Sunday, May 3, 2015

Cara Menggunakan Label pada Blogger

Label adalah penanda (tag) sebuah postingan artikel pada blog. label merupakan deksripsi singkat yang relevan dengan isi artikel. Artikel-artikel dengan kesamaan isi tertentu bisa dikelompokkan dalam satu label. Seperti misalnya artikel dengan label Tutorial Blogging pada blog ini berisi tulisan-tulisan mengenai cara ngeblog dan serba-serbinya.

Karena pada Blogger tidak ada menu kategori, maka akhirnya label bisa juga berfungsi mirip dengan kategori. Jika teman-teman pernah membuat blog menggunakan wordpress atau membuat website menggunakan joomla tentu tidak asing dengan istilah kategori. Permasalahannya adalah pada Blogger tidak mengenal kategori namun kita harus membuat pengelompokkan artikel yang ringkas mirip dengan fungsi kategori.

Saat membuat postingan pada Blogger, pada Setelan Entri disebelah kanan terdapat menu pengaturan Label. Jika diklik akan tampil sebuah textarea yang bisa diisi dengan satu nama label atau lebih yang dipisahkan dengan tanda koma. Label ini akan muncul saat kita menampilkan widget Label pada halaman blog. Setahu saya kita bisa membuata banyak sekali label dan belum ada pembatasan jumlah label pada postingan blogger.

Label vs Kategori

Fungsi kategori dan label penanda artikel (tag) sebetulnya berbeda. Kategori mengelompokkan artikel berdasarkan kesamaan tertentu sedangkan label atau penanda berfungsi sebagai kata kunci yang melekat pada sebuah artikel. Berhubung pada Blogger tidak ada yang namanya Kategori maka kita harus pintar mencari solusi agar label bisa berfungsi kategori sekaligus juga berfungsi sebagai penanda dan kata kunci.

Untuk membuat menu mirip kategori dengan menggunakan label kita bisa menggunakan fitur SEARCH/LABEL seperti contoh berikut ini :
http://nulis-ilmu.blogspot.com/search/label/Tutorial%20Blogging

Jika link diatas diklik akan menampilkan semua postingan yang terkait dengan label "Tutorial Blogging". Cara ini dipandang efektif terbukti saat ini banyak digunakan pada oleh pada blogger.

Berapa jumlah Label yang ideal pada artikel ?

Dalam prakteknya tidak ada petunjuk pasti berapa jumlah idel Label pada posting blog. Namun menurut pengalaman saya, menempatkan satu label saja pada blog saya rasa sudah cukup. Jika memang dirasa kurang menempatkan label sampai tiga label pada postingan menurut saya sudah lebih dari cukup dan sebaiknya tidak lebih dari itu.

Dulu saat pertama kali membuat blog di Blogger, saya memberikan banyak sekali label pada postingan artikel dengan tujuan untuk menarik kata kunci yang nantinya akan meningkatkan SEO sebuah artikel. Tapi hal ini kemudian saya revisi lagi dengan alasan membingungkan pembaca blog khususnya saya sendiri.

Label untuk Breadscrumbs

Salah satu fungsi label adalah sebagai link navigasi blog jika menggunakan breadscrumbs pada artikel. Breadcrumbs adalah sebuah menu yang menampilkan jalur navigasi pada blog mulai dari Home sampai artikel. Berikut ini contoh penggunaan Breadcrumbs pada blog nulis-ilmu ini.
Dengan breadcrumbs diharapkan pengunjung tidak tersesat dan mempunyai navigasi yang jelas tentang artikel sedang yang dibaca. Pada gambar diatas terlihat jalur navigasinya adalah dari Home menuju Tutorial Blogging lalu menuju artikel Cara Menampilkan Tabel pada Blogger/Blogspot. Contoh diatas menggunakan satu buah label sehingga navigasinya tidak membingungkan.

Mengapa saya sebut membingungkan, karena urutan tampilnya label pada breadcrumbs adalah otomatis alphabetic jadi urut dari 0-1 dan a-z. Jadi label dengan huruf depan A akan ditampilkan lebih dulu dibanding dengan huruf depan B begitu seterusnya. Penggunaan dua label atau lebih akan mengesankan bahwa label yang satu merupakan sub label yang lain atau pada istilah wordpress dan joomla disebut sub-kategori. Pada kasus ini, menggunaan satu label adalah pilihan yang bijak menurut saya.

Kesimpulan dari beberapa tulisan diatas adalah :
  1. Penggunaan label berfungsi sebagai penanda artikel pada blog.
  2. Label menjadi syarat SEO sebuah artikel.
  3. Dengan teknik tertentu kita juga bisa membuat menu kategori menggunakan label.
  4. Jumlah label yang ideal pada blog menurut saya adalah satu sampai tiga.
  5. Jika menggunakan menu Breadcrumbs sebaiknya menggunakan satu label agar tidak membingungkan pembaca tentang pengertian label dan sub label.
Itulah materi tentang label yang bisa saya sampaikan untuk setidaknya sebagai panduan bagaimana sebaiknya menggunakan label pada postingan blog. Pesan saya jangan terlalu banyak menggunakan label hanya karena mengincar kata kunci, percayalah bahwa label memang mentukan SEO namun SEO tidak semata-mata ditentukan oleh label.

1 komentar: