Saturday, May 2, 2015

7 Tips Membuat Artikel Pada Blog

Artikel adalah isi utama sebuah blog. Content is the King itulah ungkapan yang sering menjadi acuan pada blogger dalam membangun blog yang berkualitas. Seorang blogger dituntut untuk mampu membuat artikel yang baik dan bermutu tinggi serta yang terpenting memiliki manfaat bagi pembaca khususnya dan bagi umat manusia pada umumnya. Untuk blogger pemula hal ini tentu tidak mudah dan perlu lebih banyak "jam terbang" serta kemampuan menulis dan berbahasa dalam membuat artikel.

Sebuah artikel yang baik memiliki unsur yang lengkap seperti judul, pembuka, isi dan penutup. Dalam mengupas tentang sesuatu atau dalam memberi penjelasan tentang sesuatu kita diharuskan untuk menuliskannya kedalam artikel secara lengkap, jelas, enak dibaca dan mudah dimengerti. Tulisan pada artikel harus runtut mulai dari judul, kalimat pembuka, kalimat pengantar, inti pembahasan, penjelasan gambar (jika perlu) dan penutup.

Untuk mampu menghasilkan artikel yang baik kita setidaknya harus memahami apa yang ditulis setidaknya lebih dari sekedar tahu. Dengan pemahaman lebih dalam akan terlihat kita menguasai materi dan mampu mengembangkan arah tulisan sehingga tercapai maksud dan tujuan dari penulis. Olah karena itu sangat dianjurkan kepada para blogger untuk menulis artikel yang dikuasai dan jangan terlalu terpaku pada trending topik yang sedang populer.

Ada beberapa tips praktis untuk membuat artikel pada blog agar cepat, tepat dan berkualitas. Dengan tips ini diharapkan teman-teman bisa lebih mudah dalam membuat artikel dan akhirnya muncul semangat untuk menulis pada blog. Berikut ini saya bagikan beberapa tips dalam membuat artikel pada blog berdasarkan pengalaman dan apa yang saya pelajari selama ini.

Pastikan menguasai materi yang akan ditulis

Saat membuat artikel pastikan kita menguasai materi. Dengan demikian kita bisa sepenuhnya memberi penjelasan informasi kepada pembaca. Jika kita menulis artikel yang tidak kita mengerti akan berakibat pada kesulitan kita saat kita menulis nanti. Penguasaan materi membuat kita bisa enak dalam menata alur tulisan, mana yang akan disampaikan lebih dahulu kemudian hal-hal apa yang mendukung materi dan sebagainya.

Cari referensi lain yang menunjang materi

Jika penguasaan materi kita terbatas namun ingin menulis tentang materi tersebut ada baiknya mencari referensi pada situs yang lain, tetap hati-hati jangan sampai mengarah pada tindakan kopi paste. Pastikan tulisan kita memiliki tata bahasa yang berbeda dan mempunyai ciri asli dari kita sebagai penulis. Inti pembahasan boleh sama namun cara penyampaian satu penulis dan penulis yang lain pasti berbeda.

Mulailah dari yang ringan, klimaks dan anti klimaks

Gaya penyampaian artikel sebaiknya jangan terlalu singkat dan to the point. Untuk pembaca yang sudah menguasai materi mungkin ini baik dan memang itu yang mereka cari. Namun kita juga harus menyadari bahwa tidak semua pembaca sama dan harus diperhatikan juga pembaca yang masih pemula.

Dalam menulis artikel sebaiknya awali dengan uraian pembuka tentang pengertian, latar belakang atau tujuan dari materi sebuah artikel. Kemudian secara perlahan bawalah pengunjung ke arah yang lebih dalam tentang materi sampai pada titik klimaks. Pada akhir artikel berikan anti klimaks berupa kesimpulan, ringkasan atau hanya sekedar basa-basi untuk menarik pembaca mengirim komentar saja.

Jangan terlalu pendek, jangan terlalu panjang

Saat menulis artikel kita dituntut untuk menyampaikan kepada pembaca sejelas-jelasnya dengan bahasa yang sesingkat-singkatnya. Jika artikel terlalu pendek maka berpotensi penyampaian materi yang minim dan tidak jelas. jika artikel terlalu panjang berpotensi membuat pembaca malas dan kehilangan inti tulisan karena terlalu lama men-scroll halaman.

Panjang artikel yang menurut saya wajar adalah antara 400 sampai 1000 kata. Beberapa sumber di internet saat mempelajari SEO mengatakan bahwa salah satu kriteria SEO adalah panjang artikel minimal 400 kata. Untuk membuat panjang artikel 400 kata sebenarnya tidak terlalu sulit asal mau berlatih dan memperhatikan ketiga poin diatas.

Kemudian jangan juga membuat artikel yang terlalu panjang sehinggan membuat pembaca bosan atau bahkan sudah malas sebelum membaca. Dalam hal ini membagi artikel menjadi beberapa part bisa dijadikan solusi seperti yang biasa saya lakukan pada artikel-artikel di blog ini yang terlalu panjang.

Gunakan bahasa yang baik, umum dan mudah dimengerti

Pembaca kita merupakan manusia yang mempunyai cipta, rasa dan karsa sehingga harus diberi materi tulisan yang juga memenuhi ketiga unsur tersebut. Gaya bahasa dalam penyampaian artikel harus selaras dengan kaidah-kaidah norma yang berlaku bagi pembaca. Menggunakan kata-kata yang tidak pantas atau bahasa yang sulit dimengerti membuat pembaca mengurungkan niatnya untuk membaca artikel di blog kita dan ini tentu sesuatu yang tidak diinginkan.

Berikan ilustrasi penunjang pada artikel

Pada umumnya artikel blog berisi teks yang terdiri dari huruf dan angka. Menambahkan ilustrasi pada artikel berupa gambar, video, source code atau minimal sekedar contoh saja bukanlah ide yang buruk tentunya. Ilustrasi pada artikel bisa memperjelas pembahasan materi dan bisa juga menjadi selingan saat membaca artikel. Ilustrasi bisa juga menjadi hiburan atau relaksasi mata yang lelah saat membaca rangkaian teks yang panjang.

Patuhi aturan-aturan membuat artikel blog

Sebagai penutup tidak lupa saya ingatkan lagi bahwa dalam membuat artikel kita dibatasi oleh aturan-aturan yang berlaku seperti tidak menulis artikel dengan materi konten terlarang atau melanggar hak cipta dengan menulis ulang artikel orang lain. Dari segi isi sebaiknya mematuhi aturan-aturan penulisan seperti penggunaan heading, paragraf, ukuran font dan kaidah-kaidah SEO untuk mempermudah artikel terindeks mesin pencari.

Itulah tujuh tips membuat artikel pada blog yang sudah saya lakukan selama ini dan saya terapkan pada beberapa blog yang saya kelola. Ketujuh hal diatas memang tidak bisa secara instan kita adopsi karena terkait dengan kemampuan dan kebiasaan masing-masing penulis blog. Yang terpenting adalah semangat untuk belajar dan berlatih untuk menulis sehingga meningkatkan kemampuan blogging kita.

Ilustrasi image : After the Party - Devianart

0 komentar

Post a Comment