Wednesday, April 8, 2015

Mengelola Ruang Penyimpanan Pada Android

Ruang penyimpanan atau yang biasa disebut juga dengan memori merupakan tempat untuk menyimpan file atau data pada perangkat android. Biasanya ada dua ruang penyimpanan yang tersedia yaitu ruang penyimpanan internal dan eksternal. Ruang penyimpanan internal adalah ruang penyimpanan bawaan dari perangkat sedangkan ruang penyimpanan eksternal adalah ruang penyimpanan tambahan dari kartu memori.

Selayaknya mengelola rumah tempat kita tinggal, kita juga harus mengelola ruang penyimpanan pada perangkat android. Hal ini sangat berpengaruh pada kinerja perangkat terutama kecepatan dan kapasitas menyimpan data. Jika kita menyimpan hal-hal yang tidak perlu akan berakibat pada lambatnya kinerja perangkat Android. Jadi sebaiknya benar-benar diperhatikan tentang pengelolaan ruang penyimpanan pada perangkat android.

Pengelolaan ruang penyimpanan terutama dibutuhkan pada ukuran ruang penyimpanan internal yang kecil. Efek yang ditimbulkan dari buruknya pengelolaan ruang penyimpanan adalah perangkat kehabisan ruang dan yang terburuk membuat perangkat berhenti bekerja sesaat (hang). Untuk mengatasinya kita bisa melakukan beberapa hal mengenai pengelolaan ruang penyimpanan pada perangkat android berikut ini.

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengelola ruang penyimpanan pada perangkat android

1. Pasang kartu memori tambahan

Cara pertama adalah menambahkan ruang penyimpanan untuk perangkat android dengan memasang kartu memori tambahan. Cara ini hanya bisa dilakukan jika perangkat mendukung kartu memori eksternal, jika tidak maka terpaksa menggunakan memori yang disediakan dari pabrik.

Dengan menambah kartu memori eksternal kita bisa menaruh data-data sekunder seperti musik, foto dan video. Hal ini dilakukan untuk melegakan penyimpanan internal.

2. Hapus aplikasi yang tidak perlu

Ini langkah yang wajib dilakukan jika kita kehabisan memori. Namun selama masih cukup silahkan saja menjaga aplikasi tetap ada karena mungkin nanti sewaktu-waktu bisa digunakan kembali. Dengan menghapus aplikasi yang tidak perlu setidaknya kita memperoleh tambahan memori sebesar ukuran aplikasi beserta data penunjangnya.

3. Pindahkan aplikasi ke kartu memori

Ini dilakukan untuk membuat ruang penyimpanan internal lega. Ruang penyimpanan internal biasanya berisi dengan hal-hal yang berkaitan dengan sistem, jadi jika terlalu sesak berakibat pada lambatnya kinerja perangkat dan yang terburuk bisa membuat perangkat berhenti bekerja (hang).
Restart perangkat android secara berkala.

Untuk memindah aplikasi ke kartu mmori kita bisa lakukan pada pengaturan aplikasi dengan memilih Pindah ke kartu memori. Cara lain untuk mengelola penyimpanan aplikasi adalah dengan memasang aplikasi tambahan seperti Link2SD dan App2SD. Aplikasi ini memungkinkan kita memindah dan me-link aplikasi yang pada pengaturan aplikasi tidak bisa dipindah.

4. Setting default penyimpanan aplikasi pada kartu memori

Pengaturan ruang penyimpanan pada tiap aplikasi sseperti kamera, Whatsapp dan BBM sebaiknya secara default ditaruh di kartu memori. Ini berfungsi misalnya ketika kita mengambil gambar dengan kamera akan otomatis tersimpan di kartu memori. Pengaturan ini berada pada masing-masing aplikasi dan kadang sudah diset secara default, jadi tidak perlu di setting lagi.

5. Hapus pesan secara berkala (BBM, Whatsapp, SMS, dan lain-lain)

Cara selanjutnya adalah menghapus pesan secara berkala pada aplikasi chatting dan messaging seperti Whatsapp, BBM dan SMS. Jumlah pesan yang tak terbatas membuat pesan semakin bertumpuk didalam ruang penyimpanan dan hal ini akan membuat aplikasi menjadi berat meski penyimpanan yang dibutuhkan oleh pesan ini sebenarnya tidak terlalu besar.

Untuk menghapus pesan secara berkala secara otomatis kita bisa memanfaatkan fitur yang ada pada beberapa aplikasi. Misalnya hapus pesan setelah 1 minggu, atau bisa juga dengan menetapkan batasan jumlah pesan yang ada pada penyimpanan misalnya 200 pesan saja.

6. Hapus history browser, media, cookie dan cache secara berkala

Selain menghapus riwayat percakapan pada aplikasi perpesanan, kita juga perlu menghapus riwayat pada browser/peramban. Memang tambahan ruang penyimpanan yang diperoleh tidak terlalu besar namun ini cukup meningkatkan kinerja dari browser seperti kecepatan membuka situs, meload script dan sebagainya.

7. Transfer gambar ke tempat lain, hapus dari perangkat android

Langkah selanjutnya untuk mengatur ruang penyimpanan pada perangkat android adalah dengan memindahkan sebagian file yang jarang diakses ke tempat lain seperti mentransfer ke komputer atau mengupload ke Google Drive. Selain bisa melegakan ruang oenyimpanan, langkah ini bisa sekaligus untuk membackup data pada perangkat android.

Demikian beberapa cara mengelola ruang penyimpanan pada perangkat android. Dengan cara-cara tersebut diharapkan ruang penyimpanan akan selalu siap dan kita tidak dipusingkan oleh permasalahan ruang penyimpanan.

0 komentar

Post a Comment