Thursday, June 18, 2015

Apa itu Permalink ?

Permalink adalah singkatan dari Permanent Link. Permalink bisa juga disebut dengan URL (Uniform Resource Locator) sebuah artikel. Permalink adalah tautan (Link) menuju artikel sebuah situs web atau blog yang bersifat tetap (Permanent). Mengapa disebut tetap, karena didalam sebuah sistem manajemen konten sebuah situs web atau blog banyak sekali link-link yang bersifat sementara (temporary) yang menuju ke halaman artikel.

Contoh link yang bersifat sementara ini adalah yang dihasilkan oleh hasil pencarian (search), pengelompokan kategori/label dan link yang dihasilkan oleh navigasi halaman (pagination). Link-link ini tidak bersifat tetap dan dapat berubah berdasarkan perubahan isi situs web atau blog yang bersifat dinamis. Permalink merupakan satu link yang tetap yang menuju ke artikel dan hanya ada satu artikel yang dituju oleh permalink tersebut.

Permalink Pada Website Statis

Sebuah permalink memiliki struktur yang berbeda-beda tergantung dari sistem manajemen konten sebuah situs web atau blog. Sebuah website sederhana dengan halaman-halaman yang bersifat statis menggunakan permalink dari letak file html didalam server hosting.

Berikut ini contoh permalink pada website statis yang lahir dari letak file didalam server hosting :
  1. http://www.namawebsite.com/cara-membuat-blog.html, adalah permalink untuk membuka file cara-membuat-blog.html yang berada pada folder tertinggi (root).
  2. http://www.namawebsite.com/blog/cara-membuat-blog.html, adalah permalink untuk membuka file cara-membuat-blog.html yang berada pada folder blog yang berada tepat dibawah folder root.
Pada contoh diatas tampak bahwa sebuah permalink akan lahir secara alami berdasarkan letak file source html didalam server hosting. Permalink untuk website statis tidak bisa disetting atau diatur secara opsional dan selalu mengikuti letak file tersebut.

Permalink Pada Website Dinamis dan Blog

Berbeda dengan website statis, permalink didalam website dinamis seperti wikipedia dan blog seperti blogspot atau wordpress yang memiliki sistem manajemen konten (CMS) bisa disetting secara opsional melalui administrator atau dashbor. Permalink dalam website dinamis dan blog bisa berupa kode-kode script dan bisa berupa nama artikel seperti pada website dinamis.

Berikut ini contoh permalink pada website dinamis dan blog :
  1. http://www.namawebsite.com/2015/06/cara-membuat-blog.html, adalah permalink untuk membuka artikel cara-membuat-blog.html yang dipublikasikan pada bulan juni tahun 2015.
  2. http://www.namawebsite.com/index.php?cat=blog&id=1, adalah permalink untuk membuka file dengan id=1 pada kategori blog.
Kedua contoh diatas merupakan permalink untuk website dinamis yang jika dieksekusi pada browser bisa saja menghasilkan halaman yang sama. Struktur permalink pada tiap-tiap sistem manajemen konten memang berbeda tergantung dari sistem web yang digunakan. Khusus untuk sistem manajemen konten berupa blog seperti Blogspot dan Wordpress kebanyakan mengambil nama tahun dan bulan seperti pda contoh nomor 1.

Peran Permalink Pada SEO

Jika misalnya kedua permalink diatas sama-sama akan menuju ke sebuah artikel tentang cara membuat blog, mana yang lebih mudah anda pahami secara pembacaan, yang pertama atau yang kedua? Jawabannya tentu yang pertama karena pada permalink terdapat kata-kata "cara membuat blog".

Prinsip kemudahan pembacaan inilah yang nantinya berpengaruh pada kinerja sebuah permalink terhadap SEO. Sebuah permalink yang menyebutkan waktu posting dan judul artikel akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencari dari pada permalink berupa kode-kode program seperti pada contoh diatas menggunakan cat dan id.

0 komentar

Post a Comment