Friday, May 1, 2015

Mengenal Menu Kampanye pada Blogger

Ada yang baru pada tampilan dasbor blogger yang lama tidak saya sentuh, yaitu tambahan menu baru pada samping kiri halaman dasbor. Menu tersebut adalah Kampanye. Maksudnya apa ya menu kampanye ini, pertama sempat bingung apakah menu kampanye ini menggantikan menu Penghasilan atau bagaimana? Saya kira jika blog masih baru maka menu Penghasilan tidak muncul dan sebagai gantinya ditampilkanlah menu Kampanye.

Ternyata setelah 6 bulan berlalu saya tunggu-tunggu menu Kampanye masih saja hadir menghiasi dasbor blogger dan menu Penghasilan yang ditunggu masih saja tidak muncul. Setelah cari referensi disana sini akhirnya dapat informasi jika menu Penghasilan bisa dimunculkan dengan mengganti setelan bahasa menjadi bahasa inggris. Lalu apa maksud dan fungsi dari menu Kampanye ini?

Menu Kampanye adalah sistem periklanan yang disediakan oleh Google untuk meningkatkan pengunjung dan mempromosikan blog kita. Ada tiga step Kampanye pada ilustrasi di dasbor, yaitu membuat iklan kemudian orang-orang dapat melihat blog kita di Google dan akhirnya meningkatkan pengunjung blog. Inti dari menu Kampanye ini adalah program Adwords dari Google.

Google Adwords adalah salah satu produk periklanan Google yang berbasis kata kunci (keyword). Artinya blog kita akan muncul pada hasil pencarian Google dengan kata kunci tertentu. Dengan demikian orang-orang akan melihat blog kita dan tertarik untuk mengunjungi blog dan membaca artikel yanga da pada blog.
Tampilan Menu kampanye Pada Blogger
Tampilan Menu kampanye Pada Blogger
Berikut ini step by step menu Kampanye pada Blogger :

1. Membuat Iklan

Ini adalah step awal kampanye blog. Dengan membuat iklan kita bisa memberitahukan blog kita kepada orang lain. Iklan menceritakan tentang blog kita dan bagaimana iklan itu muncul pada pencarian Google.
Contoh Iklan pada Google
Contoh Iklan pada Google
Sistem ini terkait dengan program Google Adwords, artinya iklan kita akan muncul pada saat pengguna melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu. Iklan yang muncul akan diberi keterangan tambahan berupa iklan.

2. Orang-orang Melihat Blog Anda di Google

Dengan memasang iklan maka blog kita akan muncul pada hasil pencarian Google. Hal ini membuat orang-orang yang melakukan pencarian di Google dapat melihat informasi tentang blog kita. Jika apa yang kita sampaikan melalui iklan dapat menarik minat pengunjung maka iklan kita akan di klik dan akhirnya orang-orang dapat mengunjungi blog kita.

Ada tiga opsi jaringan perikalanan untuk orang-orang melhat blog kita di Google yaitu Hanya Jaringan Penelusuran, Hanya Display Network dan Jaringan Penelusuran dengan Display Select. Dengan opsi ini maka kita bisa atur kemunculan iklan selain pada hasil pencarian kita juga diberikan opsi untuk menampilkan iklan pada jaringan periklanan Google lainnya seperti Youtube, Mail, Aplikasi dan lainnya.

3. Anda Mendapatkan Lebih banyak Pembaca

Dengan tampilnya iklan kita di jaringan periklanan Google dan dilihat banyak orang tentu peluang untuk mendapatkan lebih banyak pembaca akan terbuka lebar. Blog kita akan lebih banyak pengunjung dan akhirnya artikel pada blog kita akan lebih banyak pembaca jika iklan kita di klik oleg pengunjung layanan Google seperti mesin pencari, youtube. mail dan lainnya.

Pengunjung blog ini adalah aset bagi pemilik blog karena dengan banyaknya pengunjung akan mempopulerkan blog dan jika memang blog tersebut berkualitas maka selanjutnya pengunjung dimungkinkan untuk datang lagi pada lain waktu.

Itulas sedikit ulasan tentang menu Kampanye pada Blogger semoga memberi gambaran tentang cara meningkatkan pengunjung dan pembaca blog kita.

0 komentar

Post a Comment