Thursday, April 16, 2015

Internet Untuk Pendidikan

Seiring dengan perkembangan internet yang begitu pesat, peran dan manfaat internet pun semakin terasa disegala bidang. Khususnya di bidang pendidikan, internet sangat bermanfaat untuk baik pendidikan secara formal maupun non-formal. Melalui internet, kita telah banyak belajar dan banyak menemukan hal baru. Kehadiran situs-situs seperti Google dan Wikipedia telah menginspirasi proses belajar dan bertanya melalui internet.

Pendidikan merupakan sesuatu yang menjadi prioritas setiap kita, setiap individu, keluarga, perusahaan dan bahkan sebuah negara. Dengan pendidikan yang baik akan tercipta sumber daya manusia yang berkualitas dan siap membangun bangsa. Perkembangan pendidikan dari waktu ke waktu dan banyak ditunjang oleh penemuan teknologi baru. Seperti misalnya penggunaan kertas, buku, komputer dan tentunya yang akan kita bahas disini yaitu internet.

Internet tidak hanya untuk hiburan dan bersenang-senang, namun bisa juga menjadi sumber inspirasi dan pengetahuan. Banyak sekali hal-hal yang bisa kita peroleh di internet seperti teori dasar, tutorial dan sharing dari para pengguna internet. Satu-satunya yang kita khawatirkan adalah kebenaran dan keabsahan dari informasi yang kita peroleh melalui internet. Namun terlepas dari pada itu semua internet telah membantu perkembangan pendidikan untuk kita semua.

Berikut ini beberapa hal yang menunjang proses pendidikan melalui internet.

"Mbah" Google

Google merupakan sebuah revolusi tentang cara bertanya dan belajar melalui internet. Saking lengkapnya beberapa kita di Indonesia menyebut Google dengan sebutan Mbah, yaitu istilah dalam bahasa jawa yang berarti orang tua. Kalau mau tahu sesuatu dan penasaran silahkan tanya mbah Google, begitu ungkapan yang kini sering saya dengar sehari-hari. Saya pribadi banyak mengandalkan Google ketika mengalami masalah dalam pekerjaan saya terutama dibidang elektronika, komputer, pemrograman dan blogging tentunya.
Halaman depan "Mbah" Google Indonesia
Google sebagai mesin pencari sebetulnya tidak menyimpan informasi yang ia tampilkan saat "menjawab pertanyaan kita". Hasil pencarian di Google merupakan artikel-artikel dari seluruh website di dunia yang sudah di indeks oleh Google. Yang membuat Google hebat adalah kemampuannya dalam memilih dan merangking urutan pencarian dari sekian banyak artikel tersebut. Google mampu "memuaskan" penanya dengan menghadirkan hasil pencarian yang paling relevan sebagai "jawaban".

Jadi jika dulu kita tidak tahu harus tanya Mbah ini, Mbah itu dan Mbah anu maka sekarang kita cukup bertanya kepada Mbah Google saja. Dan jika ingin bertemu Mbah anu kita harus pergi ke tempat beliau, maka untuk bertanya kepada Mbah Google kita cukup konek internet saja.

Ensiklopedia Wikipedia

Wikipedia merupakan ensiklopedia bebas yang berdiri pada tahun 2001. Wikipedia berisi artikel-artikel tentang segala sesuatu yang ada didunia ini. Artikel-artikel ini merupakan kontribusi dari para penulis Wikipedia diseluruh dunia. Dengan dibuat secara digital, pengguna akan lebih mudah menemukan apa yang mereka cari dibandingkan dengan ensiklopedia kuno.
Halaman depan Wikipedia.com
Wikipedia merupakan merek dagang dari Wikimedia Foundation, Inc. Proyek Wikipedia dimulai pada 15 Januari 2001 oleh Jimmy Wales, Larry Sanger, dan beberapa kolaborator lainnya. Kini Wikipedia disupport oleh 276,294 kontributor aktif di seluruh dunia dan siap mengerjakan 29,786,248 artikel yang ditulis dalam lebih dari 285 bahasa.

Didalam Wikipedia kita bisa menemukan banyak hal dan banyak ilmu pengetahuan. yang saya ingat saat mengakses Wikipedia adalah isinya yang sangat lengkap sampai pada biografi atau profil singkat tokoh terkenal pada zaman dulu dan zaman sekarang juga ada. Selain itu banyak teori-teori dasar tentang ilmu pengetahuan yang dibagikan secara gratis di Wikipedia (Wikipedia tanpa iklan).

Pembelajaran Situs E-Learning

Situs E-Learning merupakan sebuah situs yang menyediakan paket pembelajaran secara online. yang dimaksud paket disini adalah menyediakan materi sekaligus guru pengajar untuk peseta E-Learning. Yang saya ingat saat pertama belajar komputer dulu adalah situs E-Learning yang bernama Ilmukomputer.com yang kini sudah berkembang menjadi Ilmukomputer.org.

Situs E-Learning menyediakan materi tentang sebuah pokok pelajaran. Melalui materi ini kemudian para siswa belajar dan jika ada masalah bisa bertanya kepada para "guru". Semuanya dikerjakan secara online alias melalui media internet. Kini seiring dengan perkembangan internet mulai bermunculan situs-situs E-Learning baru baik yang gratis maupun yang berbayar.

Tulisan para Blogger

Meski tidak teratur dan kadang tidak jelas kebenarannya namun kotribusi dari para blogger juga tidak bisa dipandang remeh. Seperti misalnya saat saya mengalami masalah pada pemrograman PHP saya menemukan pak RosihanAri dan mas Achmatim yang membantu saya melalui tulisan-tulisan mereka. Demikian juga sepertinya yang berlaku hampir kepada pengguna internet lainnya.

Para blogger menulis apa yang pernah mereka pelajari, apa yang mereka alami dan apa yang mereka temukan melalui blog mereka. Tanpa blog mungkin hasil pencarian Google tidak akan sebanyak sekarang. Meski banyak yang masih amatir dan acak-acakan dalam membuat blog namun kontribusi mereka tidak bisa diremehkan dalam proses pendidikan dan pembelajaran melalui Internet.

Itulah beberapa hal yang menurut saya merupakan kontribusi besar dari internet untuk pendidikan. Semoga dengan perkembangan internet dan semakin memasyarakatnya internet di Indonesia bisa membantu bangsa ini menjadi lebih maju di masa kini dan masa yang akan datang seperti kemajuan yang dicapai oleh pendahulu kita saat jaman Sriwijaya dan Majapahit.

0 komentar

Post a Comment