Saturday, May 9, 2015

Cek Keaslian Sebuah Artikel Blog

Dalam membuat artikel, penting bagi kita untuk menjaga keaslian tulisan kita. Tindakan kopi paste adalah sebuah hal yang tidak terpuji dan jika yang memegang hak cipta tidak berkenan maka persoalan bisa berbuntut panjang. Memang terkadang saat membuat sebuah artikel, kita memerlukan referensi dari berbagai sumber seperti misalnya Wikipedia atau dari blog lainnya. Namun kita tetap tidak diperkenankan melakukan kopi paste secara mentah-mentah terhadap artikel tersebut.

Diantara beberapa artikel yang ada di internet banyak sekali yang membahas tentang persoalan yang sama atau memberikan penjelasan tutorial tentang hal yang sama. Namun jika kita amati bagaiman para penulis tersebut menyampaikan materi melalui tulisan tidaklah sama dan memang tidak mungkin sama. Bagaimanapun dua orang tidak bisa menulis sesuatu yang sama sampai satu artikel. Pasti ada perbedaan dari segi bahasa, redaksi kata, sudut pandang dan cara penyampaian.

Untuk mengecek keaslian sebuah artikel, ada banyak tool yang tersedia di internet. Ada beberapa website yang menyediakan jasa layanan pengecekan keaslian sebuah artikel secara gratis, diantaranya Copyscape, Plagiarisma, Plagium, DupliChecker dan masih banyak yang lainnya. Selain mengecek keaslian sebuah artikel, kita juga bisa mengecek jika artikel kita di kopi paste oleh orang lain. tentunya kita harus yakin bahwa 100% artikel kita merupakan hasil tulisan dan pemikiran sendiri.

Cek Keaslian Artikel dengan Copyscape

Copyscape memberi fasilitas kita untuk mengecek keaslian sebuah artikel blog secara gratis. Sayangnya kita hanya diberi fasilitas tiga kali pengecekan saja, selanjutnya untuk bisa mengecek lebih banyak artikel kita harus mempunyai akun premium yang tentu saja harus diperoleh dengan cara membayar alias tidak gratis. Meski sedikit, fasilitas ini bisa kita pakai untuk mengecek artikel yang kita posting terindikasi kopi paste atau bahkan di kopi paste oleh orang lain.
Kelebihan dari Copyscape adalah kecepatannya dalam menganalisa, bahkan sangat cepat menurut saya. Kemudian untuk menggunakan Copyscape kita tidak perlu registrasi, cukup kunjungi website Copyscape lalu isikan URL artikel blog yang akan di cek kemudian Tekan tombol GO. Jika kuota pengecekan telah tercapai maka pada pengecekan selanjutnya akan ada peringatan seperti berikut ini.

Cek Keaslian Artikel dengan Plagiarisma.net

Plagiarisma.net memberikan layanan pengecekan plagiat (pencurian tulisan) yang bisa dipakai untuk mengecek keaslian sebuah artikel. Plagiarisma.net merupakan alternatif selain Copyscape yang bisa digunakan secara gratis namun juga dibatasi jumlah pengecekan perharinya. Untuk menggunakan fitur premium kita disediakan layanan free trial dengan cara mendaftar lebih dahulu.
Untuk mengecek artikel kita harus mengkopi isi teks pada artikel lalu ditaruh pada textarea yang disediakan oleh Plagiarisma.net. Untuk proses pengecekan kita tinggal klik saja tombol Check Duplicate Content.
Kekurangan dari Plagiarisma.net adalah kita harus menaruh teks (bukan URL) dan lagi waktu pengecekannya relatif lama menurut saya. Untuk teks dengan panjang sekitar 400 dibutuhkan waktu pengecekan lebih dari 1 menit.

Cek Keaslian Artikel dengan Plagium

Plagium menyediakan fasilitas mengecek keaslian artikel seperti Copyscape dan Plagiarisma.net. Dengan Plagium kita bisa mengecek teks (Check Text), mengecek URL (Check URL) dan mengecek file (Check File).

Kita bisa menggunakan layanan Plagium secara gratis namun itu hanya fitur Check Text dan itu pun hanya sekali saja. Untuk menggunakan fitur Check URL dan Check File kita harus mendaftar dan harus memiliki credit point dengan nilai tertentu.
Untuk pengecekan melalui teks caranya seperti pada Plagiarisma.net hanya saja Plagium menampilkan hasilnya dengan lebih cepat menggunakan fitur Quick Search.

Kesimpulan

Menjaga keaslian artikel dan menjaga agar artikel tidak dikopi paste tentu sangat penting dalam dunia blogging. Dan diantara ketiga website diatas, yang paling simpel dan memberikan fasilitas pengecekan gratis terbanyak adalah Copyscape (sampai 3 artikel). Bagi yang tahu alternatif pengecekan yang lainnya silahkan bagikan melalui komentar, tentunya akan sangat membantu apabila memang benar-benar gratis.

1 komentar:

  1. saya memiliki beberapa blog dan kebetulan saya sering menulis artikel, bagusnya artikel saya banyak yang copy... ya sudah lah hitung hitung untuk sedekah dari blog.. thanks atas trik nya..

    ReplyDelete