Sunday, June 21, 2015

Membuat Custom Permalink Pada Blogger

Permalink adalah link permanen menuju ke sebuah halaman pada situs web atau blog. Untuk lebih jelas tentang permalink bisa dibaca pada artikel sebelumnya tentang apa itu permalink. Pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat CUSTOM PERMALINK, mengapa harus menggunakan Custom Permalink dan bagaimana cara membuat Custom Permalink khususnya pada Blogger atau Blogspot.

Pada Blogger terdapat dua jenis artikel yaitu POS/ENTRI dan LAMAN/STATIC PAGE. Setiap artikel berupa entri atau laman yang dipublikasikan pasti mempunyai permalink yang biasanya dihasilkan secara otomatis. Permalink untuk halaman entri/pos biasanya diawali dengan tahun dan bulan saat dipublikasi lalu diakhiri dengan nama judul entri. Sedangkan untuk halaman statis atau biasa disebut dengan page/laman, permalink yang digenerate lebi pendek yaitu dengan inisial "p" dan judul halaman.

Mengapa Menggunakan Custom Permalink?

Karena permalink sangat berpengaruh terhadap kinerja SEO sebuah artikel maka kita harus benar-benar memperhatikan permalink yang digenerate oleh Blogger. Jangan sampai permalink yang menuju sebuah artikel terpotong atau tidak lengkap sehingga menimbulkan persepsi yang salah bagi yang membacanya.

Misalnya kita akan membuat artikel dengan judul "5 Tips Sederhana Membuat Blog Ramai Pengunjung" maka permalink yang dihasilkan secara otomatis bisa saja terpotong menjadi "http://nulis-ilmu.blogspot.com/2015/06/5-tips-sederhana-membuat-blog.html". Permalink tersebut bisa saja salah tujuan karena dikira tentang tips membuat blog padahal maksudnya membuat blog ramai pengunjung. Solusi dari masalah tersebut adalah menggunakan Custom Permalink.

Cara membuat Custom Permalink pada Halaman Entri

Tadi sudah saya jelaskan bahwa permalink untuk halaman entri akan digenerate secara otomatis dari judul artikel dan diawali oleh tahun dan bulan saat dipublikasi. Jadi secara default seharusnya kita tidak perlu membuat Custom Permalink. Misalnya untuk artikel tentang "Apa itu Permalink?" saya tidak menggunakan Custom Permalink dan murni menggunakan Permalink yang digenerate secara otomatis yaitu http://nulis-ilmu.blogspot.com/2015/06/apa-itu-permalink.html.

Custom permalink dibutuhkan ketika judul artikel kita relatif panjang dan permalink yang dihasilkan terpotong atau tidak sesuai dengan judul artikel. Permalink untuk halaman entri juga kadang tidak sesuai ketika ditengah proses menulis kita mengubah judul artikel. Misalnya pada awalnya kita akan membuat artikel dengan judul Cara Membuat Blog lalu judulnya kita ganti dengan Belajar Membuat Blog maka permalink yang dihasilkan bisa saja masih tetap Cara Membuat Blog.

Berikut ini cara membuat Custom Permalink untuk halaman Entri :
  1. Klik menu "Link" yang ada disebelah kanan, dibawah menu "Label" dan "Jadwal".
    Menu Link Halaman Entri
  2. Pada opsi Tautan Permanen pilih tautan Permanen Khusus.
    Custom Permalink
  3. Kemudian edit teks pemalink yang ada pada textbox dibawah opsi Tautan Permanen Khusus, sesuaikan dengan permalink yang kita inginkan.
  4. Pastikal setiap kata dipisahkan dengan tanda strip/minus ("-"), jangan menggunakan spasi dan sebaiknya gunakan karakter strip/minus sebagai pengganti spasi.
  5. Setelah selesai, klik tombol Selesai yang ada dibawah.

Cara membuat Custom Permalink pada Halaman Statis

Untuk membuat Custom Permalink pada halaman statis berbeda dengan halaman entri. Menu Custom permalink yang ada pada editor halaman entri, tidak terdapat pada editor halaman statis. Maka untuk membuat custom permalink pada halaman statis dibutuhkan suatu cara tersendiri. Cara ini memanfaatkan sistem permalink pada halaman statis yang selalu mengikuti judul artikel.

Berikut ini cara membuat Custom Permalink untuk halaman Statis :
  1. Buka aplikasi teks editor diluar browser, misalnya notepad.
  2. Tulis judul halaman yang akan dibuat, misalnya privacy policy.
  3. Copy teks pada notepad, lalu buat halaman statis baru.
  4. Pada editor halaman statis, paste teks tadi pada judul dan isi dengan cepat. Setidaknya lebih cepat dari auto save blogger.
  5. Klik tombol Simpan untuk mendapatkan Custom Permalink sesuai judul artikel yang kita buat.

0 komentar

Post a Comment