Sunday, April 12, 2015

Mengirim dan Menerima Email Melalui Android

Dengan perangkat android kita bisa mengirim dan menerima email dengan mudah. Kini pekerjaan mengecek email masuk dan mengirim email keluar sudah bisa dilakukan langsung dari gadget android dan tidak harus pakai komputer atau laptop seperti dulu.

Hal ini menjadikan efek positif terhadap komunikasi yang dijalankan terutama untuk komunikasi bisnis. Proses komunikasi bisnis menjadi lebih efisien dan mobile sesuai dengan era bisnis sekarang ini yang dituntut untuk fleksibel dan bisa dijalankan dimana saja.

Apa itu Email ?

Email adalah singkatan dari istilah dalam bahasa inggris "electronic mail" yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik. Dikatakan surat karena pada awalnya email memang digunakan untuk mengirim informasi atau berita namun tidak dalam bentuk kertas. Informasi atau berita yang dikirim melalui email awalnya berupa format text sama seperti saat kita mengirim surat dengan kertas.

Kini email sudah dijadikan sarana komunikasi global dalam urusan personal maupun bisnis. Setiap orang sepertinya sudah harus memiliki alamat email sekarang. Mengapa demikian, hal ini tidak terlepas dari meledaknya pengguna android akhir-akhir ini. Memiliki email Google (Gmail) merupakan persyaratan wajib jika akan mengakses Google Play Store.

Kehadiran Facebook, Whatsapp dan BBM pada awalnya saya kira akan menggerus fungsi dan penggunaan email. Namun pada kenyataannya saya salah, penggunaan email malah semakin luas karena penggunaan internet yang semakin memasyarakat. Sebagai contoh, kini perusahaan tempat saya bekerja sudah berkomunikasi dengan suplier menggunakan email resmi. Ini kemudian menuntut supplier untuk memiliki email walaupun gratisan seperti Yahoo dan Gmail.

Cara Setup Akun Email pada Android

Untuk bisa menggunakan fitur aplikasi email pada perangkat android kita harus lebih dahulu memiliki akun email. Untuk mudahnya sih pakai email yang terkait dengan android saja agar tidak buat banyak email jadinya nanti malah membingungkan. Pastikan dari akun email kita mempunyai alamat email dan password yang dibutuhkan untuk setup aplikasi email. Pengaturan setup ini hanya dilakukan pertama kali kecuali kita mau mengganti atau menambahkan akun Email baru.

Berikut ini langkah-langkah setup akun dan menerima Email pada Android:
  1. Buka aplikasi email pada perangkat android, biasanya ditandai dengan icon gambar surat atau amplop.
  2. Jika benar akan tampil halaman penyiapan akun untuk memasukkan alamat email dan kata sandi (password email).
    penyiapan akun email
  3. Isi dengan alamat email yang akan digunakan beserta kata sandinya lalu lanjutkan ke langkah Berikutnya.
  4. Akan tampil halaman setelah akun, biarkan saja secara default lalu lanjutkan ke langkah Berikutnya.
    setelan akun email
  5. Tunggu beberapa saat untuk memeriksa setelan server.
    setelan server email
  6. Jika berhasil akan muncul pemberitahuan kalau email siap digunakan.
    penyiapan akun email selesai
  7. Silahkan lanjut ke Berikutnya dan akan dimulai proses sinkronisi server.
    sinkronisasi email
  8. Tunggu beberapa saat kemudian akan tampil halaman kotak masuk untuk menerima email seperti berikut ini.
    halaman kotak masuk email

Cara Mengirim Email Melalui Android

Untuk mengirim email bisa dilakukan dengan mudah seperti saat mengirim SMS. Kita tinggal tentukan elamat email tujuan, judul email dan mengisi email beserta lampiran jika ada lalu langsung bisa dikirimkan melalui perangkat android.

Berikut ini langkah-langkah mengirim email melalui perangkat android :
  1. Sentuh icon surat dengan tanda + disebelah kiri bawah halaman kotak masuk.
    tombol buat email baru
  2. Akan tampil halaman untuk buat email baru, silahkan isi dengan alamat email tujuan, judul email dan isi email seperti contoh berikut ini:
    buat email baru
  3. Setelah selesai sentuh tanda panah di sebelah kanan atas untuk mengirim email.
    kirim email
  4. Email yang terkirim bisa dilihat pada menu >> folder email.
    buka folder email
  5. Kemudian pilih Item terkirim.
    folder email
  6. Akan tampil daftar item terkirim berikut ini
    email Item terkirim
Itulah beberapa panduan tentang cara mengirim dan menerima email pada perangkat android termasuk bagaimana cara setup akun emailnya. Semoga dengan mengetahui cara ini kita bisa lebih memanfaatkan perangkat android kita dalam berkomunikasi khususnya komunikasi melalui email

0 komentar

Post a Comment