Tuesday, June 16, 2015

5 Cara Gratis Mendatangkan Pengunjung Ke Blog

Memiliki pengunjung yang banyak adalah salah satu cita-cita dari para blogger. Pengunjung blog merupakan aset yang sangat berharga dan potensial. Terlepas dari keuntungan finansial yang diperoleh ketika sebuah blog dimonetisasi, pengunjung blog yang banyak menjadi motivasi dan mampu memberikan kepuasan batin tersendiri bagi pada blogger dalam mengelola blog.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita. Mulai cara yang paling sederhana yaitu dengan memberitahukan nama blog kta kepada teman-teman sampai kepada cara-cara yang lebih rumit seperti teknik optimalisasi mesin pencari atau SEO. Kemudian dari sisi pembiayaan, ada cara yang gratis dan ada cara yang berbayar. Setiap cara memiliki proyeksi dan potensi jumlah pengunjung yang berbeda-beda.

Berikut ini 5 cara mendatangkan pengunjung ke blog secara gratis:

1. Memperkenalkan dan mempopulerkan nama blog kita

Cara gratis yang pertama untuk mendatangkan pengunjung ke blog adalah dengan memperkenalkan blog baru kita kepada dunia. Jika anda merasa dunia terlalu besar, mulailah dengan yang kecil yaitu keluarga, teman, murid, tetangga dan orang-orang disekitar kita lainnya. Dengan informasi yang kita sampaikan dan tentunya diiringi dengan permintaan yang tulus untuk membuka blog kita, tentu sedikit banyak akan mulai ada yang mengunjungi blog kita.

Potensi pengunjung maksimal yang dihasilkan adalah jumlah orang-orang terdekat yang kita beritahu beserta orang-orang disekitar mereka yang mungkin mengenal blog kita dari informasi yang menjalar dari orang ke orang.

2. Memanfaatkan jasa media sosial

Cara kedua adalah melalui jaringan koneksi yang terbentuk pada media sosial yang kita ikuti. Contoh media sosial yang potensial diantaranya adalah Facebook, Twitter dan Google+. Melalui Facebook kita bisa berbagi dengan teman, grup atau fan page. Kemudian pada Twitter bisa berbagi dengan para follower dan yang terakhir melalui Google+ kita bisa mempromosikan blog kepada orang-orang dalam Circle atau lingkaran yang kita buat. Cara ini juga gratis karena sampai saat ini belum saya temui media sosial yang sifatnya berbayar.

Potensi pengunjung dari media sosial lebih besar dan bisa terus kita dapatkan setiap saat terutama jika kita rajin posting dan berbagi link melalui media sosial. Jika beruntung informasi yang kita bagikan mungkin akan "dibagikan" lagi oleh teman kita secara berantai dan tentu berpeluang mendatangkan pengunjung yang besar.

3. Berbagi link di situs sosial bookmark.

Cara gratis yang ketiga adalah dengan berbagi link menuju artikel kita disitus sosial bookmark. Beberapa situs sosial bookmark yang pernah saya coba share adalah vivalog dan lintas.me. Khusus untuk situs sosial bookmark besar seperti vivalog, kita bisa mendapatkan trafik pengunjung yang luar biasa besar saat link kita tampil dihalaman depan. Kelemahannya adalah trafik ini tidak abadi yang akan berkurang jauh ketika link yang kita bagikan telah digeser atau "ditumpuki" oleh link dari pengguna yang lain.

Potensi pengunjung dari situs sosial bookmark tergantung dari seberapa populer situs sosial bookmark tersebut. Seperti yang telah saya tulis sebelumnya, untuk situs sosial bookmark dengan pengunjung yang banyak berpotensi menghadirkan pengunjung yang banyk pula ke blog kita.

4. Berbagi artikel pada grup dan komunitas.

Lahirnya smartphone seperti Android, Iphone dan Blackberry merupakan salah satu kemajuan besar dalam dunia komunikasi terutama komunikasi berbasis data internet. Melalui smartphone, setiap orang bisa terkoneksi dengan internet sepanjang hari. Kelebihan ini dimanfaatkan oleh para developer untuk membuat aplikasi perpesanan seperti Whatsapp, BBM, Line dan sebagainya.

Salah satu fitur yang populer, bahkan mengalihkan sebagian waktu pengguna dari Facebook dan Twitter adalah fitur Grup. Melalui fitur ini, pengguna bisa berinteraksi dengan pengguna lain yang memiliki kesamaan latar belakang tertentu seperti sekolah, pekerjaan, hobi dan sebagainya. Dari sinilah peluang untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita secara gratis terbuka lebar.

Potensi pengunjung yang dihasilkan tidak hanya teman-teman komunitas dalam satu grup, namun bisa berlipat ganda karena bisa jadi link artikel yang kita bagikan akan diteruskan kepada pengguna di grup yang lain secara berantai.

5. Memaksimalkan kinerja mesin pencari (Search Engine)

Cara kelima merupakan cara pamungkas dan efektif serta paling disukai dalam dunia blogging. Pengunjung blog dari mesin pencari merupakan pengunjung yang alami dan disukai oleh para marketter terutama dalam memasarkan produk mereka melalui jaringan periklanan seperti Google Adsense.

Untuk mendatangkan pengunjung dari mesin pencari, kita harus muncul pada hasil pencarian oleh pengguna. Cara ini disebut dengan   Search Engine Optimization atau disingkat dengan SEO. Sebenarnya tidak ada yang pasti dalam teknik SEO pada sebuah mesin pencari, namun diantara beberapa yang telah dipraktekkan oleh para blogger senior pernah saya tulis pada artikel sebelumnya yang membahas tentang SEO .

Potensi pengunjung dari mesin pencari adalah yang terbesar dan paling stabil dengan efisiensi kerja yang relatif lebih ringan. Mendatangkan pengunjung blog dari mesin pencari merupakan satu-satunya cara gratis yang paling ampuh menurut saya dibanding keempat cara sebelumnya.

0 komentar

Post a Comment