Sunday, April 26, 2015

Cek Kinerja SEO Pada Blog

SEO adalah faktor utama yang harus dimiliki oleh sebuah blog. Hal ini terkait dengan potensi pengunjung yang didatangkan melalui mesin pencari sangatlah besar dan berharga, terutama dimata para pengiklan. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimation. Dengan kinerja SEO yang baik maka blog kita akan memiliki reputasi yang baik pada mesin pencari dan akhirnya muncul sebagai yang teratas pada hasil pencarian.

Ada beberapa faktor yang mendukung kinerja SEO sebuah blog seperti penggunaan title, keyword, heading, meta tag, image description dan sebagainya. Untuk memastikan kinerja SEo pada blog kita sudah baik kita bisa menggunakan tool SEO Checker seperti yang disediakan oleh website www.chkme.com. Hasil pengecekan ditunjukkan dengan skor. Semakin tinggi skor semakin baik dan skor tertinggi sebesar 100%.

Cara mengecek kinerja SEO pada blog di www.chkme.com

Untuk mengggunakan fitur SEO checker pada www.chkme.com sangatlah mudah. Setelah mengunjungi halaman website chkme.com kita bisa langsung cek SEO dan tidak perlu registrasi. Hasil pengecekan bisa langsung terlihat beserta saran-saran untuk meningkatkan kinerja SEO jika belum mencapai 100%.

Berikut ini langkah-langkah mengecek kinerja SEO di www.chkme.com :
  1. Buka website www.chkme.com.
    Tampilan website www.chkme.com
  2. Masukkan alamat blog yang akan dicek kinerja SEO-nya pada input text seperti berikut ini.
    Input cek skor seo blog
  3. Klik tombol Check SEO Score yang ada dibawah input text.
  4. Tunggu beberapa saat untuk melihat skor hasil pengujian SEO.
  5. Setelah selesai akan tampil beberapa hasil rangkuman faktor-faktor penunjang kinerja SEO.
  6. Skor hasil pengujian SEO berada dibagian bawah.
    Skor hasil cek SEO blog
Berikut ini beberapa faktor yang dicek pada chkme.com :
  1. Heading, adalah judul pada artikel blog dan sub judul yang ada didalam artikel blog tersebut. Tidak ada heading mengurangi skor SEO.
  2. Website Description, adalah deskripsi blog atau website yang berisi uraian singkat mengenai isi blog atau website tersebut. Tidak ada Website Description mengurangi skor SEO.
  3. Website Keywords, adalah kata kunci (keyword) pada sebuah blog atau website. Tidak ada Website Keyword mengurangi skor SEO.
  4. Frame dan Iframe, adalah penggunaan frame pada halaman website. Adanya penggunaan Frame mengurangi skor SEO.
  5. Image Description, adalah keterangan atau alternatif text dari sebuah gambar yang ada pada blog. Tidak ada Image Description mengurangi skor SEO.
Fungsi dari SEO Checker pada chkme.com sering digunakan oleh para blogger untuk mengecek kualitas dan kinerja SEO pada blog mereka. Meski bukan segalanya namun setidaknya ini dapat menjadi koreksi utuk memperbaiki kualitas SEO sebuah blog. Bagaimana caranya memperoleh skor SEO 100% insya Allah akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya.

0 komentar

Post a Comment