Saturday, May 2, 2015

Perbedan Pos dan Halaman Statis pada Blog

Pada blog terdapat dua buah cara menulis artikel yaitu melalui menu Entri Baru atau Laman baru. Keduanya menghasilkan sebuah halaman artikel yang serupa namun hakikatnya berbeda. Entri baru akan menghasilkan halaman pos sedangkan Laman Baru akan menghasilkan halaman statis. Halaman pos merupakan materi atau konten utama blog sedangkan halaman statis berisi tentang hal-hal yang bersifat tetap dan terpisah dari konten utama.

Ada perbedaan utama antara halaman pos dan statis ini yaitu halaman pos ditampilkan secara dinamis tidak seperti halaman statis. Maksud dari tampilan dinamis adalah sistem manajemen konten pada blog akan secara otomatis mengindeks artikel pos dan menampilkannya pada halaman blog. Jika ada posting artikel terbaru maka artikel tersebut otomatis akan berada dibawah dan berada dalam jangkauan sistem kontrol halaman yang kita kenal dengan istilah Older Post atau Newer Post.

Halaman statis berbeda dengan pos yaitu tidak ikut di indeks dalam sistem manajemen konten blog. Halaman statis berisi informasi tetap seperti Tentang kami, privacy policy, daftar isi, kontak dan sebagainya. Halaman statis tidak muncul secara otomatis namun harus "dimunculkan" secara manual dengan membuat link menuju halaman tersebut. Link yang dimaksud bisa dibuat sendiri melalui menu pada template blog atau secara otomatis menggunakan widget halaman statis.

Perbedaan halaman pos dan halaman statis juga terletak pada beberapa informasi yang menyertainya seperti label, kategori, penulis, tanggal publikasi dan lainnya. Sebua halaman pos berisi meta data yang merupakan identifikasi kapan pos tersebut dipublikasikan, siapa yang menulis, berada pada kategori apa lalu di tag apa saja dan sebagainya. Halaman pos lebih detail dibanding dengan halaman statis karena dianggap sebagai konten utama sebuah blog.

Untuk lebih jelas, perbedaan pos dan page dapat dilihat pada tabel berikut ini :
Pos Page
Ditampilkan secara urutan terbalik dalam kronologi artikel blog menurut aturan sistem manajemen konten blog sehingga yang berada paling atas adalah artikel yang terbaru. Ditampilkan terpisah dari halaman pos dan berdiri sendiri serta bersifat independen lepas dari aturan sistem manajemen konten blog.
Ditampilkan secara otomatis begitu dipublikasi dan langsung berada pada rangkaian halaman pos. Ditampilkan secara manual melalui link atau widget yang berisi link menuju halaman statis.
Merupakan informasi yang bersifat dinamis dan diperbarui terus-menerus. Berisi informasi yang cenderung bersifat tetap (statis) atau informasi yang jarang sekali diubah.
Dilengkapi informasi tanggal publikasi beserta keterangan lainnya. Tidak disertai informasi tanggal publikasi
Dikelompokkan berdasarkan label, kategori atau tag Berdiri sendiri tidak dikelompokkan.
Tampilan halaman bersifat baku sesuai aturan sistem manajemen blog Halaman bisa ditampilkan secara bebas menurut aturan yang dibuat oleh penulis blog masing-masing.
Tampil pada langganan artikel (RSS feed) blog Tidak muncul pada langganan artikel (RSS feed) blog

0 komentar

Post a Comment