Saturday, June 13, 2015

Cara Menggunakan Google Webmaster Part 2 (End)

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang apa itu Google Webmaster dan bagaimana cara mendaftar sampai langkah verifikasi akun Google Webmaster pada website atau blog. Setelah berhasil melewati langkah tersebut, selanjutnya kita bisa menggunakan tool-tool yang ada pada Google Webmaster untuk membangun sekaligus mengecek kesehatan dari website atau blog kita.

Ada banyak tool yang disediakan oleh Google Webmaster, namun ada beberapa yang penting dan sering saya gunakan khususnya untuk membangun dan mengelola blog ini. Masing-masing tool dikelompokkan menjadi beberapa kategori, yaitu Tampilan Penelusuran, Lalu lintas Penelusuran, Google Indeks dan Perayapan. Dan diantara beberapa tool yang penting dalam tiap-tiap kategori tersebut adalah Data Terstruktur, Kesalahan Perayapan, Ambil Sebagai Google, Penguji Robots.txt dan Peta Situs.

Data Terstruktur

Adalah salah satu tool pada kategori Tampilan Penelusuran. Menurut saya, tool ini merupakan tool terpenting yang ada dalam Google Webmaster. Melalui tool ini kita bisa mengecek struktur data pada blog sudah benar atau belum. Jika ada kesalahan akan ditampilkan pada item Kesalahan beserta penjelasannya.
Data Terstruktur Google Webmaster
Struktur data yang ada pada blog misalnya hatom, hentry, breadcrumbs, hcard, person dan sebagainya. Kesalahan yang sering muncul adalah hilang author, hilang updated dan hilang name. Sekedar berbagi saja, setelah hampir 20 kali ditolak mendaftar Google Adsense saya akhirnya diterima setelah membenahi kesalahan-kesalahan pada Struktur Data blog.

Kesalahan Perayapan

Ini masuk pada kategori tool Perayapan. Tool ini memberikan informasi kesalahan perayapan dari Googlebot, yaitu robot google berupa software yang digunakan untuk merayapi website dan blog diseluruh dunia untuk diindeks dan ditampilkan pada mesin pencari. Kesalahan perayapan akan ditampilkan dan yang bersifat mayor (sangat banyak) harus segera dicari solusinya.
Kesalahan Perayapan Google Webmaster
Jika googlebot gagal merayapi blog kita dapat berakibat pada tidak tampilnya blog kita di mesin pencari. Dan ini tentu sesuatu yang tidak kita harapkan karena kita tahu bahwa sebuah blog yang baik adalah yang memiliki trafik organik yaitu trafik pengunjung dari mesin pencari.

Ambil Sebagai Google

Adalah sebuah tool untuk membantu Google dalam merayapi website/blog kita secara manual atas perintah atau kehendak pemilik situs. Tool ini membantu mempercepat sebuah artikel agar diindeks oleh mesin pencari untuk selanjutnya bersaing dengan artikel-artikel yang lain untuk tampil di halaman depan mesin pencari. Tool "Ambil Sebagai Google" ini selalu saya gunakan setiap kali mempublikasikan pos baru.
Ambil Sebagai Google
Untuk menggunakan tool ini caranya cukup mudah yaitu dengan memasukan alamat URL posting tanpa nama website atau blog lalu tekan tombol "AMBIL". Seperti misalnya URL posting adalah "http://nulis-ilmu.blogspot.com/2015/06/cara-menggunakan-google-webmaster-part-1.html" maka yang dimasukkan hanya "2015/06/cara-menggunakan-google-webmaster-part-1.html" saja.

Penguji Robots.txt

Adalah tool untuk menguji file robots.txt yang ada pada website atau blog kita. Robots.txt adalah sebuah file didalam folder root pada website atau blog yang memberi ijin kepada robot perayap dari mesin pencari untuk merayapi isi dari website atau blog tersebut.
Penguji Robots.txt Google Webmaster
Melalui robots.txt kita bisa mencegah atau mengijinkan mana artikel yang boleh dirayapi dan mana yang tidak. Kesalahan pada robots.txt dapat berakibat buruk sebuah website atau blog tidak terindeks mesin pencari.

Peta Situs

Adalah tool untuk mengunggah atau melampirkan peta dari situs web atau blog kita kepada Google sebagai mesin pencari. Peta situs atau dalam bahasa inggris disebut Sitemap adalah sebuah file yang berisi keseluruhan isi artikel didalam website atau blog. File peta situs biasanya dalam format XML, misalnya sitemap.xml.
Melalui peta situs diharapkan sebuah mesin pencari, dalam hal ini adalah Google dapat merayapi blog kita dengan lebih cepat dan terstruktur. Seperti analogi didunia nyata, tanpa peta kita bisa kesasar dan tanpa peta situs bisasaja robot Google nanti kesasar di blog kita.
Peta Situs Google Webmaster

Untuk menambahkan peta situs pada Google Webmaster bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan klik tombol TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS yng ada disebelah kanan atas halaman Google Webmaster, masukkan file peta situs misalnya sitemap.xml lalu klik tombol Mengirim Peta Situs atau klik Uji Peta Situs jika sekedar ingin menguji file peta situs saja. Selanjutnya pada halaman akan ada pemberitahuan tentang URL terkirim dan URL terindeks dari peta situs yang kita kirimkan tadi.

Itulah beberapa cara menggunakan Google Webmaster untuk membangun, mengelola dan memeriksa "kesehatan" dari website atau blog. Jika semua telah dilakukan dengan benar maka secara otomatis performa website atau blog kita juga akan meningkat dan tentunya bisa tampil dimesin pencari Google yang kemudian berdampak pada peningkatan pengunjung.

1 komentar: