Thursday, April 9, 2015

Pengaturan Keamanan Perangkat Android

Keamanan merupakan sebuah hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan perangkat smartphone khususnya perangkat android. Aktivitas kita saat menggunakan smartphone harus dilindungi terutama aktivitas yang bersifat rahasia dan transaksi finansial.

Untuk itu pada perangkat android terdapat beberapa fitur keamanan seperti kunci perangkat, pengaturan keamanan sumber dan eksripsi data. Pengaturan keamanan perangkat android dapat diakses pada menu PENGATURAN. Terdapat beberapa pengaturan mulai dari kunci layar, kartu sim, sumber instalasi aplikasi.

Pengaturan Kunci Layar

Adalah pengaturan untuk mengamankan perangkat android dari akses pengguna yang tidak berhak. Dengan mengunci layar maka pengguna tidak bisa masuk ke sistem peerangkat sebelum melewati kunci yang diterapkan. Kunci layar yang kuat akan mencegah penggunaan perangkat android oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Pilihan Kunci Layar

Selain benar-benar mengunci sistem, fitur keamanan ini juga bisa dipakai untuk sekedar mengunci akses layar saja. Hal ini terkait dengan jenis layar yang dipakai oleh perangkat android yang kebanyakan merupakan jenis layar sentuh.

Berikut ini beberapa fitur keamanan kunci layar yang bisa dipilih pada perangkat android :

Kunci Geser

Adalah kunci layar yang paling rendah dan hanya digunakan untuk mengunci layar saja tanpa mengunci perangkat. Untuk membuka kunci geser, kita tinggal menyentuh pola yang telah ditetapkan kemudian menggeser kearah buka kunci.

Kunci Pola

Merupakan kunci yang lebih rumit dan bisa benar-benar mengunci perangkat jika diatur sangat rumit dan sulit ditebak. Untuk lebih aman kita bisa mematikan opsi perlihatkan pola saat pengguna memasukkan pola untuk membuka kunci layar.
Kunci Pola

Pengaturan pola ini terdiri dari sembilan titik yang disusun matriks 3x3. Untuk membuat kunci kita masukkan pola kunci kemudian konfirmasi ulang pola kunci kemudian simpan. Pola bisa dibuat dengan kombinasi minimal 4 titik. Untuk membuka kunci layar kita tinggal menghubungkan titik-titik pada layar seperti pola yang tersimpan.

Kunci Sandi

Adalah kunci yang lebih aman jika dibanding dengan dua kunci sebelumnya. Kunci Sandi merupakan sistem keamanan perangkat sekaligus kunci layar yang mengharuskan pengguna memasukan teks sesuai dengan sandi yang tersimpan.
Kunci Sandi

Fitur keamanan ini memang lebih baik namun agak repot jika dibanding dengan kunci pola. Hal ini karena setiap perangkat terkunci maka kita harus memasukkan (mengetik) kata sandi untuk membukanya.

Kunci Wajah (Face Unlock)

Diantara empat sistem kunci layar, inilah sistem kunci yang paling aman. Siatem ini menggunakan pola wajah tersimpan untuk membuka perangkat. Jadi untuk membuka kunci harus dengan wajah yang sama dengan wajah tersimpan.

Kelemahan dari kunci ini mungkin kurang optimal jika diterapkan pada perangkat dengan kamera rendah dan belum auto focus. Hal ini karena untuk membuka kunci kita akan diminta untuk "berfoto" dan kemudian hasil foto akan dicocokkan dengan gambar wajah yang disimpan.

Pengaturan Kunci Kartu SIM

Adalah pengaturan kunci saat kartu SIM pertama kali dibuka saat perangkat baru dihidupkan. Pengaturan kunci kartu SIM ini sering disebut dengan PIN. Untuk menggunakan fitur pengunci kartu SIM kita harus set PIN kunci pada kartu. Selanjutnya jika kartu SIM diakses setelah ponsel dinyalakan maka pengguna akan simintai PIN.

Pengaturan Sumber Instalasi Aplikasi

Ini terkait dengan tindakan kita saat akan menginstal aplikasi baru pada perangkat android. Seperti diketahui sebelumnya bahwa kita bisa melakukan instalasi dengan beberapa cara. Dari beberapa cara tersebut, instal dari Play Store merupakan cara yang paling aman.
Keamanan sumber aplikasi

Namun kita juga bisa menginstal aplikasi dari file APK selain dari Google Play Store. Untuk mencegah terjadinya masalah yang disebabkan oleh file APK yang tidak terverifikasi oleh Google Play Store ini maka pada pengaturan keamanan disertakan fitur keamanan sumber aplikasi.

Biasanya fitur ini secara default diset ON. JIka kita benar-benar yakin kita bisa menon-aktifkan sementara untuk menginstal aplikasi yang sudah kita percaya.

0 komentar

Post a Comment