Wednesday, June 17, 2015

5 Tips Sederhana Membuat Blog Ramai Pengunjung

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang cara mendatangkan pengunjung ke blog, kali ini akan saya bagikan tips agar blog kita bisa ramai pengunjung. Sebuah blog yang ramai pengunjung berarti blog tersebut hidup dan dapat menunjukkan kehadiran dan perannya di internet. Sebenarnya kita bisa melakuan cara-cara sederhana agar blog kita bisa ramai pengunjung, diantaranya adalah mengoptimalkan mesin pencari.

Pada artikel sebelumnya telah diambil kesimpulan bahwa cara mendatangkan pengunjung dari mesin pencari merupakan cara paling ampuh. Oleh karena beberapa tips berikut ini berkaitan dengan eksistensi dan posisi blog di mesin pencari. Cara sederhana yang saya maksud adalah dengan membuat artikel yang unik, hasil tulisan sendiri dan tidak lupa memperhatikan kaidah-kaidah SEO sebuah halaman artikel yang kita posting.

Berikut ini beberapa tips sederhana untuk membuat blog ramai pengunjung :

1. Buat artikel yang unik dan hasil tulisan sendiri

Artikel yang unik akan memiliki ciri khusus dan berbeda dari artikel lainnya. Dengan demikian, jika seorang pengunjung mesin pencari memasukkan kata kunci pada teks pencarian yang benar-benar sesuai dengan materi yang kita tulis maka dapat dipastikan blog kita memiliki posisi diatas.

Jika memang harus menulis sebuah tema yang sudah dikupas oleh blogger lain, bahkan banyak blogger yang telah menulis tema ini, sebaiknya kita memanjangkan tema menjadi lebih spesifik. Misalnya kita akan membuat artikel tentang cara membuat blog maka coba ditambahkan menjadi lebih khusus seperti cara membuat blog di blogspot sampai jadi atau cara membuat blog dengan cepat. Dengan cara demikian, artikel kita akan menjadi lebih unik dan bisa tepat sasaran pengunjung.

2. Buat artikel sebanyak-banyaknya

Ini adalah cara yang pernah saya coba waktu awal membuat blog. Karena bingung harus riset kata kunci, belajar SEO dan sebagainya, akhirnya saya buat saja artikel yang sebanyak-banyaknya. Cara ini terbukti efektif setidaknya sampai saat ini beberapa dari artikel yang saya buat diawal-awal membangun blog telah menempati posisi di mesin pencari.

Membuat artikel yang banyak juga berpotensi meningkatkan page view blog kita serta menurunkan rasio pentalan. Kedua faktor ini akan membuat reputasi blog meningkat dan tentu bisa lebih bersaing pada mesin pencari.

3. Perhatikan struktur SEO pada halaman artikel

Cara ketiga ini jangan dikira rumit ya, mentang-mentang ada istilah SEO terus menjadi rumit, tidak. Cara ini sederhana saja, yaitu memperhatikan hal-hal dasar dalam SEO seperti membuat judul, sub judul, paragraf utama yang memuat kata kunci, isi artikel yang sesuai dengan judul dan sebagainya.

Jika aturan SEO dasar telah kita lakukan, maka mesin pencari akan lebih mudah dalam mengindeks blog kita dan akibatnya tentu akan ramai pengunjung yang datang dari mesin pencari.

Berikut ini beberapa aturan SEO dasar dalam membuat artikel :
  • Pastikan ada judul dan kalau perlu sub judul.
  • Pastikal permalink sesuai dengan judul.
  • Pokok bahasan utama harus muncul pada paragraf pertama dan kedua.
  • Gunakan ALT text pada image.
  • Pilih penggunaan label yang tepat.
  • Dan masih banyak lagi, silahkan dieksplorasi sendiri.

4. Perhatikan teks auto complete pada mesin pencari

Cara ini mengacu pada hal-hal apa yang banyak dicari oleh pengunjung mesin pencari. Misalnya kita mengetik Membuat blog pada teks box mesin pencari maka dibawahnya akan muncul teks auto complete yang merupakan sugesti bagi kita dalam mencari sesuatu.
auto complete pada mesin pencari
Contoh text autocomplete pada mesin pencari Google
Dengan mengambil hal-hal yang banyak dicari pengunjung sebagai tema artikel maka besar kemungkinan artikel kita akan "hit" dan memiliki banyak pengunjung.

5. Buat artikel yang "panjang umur"

Artikel atau postingan blog kita kadang mengikuti tren dan ini berarti besifat temporer atau sementara saja. Misalnya kita membuat artikel tentang hasil pertandingan bola, maka beberapa hari berlalu artikel tersebut sudah basi dan menjadi tidak penting. Oleh karena itu penting untuk membuat artikel yang bisa panjang umur dan up to date setidaknya untuk satu atau dua tahun.

Sebagai contoh misalnya kita membuat artikel tentang sebuah pengalaman pribadi saat menyelesaikan suatu problem dan problem tersebut bersifat umum seperti masalah kendaraan, elektronika, ponsel dan kehidupan sehari-hari. Artikel tersebut akan tetap up to date selama obyek yang kita bahas masih eksis di masyarakat. Dengan demikian artikel kita akan memiliki umur yang panjang didalam peredaran pengguna internet.

0 komentar

Post a Comment