONTROL.

A varactor diode uses a p-n junction in reverse bias and has a structure such that the capacitance of the diode varies with the reverse voltage. A voltage controlled capacitance is useful for tuning applications.

Sebuah dioda varactor menggunakan PN-Junction dengan bias terbalik (reverse) dan memiliki struktur yang menjadi kapasitansi dari dioda dengan nilai yang bervariasi tergantung dari tegangan balik yang diberikan. Sebuah kapasitansi yang di kendalikan tegangan berguna untuk aplikasi tuning secara elektronik. Kapasitansi dikendalikan oleh metode doping dalam penipisan lapisan. Nilai kapasitansi dioda varactor yang umum adalah berkisar pada orde pF (picofarad).

Berikut ini contoh rangkaian osilator menggunakan dioda varactor :
Referensi:

0 komentar

Post a Comment