Saturday, April 11, 2015

Mengenal Aplikasi Launcher Pada Android

Bagi yang baru memiliki dan menggunakan perangkat android pertama kali mungkin belum tahu istilah apa itu launcher. Launcher adalah aplikasi tampilan grafis untuk antar muka pengguna (User Interface) pada perangkat android.

Jika kita mengenal istilah tema pada perangkat fitur phone, launcher ini mirip dengan tema namun launcher bukan hanya sekedar tema. Launcher lebih mirip desktop pada komputer. Dengan launcher kita bisa mengatur tampilan, wallpaper, shortcut dan widget sebagaimana layar komputer desktop.

Apa itu Launcher?

Launcher merupakan aplikasi dan bukan hanya sekedar perubahan gaya tampilan seperti tema. Aplikasi launcher menyediakan model tampilan layar depan yang disebut dengan home screen dan susunan icon aplikasi yang disebut dengan app drawer serta beberap fitur tambahan. Sebuah launcher menyediakan kemudahan dalam mengakses perangkat android seperti menjalankan aplikasi, mengatur tampilan, menyediakan widget-widget penting dan sebagainya.

Pertama kali, sebuah perangkat android akan beri launcher dari pabrik pembuat perangkat yang dikenal dengan istilah Stock. Namun kemudian pengguna dapat memasang launcher baru sebagai alternatif pengganti launcher stock ini. Aplikasi launcher dapat diperoleh melalui Google Play Store, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Pengguna dapat menginstal beberapa aplikasi launcher dalam satu perangkat android, namun hanya satu saja yang bisa dijadikan sebagai default launcher.

Aplikasi launcher yang disetel default akan otomatis dijalankan ketika tombol Home ditekan atau disentuh. Untuk menghapus setelan default, pengguna bisa masuk ke pengaturan aplikasi lalu hilangkan setelan default pada aplikasi launcher yang disetel default. Selanjutnya saat pengguna menekan atau menyentuh tombol Home, akan dikonfirmasi untuk memilih launcher mana yang dijalankan pada aksi ini sekaligus mau disetel default atau tidak.

Contoh Aplikasi Luncher yang populer adalah Google Now Launcher, Action launcher, Aviate, Go launcher, Holo Launcer dan Nova launcher. Launcher yang baik adalah yang tidak hanya menyediakan variasi tampilan pada layar depan (home screen) dan tampilan icon aplikasi pada app drawer, namun memberi fasilitas untuk pengguna melakukan kustomisasi terhadap perangkat android terutama pada fitur akses pengguna.

Fitur Aplikasi Launcher

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh masing-masing launcher biasanya pada tampilan grafis, kemudahan akses, kecepatan dan kelengkapan kustomisasi perangkat. Sebagai contoh pada Google Now Launcher menyediakan fitur berikut ini :
  1. Google Now pada layar depan sehingga memberikan akses yang mudah untuk memperoleh informasi pada saat yang tepat.
  2. Support voice command input.
  3. Kecepatan akses pencarian Google pada layar depan.
  4. Kemudahan akses ke semua produk dan layanan Google seperti Gmail, Youtube, dan Google Maps.
  5. Area tampilan yang lebih lebar sehingga wallpaper bisa ditampilkan lebih baik bahkan saat membuka app drawer sekalipun.
  6. Kemudahan dalam mengambil dan mengeset wallpaper.

Cara Instal Launcher

Untuk menginstal launcher baru prosesnya sama dengan saat menginstal aplikasi pada perangkat android. Kita bisa mencari launcher yang diinginkan pada layanan Google Play Store dengan kata kunci launcher. Perhatikan jenis launcher apakah gratis atau berbayar dan apakah mendukung perangkat yang kita gunakan atau tidak terutama pada versi androidnya.

Setelah launcher terinstal kita bisa coba jalankan dengan memilih opsi "jalankan" saat selesai instal. Selain itu kita juga bisa menjalankan launcher pada daftar aplikasi. Untuk menyetel default launcher kita bisa atur pada setelan default aplikasi.

Itulah beberapa hal untuk membantu kita mengenal launcher pada perangkat android. Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya saat pertama kali menggunakan android dan bertujuan membantu pengguna baru dalam memahami cara menggunakan perangkat android.

0 komentar

Post a Comment