Wednesday, May 27, 2015

Menghitung Resistor Seri dan Paralel

Untuk memperoleh nilai resistor yang tidak ada dipasaran kita bisa menggunakan metode rangkaian resistor seri dan paralel. Metode rangkaian resistor seri dan paralel juga meningkatkan kemampuan daya yang dibebankan pada resistor.

Untuk membuat rangkaian resistor seri dan paralel dibutuhkan minimal dua buah resistor dan maksimal tidak terbatas. Perhitungan resistor total dari hubungan seri dan paralel ini dapat dihitung menggunakan beberapa rumus yang akan dijelaskan berikut ini.

Resistor Seri

Resistor seri adalah rangkaian dari dua buah resistor atau lebih yang disusun secara berantai dengan salah satu kaki resistor pertama terhubung dengan salah satu kaki resistor kedua, kemudian kaki resistor kedua yang lain terhubung dengan salah satu kaki resistor ketiga dan seterusnya. Nilai resistor totalnya adalah nilai yang pada kedua ujung rangkaian, yaitu pada kaki resistor pertama dan kaki resistor terakhir yang tidak terhubung.

Berikut ini contoh 3 buah resistor yang disusun secara seri.
Resistor Seri

Menghitung Resistor Seri

Untuk menghitung resistor total dari beberapa resistor yang disusun secara seri kita bisa langsung menjumlahkan nilai dari semua resistor dalam rangkaian seri. Jadi nilai resistor total pada rangkaian diatas dapat dihitung dengan rumus berikut ini.
Rtotal = R1 + R2 + R3

Contoh perhitungan untuk rangkaian diatas jika R1=10Ω , R2=15Ω dan R3=20Ω maka Nilai Resistor totalnya sebesar :
Rtotal = 10 + 15 + 20 = 45Ω

Menghitung resistor seri dengan nilai yang sama

Jika semua resistor yang diseri memiliki nilai yang sama maka dapat diperoleh nilai resistor total dengan cara mengalikan nilai resistor dengan jumlah resistor.
Rtotal = nilai resistor x jumlah resistor

Sebagai contoh misalnya ketiga resistor pada rangkaian diatas bernilai 10Ω, maka nilai resistor totalnya adalah :
Rtotal = 10Ω x 3 = 30Ω

Resistor Paralel

Resistor paralel adalah rangkaian dari dua buah resistor atau lebih yang disusun secara berjajar dengan kedua kaki masing resistor terhubung dengan kedua kaki resistor yang lain. Nilai resistor total dari resistor paralel dihitung dengan menjumlahkan konduktansinya (G). Seperti kita tahu bahwa konduktansi adalah kebalikan dari resistansi.
Resistor Paralel

Menghitung Resistor Paralel

Untuk menghitung resistor total dari beberapa resistor yang disusun secara paralel agak sedikit sulit karena kita harus menghitung konduktansinya lebih dahulu. Untuk lebih jelas perhatikan rumus berikut ini:

Gtotal = G1 + G2 + G3

karena G=1/R maka,

1/Rtotal = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3

Contoh perhitungan untuk rangkaian diatas jika R1=10Ω , R2=15Ω dan R3=20Ω maka Nilai Resistor totalnya sebesar :
1/Rtotal = 1/10 + 1/15 + 1/20 = 6/60 + 4/60 + 3/60 = 13/60

maka

Rtotal = 60/13 = 4.615Ω

Menghitung resistor paralel dengan nilai yang sama

Jika semua resistor yang diseri memiliki nilai yang sama maka dapat diperoleh nilai resistor total dengan cara membagi nilai resistor dengan jumlah resistor.
Rtotal = nilai resistor / jumlah resistor

Sebagai contoh misalnya ketiga resistor pada rangkaian diatas bernilai 10Ω, maka nilai resistor totalnya adalah :
Rtotal = 10Ω / 3 = 3.33Ω

Menghitung dua buah resistor yang diparalel

Untuk menghitung nilai resistor total dari duabuah resistor yang diparalel dapat dilakukan dengan rumus singkat tanpa harus menggunakan metode konduktansi seperti diatas. Caranya bisa menggunakan rumus berikut ini:
Rtotal = (R1 x R2) / (R1 + R2)

Sebagai contoh misalnya dua resistor dengan nilai 10Ω dan 15Ω disusun paralel, maka nilai resistor totalnya adalah :
Rtotal = (10 x 15) / (10 + 15) = 150 / 25 = 6Ω

0 komentar

Post a Comment