Tuesday, April 28, 2015

Mengenal Istilah Responsive Pada Blog

Saat memilih dan mencari template untuk blog ini saya mendapati sebuah istilah yang benar-benar baru bagi saya yaitu Responsive. Saat itu saya membaca sebuah artikel bahwa salah satu syarat template blog yang baik adalah template yang responsive. Maksud dari kata Responsive disini artinya tampilan blog harus bisa merespon terhadap kondisi layar dari browser pada perangkat klien.

Istilah Responsive web design pertama kali muncul dalam sebuah artikel tulisan Ethan Marcotte yang bisa dibaca di alamat http://www.alistapart.com/articles/responsive-web-design. Dalam tulisannya Marcotte menjelaskan beberapa teknik layar fleksibel yang ada seperti fleksibel layout, fleksibel image dan media kueri. Perpaduan ketiga teknik ini kemudian yang disebut dengan teknik Responsive Web Design.

Istilah Responsive semakin populer seiring dengan perkembangan gadget seperti smartphone dan tablet. Berbagai ukuran layar perangkat membuat tampilan blog harus bisa berubah bentuk mengikuti ukuran layar. Sebuah blog yang responsive akan unggul pada mesin pencari ketika diakses melalui sebuah perangkat tertentu.

Pengertian Responsive Design

Responsive Design adalah sebuah teknik pengaturan tampilan (dalam hal ini khusus pada kode CSS) yang membuat layout website bisa beradaptasi dengan tampilan browser pada perangkat klien. Yang dimaksud dengan tampilan adalah ukuran dan orientasi layar. Misalnya layar komputer memiliki resolusi 1366x768 atau 1024x768, layar tablet memiliki ukuran 640x480 dan layar smartphone yang memiliki bervariasi seperti 240x320 dan 320x480.

Ilustrasi Ukuran Layar Perangkat

Sebuah blog yang responsive akan mampu menyusun tata letak tampilannya mengikuti lebar layar. Jadi pengguna tidak perlu scrol atau geser posisi view layar ke samping kanan dan kiri untuk membuka semua bagian halaman blog tersebut. Dengan cara ini diharapkan kenyamanan pengguna dalam mengakses blog menjadi prioritas sehingga meningkatkan reputasi blog tersebut.

Memilih Template yang Responsive

Sebuah template yang responsive artinya sudah "dipersenjatai" dengan fitur responsive oleh pembuatnya. Kita bisa mencari template yang responsive dengan menggunakan kata kunci template responsive. Seiring dengan semakin populernya fitur responsive banyak pembuat template yang membuat versi responsive dari template yang sudah ada seperti misalnya template TruPixel yang saya gunakan saat menulis artikel ini.
Contoh template responsive Sang SEO
Contoh template responsive Sang SEO
Template yang responsive dapat dilihat dari kode CSS-nya yang berisi pilihan tampilan berdasarkan ukuran layar seperti penggunaan kode @media screen dan @media min width untuk mendeteksi ukuran lebar layar perangkat browser. Untuk mengujinya kita bisa coba akses dari beberapa perangkat gadget yang berbeda atau sekesar meresize ukuran window browser pada komputer.

Pengaruh Responsive Design Terhadap SEO

Responsive atau tidaknya sebuah blog akan mempengaruhi kenyamanan pengguna dalam mengakses blog tersebut. Oleh karena itu faktor responsive juga mempengaruhi penilaian dan menjadi salah satu syarat kaidah SEO pada blog. Blog yang responsive akan unggul pada pencarian yang diakses pada semua perangkat.

Misalnya ada dua buah blog dengan isi yang relatif sama dan menggunakan kaidah-kaidah SEO yang berimbang maka blog yang responsive akan unggul pada peringkat pencarian. Hal inilah salah satu yang membuat pentingnya fitur responsive pada blog kita jika tidak mau ketinggalan dengan perkembangan dunia internet.

0 komentar

Post a Comment