Saturday, April 18, 2015

Internet Dalam Bisnis dan Perbankan

Salah sektor yang mengalami perkembangan pesat dalam penggunaan internet adalah sektor bisnis dan perbankan. Pengaruh internet sungguh luar biasa dan telah mengubah cara-cara konvensional dalam bisnis dan perbankan. Munculnya internet melahirkan peluang usaha baru dan mengubah cara-cara lama dalam berbisnis dan bertransaksi melalui bank. Internet kini semakin canggih dan aman sehingga dipercaya untuk menangani sektor bisnis yang rentan akan faktor kemanan.

Warnet dan ISP

Internet telah membuka lapangan usaha baru seperti jasa warnet dan penyelanggara ISP. Warnet adalah singkatan dari warng internet. Warnet sangat berperan dalam memasyarakatkan internet khususnya dikalangan pelajar dan mahasiswa meskipun seorang pekerja swasta seperti saya dulu juga turut merasakan jasa warnet.

Meski diakui eksistensi warnet semakin tergerus dengan lahirnya internet rumah melalui modem dan kartu seluler, namun warnet tetap memiliki posisi tersendiri dalam sektor bisnis internet. Warnet tetap dibutuhkan karena untuk memiliki internet rumah harus ditunjang dengan sebuah perangkat komputer atau laptop yang belum semua orang memilikinya.

Selain warnet, jasa penyelenggara internet (ISP/Internet Service Provider) juga merupakan alternatif bisnis yang tidak bisa disepelekan. Hal ini bisa dilihat dari keseriusan para penyelenggara operator seluler yang bersaing dalam memperebutkan pasar internet seluler. Mereka berlomba-lomba menghadirkan internet cepat, murah dan berkualitas.

Selain operator seluler, penyelenggara ISP lain yang berbasis pelanggan juga masih legit untuk dinikmati oleh para pebisnis. Hal ini selaras dengan kebutuhan koneksi internet yang semakin hari semakin vital dan sudah menjadi sarana operasional seperti listrik misalnya.

Cara Beriklan

Penggunaan internet juga berpengaruh dalam menjalankan bisnis terutama dibidang marketing seperti cara beriklan. Salah satu bisnis periklanan yang paling diminati oleh para pebisnis adalah layanan Adwords dari Google. Pengguna internet yang mencapai jutaan, puluhan juta bahkan ratusan juta orang perhari membuktikan jaringan iklan melalui internet layak untuk diperhitungkan sebagai mana iklan di media lain seperti televisi dan surat kabar.

Lahirnya situs-situs media sosial seperti Facebook, Twitter dan Google+ membuat sebuah titik konsentrasi berkumpulnya para pengguna intrnet. Dan seperti hukum alam bahwa dimana manusia berkumpul disitulah peluang kita untuk berdagang. Ini berimbas pada penyebaran informasi produk atau layanan yang diiklankan dan akhirnya meningkatkan penjualan produk dan memajukan bisnis.

Toko Online

Cara berjualan produk pun tidak luput dari pengaruh internet. Lahirnya toko online dan forum jual beli pada beberapa media sosial membuktikan internet telah mengubah cara berdagang terutama dalam mempertemukan penjual dan pembeli. Saat ini bahkan perkembangan toko online atau istilah kerennya disebut e-commerce semakin pesat dengan ditandai oleh munculnya banyak sekali toko online baru yang siap bersaing menawarkan pelayanan terbaik, termudah dan tercepat kepada pembeli.

Internet menawarkan kecepatan dan kemudahan dalam berbelanja. Jika dulu pembeli harus membaca brosur atau katalog jika tidak ingin pergi ke toko, maka sekarang pembeli bisa lebih interaktif dengan mengunjungi website toko online. Melalui website ini pembeli bisa dengan mudah memilih produk, membandingkan produk dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk.

Hadirnya jasa layanan antar juga turut membesarkan toko online jika tidak ingin dibilang sebaliknya bahwa dengan lahirnya toko online-lah yang membesarkan bisnis jasa layanan antar ini. Tidak pentiong mana yang benar namun yang penting adalah kedua pihak sama-sama diuntungkan  dengan lahirnya bisnis melalui internet ini.

Internet Banking

Dalam dunia perbankan, internet mempermudah pelayanan terhadap akses nasabah melalui fitur Internet Banking. Mengecek saldo dan mutasi sudah bisa dilakukan melalui internet tanpa harus cetak buku seperti perbankan masa lalu. Tidak sekedar fungsi administratif tadi, internet juga memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi melalui internet seperti transfer, pembayaran dan pembelian.

Teknologi internet yang semakin canggih seperti protokol HTTPS (HTTP Secure) semakin menjamin keamanan dalam menjalankan bisnis dan perbankan melalui internet. Segala lalu lintas informasi yang masuk dan keluar diamankan dengan sistem enkripsi data. Sistem ini mengacak data yang dikirim dan diterima dengan sistem pengacakan tertentu yang sulit untuk disadap. Informasi yang dikirim sebelumnya di-enkrip lebih dahulu dan begitu sampai pada tujuan akan di-dekrip sehingga kembali ke bentuk informasi semula.

Itulah beberapa peran serta internet dalam sektor bisnis dan perbankan. Bagi anda para pebisnis yang belum menggunakan jasa internet sebaiknya segera pikirkan kembali untuk memanfaatkan internet yang sangat menakjubkan ini. Jika semua dilakukan dengan benar bukan tidak mungkin bisnis yang dijalankan akan berkembang dengan lebih pesat dari sebelumnya.

0 komentar

Post a Comment