Sunday, May 3, 2015

Membuat Navigasi yang Baik pada Blog

Navigasi blog adalah penunjuk arah bagi pengunjung saat mengakses sebuah blog. Dengan navigasi yang baik diharapkan pengunjung tidak tersesat dan bisa menelusuri isi blog secara mudah. Membuat navigasi blog yang baik menjadi syarat kelayakan sebuah blog selain isi. Bentuk-bentuk navigasi pada blog yang umum adalah menu, label, pencarian, arsip dan tentunya sebuah peta situs.

Masing-masing alat navigasi pada blog bertujuan membantu pengunjung menemukan artikel yang sedang dituju atau yang sedang dicari. Selain kelengkapan navigasi pada blog, letak penempatan navigasi pada blog juga penting. Navigasi blog hendaknya ditaruh pada tempat yang mudah dilihat dan mudah dijangkau seperti disebelah atas atau samping.

Home

Adalah navigasi mutlak yang harus ada pada blog. Tanpa navigasi Home akan membuat pengunjung kesulitan mengakses halaman depan terutama jika pengunjung datang dari mesin pencari. Jika tombol Home tidak ada maka pengunjung harus mengapus ekor link pada URL sampai diperoleh alamat blog saja.

Menu

Adalah bentuk navigasi yang umum ada pada hampir semua blog. Navigasi menu mengelompokkan artikel menjadi beberapa kategori yang dituju melalui link pada menu. Pada blog wordpress, menu bisa langsung disetel terhubung dengan kategori. Namun hal ini berbeda dengan Blogger yang tidak mengenal kategori. Penggunaan menu pada Blogger biasanya disiasati dengan mmanfaatkan link berdasarkan pencarian label (/search/label).

Label atau Tag

Adalah widget yang disediakan blogger untuk menampilkan label yang ada pada blog. Kita mengenal penggunaan istilah label pada blog dengan platform Blogger. Bagi yang terbiasa dengan Wordpress, label ini dikenal dengan istilah tag. Penggunaan widget label akan menampilka link yang mengarahkan pengunjung untuk membuka postingan dengan label yang sama saat di klik. Penggunaan widget label bisa bersifat opsional dengan menu.

Pencarian

Adalah alat untuk menelusuri isi sebuah blog secara internal. Navigasi pencarian atau yang sering dikenal dengan Search memfasilitasi pengunjung untuk melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu didalam blog. Jadi Navigasi pencarian berbeda dengan mesin pencari seperti Google. Dengan adanya fasilitas pencarian di dalam blog diharapkan pengunjung tidak akan tersesat atau kehilangan materi yang ia cari sehingga akhirnya meninggalkan blog.

Arsip Blog

Adalah alat navigasi yang mengelompokkan artikel berdasarkan waktu posting seperti tahun dan bulan. Arsip blog diibaratkan sebuah arsip surat yang menjadi penanda waktu kapan surat itu diterima atau dikirim. Dengan arsip blog pengunjung akan dengan mudah menemukan postingan pada waktu tertentu.

Peta Situs

Adalah sebuah peta yang berisi keseluruhan artikel yang ada pada blog. Fungsi dari peta situs ini mirip dengan daftar isi pada buku. Peta situs dapat dibuat secara manual namun lebih mudah dan akurat jika dibuat secara otomatis. Dengan peta situs diharapkan pengunjung dapat melihat semua artikel yang telah diterbitkan pada blog berdasarkan label atau kategorinya.

Breadcrumbs

Adalah jalan atau jalur navigasi menuju sebuah artikel. Biasanya jalur navigasi dimulai dari Home kemudian Kategori atau Label baru Alamat artikel. Breadcrumbs mirip dengan jejak folder dan sub folder pada file eksplorer komputer desktop. Dengan breadcrumbs pengunjung akan mengetahui posisi hirarki sebuah artikel didalam blog.

Artikel Terbaru

Adalah widget yang menampilkan postingan terbaru. Jumpah postingan bisa disetel sesuai keinginan kita. Jumlah yang saya anggap wajar adalah 5 sampai 10 artikel. Alat navigasi berupa artikel terbaru ini akan memberitahukan kepada pengunjung tentang artikel yang fresh dan baru diterbitkan pada blog.

Artikel Populer

Fungsi dan penggunaannya mirip dengan widget artikel terbaru namun alat navigasi Artikel Populer mempromosikan beberapa artikel yang paling laris dan banyak dibaca oleh pengunjung. Dengan widget ini diharapkan pengunjung disuguhi artikel yang terbaik dianggap karena banyak dibaca.

Artikel Terkait

Adalah widget yang menawarkan pengunjung untuk membaca artikel yang ada hubungannya dengan artikel yang sedang ia baca. Hubungan ini biasanya diambil karena kesamaan label atau kategori. Dengan alat navigasi ini diharapkan pengunjung dapat informasi lebih tentang hal yang ia cari dari artikel yang terkait dengan artikel yang sedang ia baca.

Itulah beberapa tips membuat navigasi yang baik pada blog. Mungkin tidak harus semua dipasang pada blog namun pilihlah yang sesuai dengan template dan tata letak blog. Kalau bisa, kelengkapan alat navigasi blog ini dijadikan referensi saat mencari template untuk blog.

1 komentar:

  1. Mas Pur,

    boleh tanya, mengapa di website Mas Pur belum ada iklan ya? apa karena tidak menerima iklan?

    salam

    ReplyDelete