Cara Mengatasi Hilang Author, Update dan Name Pada Blogger

Bermula dari pesan error yang saya terima pada Google Webmaster tentang kesalahan pada struktur data blog, maka pada artikel ini akan saya bagikan sekaligus sebagai dokumentasi bagi saya pribadi tentang bagaimana cara mengatasi kesalahan pada struktur data Google Webmaster tersebut.

Kesalahan struktur data yang saya alami adalah hilang author, hilang updated dan hilang name. Kesalahan ini saya alami saat mengganti template blog. Beberapa cara dari tutorial yang dibagikan para master telah saya coba namun masih saja kurang manjur dan error masih saja muncul. Sampai akhirnya saya putuskan untuk mengkaji template lama saya dan melihat struktur datanya untuk nantinya saya terapkan pada template blog yang baru.

Dan berikut ini solusi yang saya terapkan untuk mengatasi kesalahan hilang author, hilang updated dan hilang name.

Cara Mengatasi Hilang Author

Author adalah post meta data untuk menyatakan penulis atau pemilik artikel. Kesalahan atau ketiadaan post meta data author menyebabkan pada Data Terstruktur Google Webmaster muncul pesan error Hilang Author.
Pesan Hilang Author Pada Google Webmaster

Untuk menangani pesan "Hilang Author" tersebut kita harus menyatakan nama penulis pada post meta Author didalam sebuah artikel. Caranya kita harus menggunakan salah satu standar dari markup language seperti misalnya saya menggunakan tag "p-author h-card" yang merupakan standar format dari microformats/h-entry.

Berikut ini script untuk mengatasi masalah hilang author pada artikel :
 <span class='post-author vcard p-author h-card'>  
   nama penulis blog    
 </span>  

Dan berikut ini contoh penerapan script tersebut pada template blogger :
Contoh penerapan script author pada template blogger

Cara Mengatasi Hilang Updated

Updated adalah post meta data untuk menyatakan tanggal sebuah artikel dipublikasikan. Kesalahan atau ketiadaan post meta data updated menyebabkan pada Data Terstruktur Google Webmaster muncul pesan error Hilang Updated.
Pesan Hilang Updated Pada Google Webmaster
Untuk menangani pesan "Hilang Updated" tersebut kita harus menyatakan tanggal publish artikel pada post meta Updated didalam sebuah artikel. Caranya kita harus menggunakan salah satu standar dari markup language misalnya menggunakan tag "updated dt-published" dari microformats/h-entry.

Berikut ini script untuk mengatasi masalah hilang author pada artikel :
 <span class='updated published dt-published'>  
    <data:post.timestamp/>  
 </span>

Dan berikut ini contoh penerapan script tersebut pada template blogger :
Contoh penerapan script updated pada template blogger

Cara Mengatasi Hilang Name

Name adalah post meta data standar penulisan nama pada artikel blog. Yang dimaksud standar disini adalah mengikuti aturan seperti nama pemberian (Given Name) dan Nama Keluarga (Family Name). Kesalahan format post meta data Name berakibat munculnya kesalahan Hilang Name pada Google Webmaster.
Pesan Hilang Name Pada Google Webmaster
Untuk mengatasi kesalahan Hilang Name kita bisa menggunakan tag itemprop='givenName' dan itemprop='familyName' pada itemprop='name'.

Berikut ini contoh script untuk mengatasi masalah hilang name pada artikel (jangan lupa ganti nama saya yang ada pada contoh):
  <span itemprop='name'>  
     <span itemprop='givenName'>Eko</span> <span itemprop='familyName'>Purnomo</span>  
  </span>  

Dan berikut ini contoh penerapan script tersebut pada template blogger :
Contoh penerapan script name pada template blogger

16 komentar