Wednesday, May 6, 2015

Mencari Ilustrasi Gambar Gratis untuk Blog

Menambahkan ilustrasi gambar pada blog adalah sebuah hal yang penting untuk memberikan gambaran singkat tentang isi artikel kepada pembaca melalui visualisasi gambar. Untuk membuat ilustrasi gambar pada suatu artikel kita bisa membuat sendiri atau mengambilnya dari internet. Jika pilihan kedua yang dilakukan maka kita harus benar-benar memperhatikan hak cipta dari gambar yang kita ambil. Tidak hanya artikel saja yang punya hak cipta, gambar pun demikian.

Untuk mencari gambar yang gratis dan bebas royalti serta bisa digunakan untuk keperluan komersial kita bisa menggunakan jasa beberapa situs penyedia layanan gambar gratis. Kita tidak perlu membeli atau bahkan tidak perlu menaruh link kembali ke situs penyedia gambar yang gratis ini. Ini tentu saja aman digunakan dan blog kita dijamin tidak melanggar hak cipta orang lain. Gambar yang ditawarkan pun kualitasnya lumayan bisa berupa foto atau gambar ilustrasi abstrak.

Berikut ini beberapa situs yang menyediakan gambar gratis yang bisa dimanfaatkan untuk ilustrasi blog. Pastikan kita membaca pembatasan hak cipta pada setiap foto atau gambar sebelum menggunakan seperti harus mencantumkan atribusi dan memberitahu fotografer atau desainer-nya. Patuhi aturan hak cipta dan lisensi common creative yang terkait dengan gambar atau foto yang kita gunakan.

1. Pixabay

gambar-gratis-pixabay
Salah satu situs penyedia foto gratis bebas royalti adalah Pixabay. Ada sekitar 380.000 foto/gambar pada Pixabay setidaknya sampai artikel ini ditulis. Mengutip keterangan dari FAQ Pixabay bahwa kita dapat menyalin, memodifikasi, mendistribusikan dan menggunakan gambar, bahkan untuk tujuan komersial, tanpa meminta izin dan tanpa membayar atribusi.

Namun, konten yang "depicted" masih dapat dilindungi oleh merek dagang, publisitas atau hak privasi. Depicted artinya penggambaran atau object yang digambarkan ulang. Untuk lebih jelas bisa dibaca disini.

2. GettyImages

gambar-gratis-getty-images
Saya tahu situs ini saat membaca berita olah raga pada salah satu situs berita nasional. Saat itu dibagian bawah gambar tertera nama Getty images beserta nama fotografernya. Tag line Getty Images adalah "Stock Photography, Royalty-Free Photos, Video Footage & Music". Artinya Getty Images menyediakan foto gratis dan bebas royalti yang bisa digunakan untuk keperluan komersial.


Ada dua jenis Royalti pada foto atau gambar di Getty Images, yaitu Rights Managed (RM) dan Royalti Free (RF). Foto dengan tanda RM (Rights Managed) berarti pembatasan penggunaan, seperti pembatasan atas ukuran, penempatan, durasi penggunaan dan distribusi geografis. Kita akan diminta untuk mengirimkan informasi mengenai penggunaan yang diinginkan dari produk, yang akan menentukan ruang lingkup hak penggunaan diberikan.
lisensi-getty-images

Sedangkan foto dengan RF (Royalti Free) berarti produk bebas royalti dan dapat digunakan beberapa kali untuk beberapa proyek tanpa biaya. Namun kita juga bisa membayar untuk foto dengan tanda RF untuk mendapatkan ukuran tertentu dari foto. Kita diberi jatah orang yang berhak menggunakannya maksimal 10. Selanjutnya kita tidak perlu membayar untuk penggunaan berturut produk bebas royalti.

Meski bersifat gratis dan bebas royalti namun mengutip dari salah satu situs berita tadi, tidak ada salahnya jika saat menggunakan foto dari Getty Images kita cantumkan nama Getty Images beserta nama fotografernya. Untuk menggunakan Getty Images ada baiknya silahkan baca dulu informasi lisensinya disini.

3. FreeImages (dulu StockExchange)

gambar-gratis-free-images
Adalah salah satu yang menyediakan stok foto gratis yang cukup banyak yang dikelompokkan dalam beberapa kategori seperti Abstract, Architecture, Business, Computers, Concepts, Food, Nature, Objects, People, Places, Seasonal and Events, Signs, Streets and Cityscapes, Transportation dan World. Saat tulisan ini dirilis, FreeImages telah memiliki stok foto/gambar sejumlah 410.605 buah.

Kita juga bisa memilih melalui kotak pencarian yang disediakan di bagian atas, namun berhubung freeimages ini menggunakan bahasa inggris jadi kata pencariannya harus menggunakan bahasa inggris, misalnya writing, drawing dan sebagainya.

FreeImages merupakan subsider dari Getty Images. Semua gambar yang ditandai denganUntuk menggunakan foto atau gambar dari FreeImages, silahkan baca dulu Term of Use dari FreeImages disini.

0 komentar

Post a Comment