Sunday, May 3, 2015

Menggunakan Jump Break pada Artikel Blog

Jump break adalah fitur pemotong artikel pada blog. Jump break digunakan untuk menampilkan "preview" sebuah artikel pada halaman depan atau homepage. Jump break sering kita kenal dengan istilah "Read more" atau dalam bahasa Indonesia sering ditulis dengan "Baca Selengkapnya". Saat ini Jump break sering dilupakan oleh para blogger terutama yang menggunakan template dengan fitur Auro read more (contohnya saya sendiri).

Jump break berfungsi sebagai penanda bagi sistem manajemen konten dimana akan memotong artikel untuk ditampilkan previewnya dihalaman depan. Tujuan dari pemotongan ini agar ukuran blog saat di load tidak terlalu besar dan pengunjung bisa dengan nyaman memilih artikel mana yang akan dibaca dengan sedikit tampilan preview saja.

Penggunaan Jump break sangat penting meskipun kita sudah menggunakan fitur Auto read more. Hal ini karena fitur auto read more biasanya berupa Javascript jadi sistem Blogger tetap mendeteksi ukuran request halaman blog berdasarkan jumlah artikel yang dimuat. Hal ini berakibat pada penurunan kecepatan loading blog khususnya saat request ke server.

Penjelasan lengkapnya kira-kira begini, misalnya halaman depan (Home) kita setting menampilkan artikel sejumlah 5 artikel. Kemudian jika dihitung ukuran datanya secara byte, misalnya satu artikel berukuran 500KB maka ukuran data keseluruhan yang harus dimuat adalah 5x500KB yaitu sekitar 2500KB (kira-kira 2MB).

Jika kita menempatkan Jump Break pada masing-masing artikel maka akan diperoleh pemotongan ukuran byte pada masing-masing artikel. Misalnya setelah diterapkan Jump break ukuran satu artikel menjadi 100KB maka ukuran halaman yang harus dimuat saat mengakses halaman depan menjadi 5x100KB yaitu sekitar 500KB. Terlihat bahwa ukuran halaman yang harus dimuat dapat diperkecil menjadi seperlima-nya saja. Hal ini tentu meningkatkan kecepatan loading sebuah blog.

Cara Menggunakan Jump Break pada Blogger

Saya akan berbagi tips untuk menggunakan jump break pada artikel blog dengan Blogger. Untuk blog dengan platform lain silahkan bereksperimen sendiri karena prinsipnya hampir sama. Cara menambahkan jump break pada artikel di Blogger bisa dilakukan dengan menambahkan tag <!--more--> pada kode HTML atau dengan klik tool Jump break pada toolbar teks editor.

Berikut ini cara menggunakan jump break pada blogger:
  1. Pastikan berada pada mode editor teks.
  2. Sebelum menambahkan Jump break, pastikan telah selesai menulis artikel atau setidaknya telah menulis beberapa paragraf artikel.
  3. Taruh kursor ketik pada posisi yang akan ditempatkan jump breaknya. (kursor ketik biasanya berupa garis lurus berkedip).
  4. Klik tool jump-break yang terletak pada toolbar yang berada diantara icon klip video dan icon rata kiri.
  5. Jika benar akan tampak garis break seperti berikut ini.
  6. Menambahkan jump break bisa juga dilakukan dengan menambahkan kode HTML <!--more--> pada lokasi yang akan ditaruh jump break-nya.
Penulis yang baik adalah yang memperhatikan aturan dalam menulis artikel. Dan menambahkan jump break pada artikel adalah salah satu aturan yang harus dipatuhi saat kita membuat artikel. Hendaknya hal ini selalu kita ingat dan kita terapkan pada artikel blog kita.

0 komentar

Post a Comment