Wednesday, August 12, 2015

Penyearah Sistem Jembatan

Penyearah sistem jembatan (bridge rectifier) adalah sebuah penyearah yang menggunakan empat buah blok dioda yang disusun model jembatan(satu blok dioda bisa berupa satu atau beberapa dioda yang diparalel). Penyearah sistem jembatan mampu menghasilkan output gelombang penuh dari satu gulungan transformator. Dalam hal ini berbeda dengan penyearah gelombang penuh sebelumnya yang harus menggunakan transformator CT.

Penyearah sistem jembatan disusun oleh empat blok dioda yang bekerja secara bergantian pada tiap fase sinyal sinus. Hal ini menyebabkan keluaran penyearah sistem jembatan sama dengan penyearah gelombang penuh meski hanya menggunakan satu gulungan transformator. Penyearah sistem jembatan dianggap lebih murah jika hanya bertujuan menghasilkan tegangan tunggal karena tidak harus menambah lilitan transformator.

Prinsip Kerja Penyearah Sistem Jembatan

Sebuah penyearah sistem jembatan sederhana digambarkan dengan empat buah dioda yang disusun model jembatan. Meski terdiri dari empat buah dioda, pada kenyataannya hanya dua dioda yang bekerja pada masing-masing fase sinyal sinus. Dioda D1 dan D3 "mengumpulkan" tegangan positif dari sinyal sinus, sedangkan D2 dan D4 "mengumpulkan" tegangan negatif dari sinyal sinus.
Rangkaian Penyearah Sistem Jembatan
Saat sinyal sinus pada siklus gunung (fase positif) maka titik A lebih positif dari titik B. Hal ini menyebabkan arus mengalir dari titik A menuju D1 melewati RL kemudian menuju D2 dan sampai pada titik B. Dalam hal ini katoda D1 menjadi titik positif dan Anoda D2 menjadi titik negatif. Pada siklus ini dioda D3 dan D4 tidak bekerja karena berada pada posisi reverse.
Analisa Penyearah Sistem Jembatan - Siklus Positif
Saat sinyal sinus pada siklus lembah (fase negatif) maka titik B lebih positif dari titik A. Hal ini menyebabkan arus mengalir dari titik B menuju D3 melewati RL kemudian menuju D4 dan sampai pada titik A. Dalam hal ini katoda D3 menjadi titik positif dan Anoda D4 menjadi titik negatif. Pada siklus ini gantian dioda D1 dan D2 tidak bekerja karena berada pada posisi reverse.
Analisa Penyearah Sistem Jembatan - Siklus Negatif
Besarnya tegangan DC yang dihasilkan sama dengan penyearah gelombang penuh yaitu sebesar 2 kali Vmax dibagi dengan π (pi). Dimana besarnya Vmax adalah tegangan puncak (V-peak) dari salah satu siklus sinyal AC. Atau sebesar 0.637Vmax. Dan jika dihitung dengan nilai RMS menjadi 0.637 kali √2 sama dengan 0.9Vrms.
Rumus Penyearah Sistem Jembatan

Kelebihan Dan Kekurangan Penyearah Sistem Jembatan

Kelebihan dari penyearah sistem jembatan adalah mampu menghasilkan output tegangan DC dengan gelombang penuh dari satu lilitan transformator tanpa menambahkan lilitan pada transformator seperti pada penyearah gelombang penuh. Ini dianggap efisiensi secara biaya karena biaya lilitan lebih mahal dibanding harga dioda.

Sedangkan kekurangan dari penyearah sistem jembatan adalah adanya rugi tegangan berlapis yaitu sebesar 1.4V (2 x0.7V) yang disebabkan karena penggunaan dua dioda secara seri. Penyearah sistem jembatan juga tidak cocok untuk membuat power supply dengan output tegangan ganda.

Gambar ilustrasi : http://www.electronics-tutorials.ws

0 komentar

Post a Comment