Monday, April 27, 2015

Cek Kecepatan Loading Blog

Setelah mengerti cara mengecek kinerja SEO pada blog selanjutnya kita akan mengecek kecepatan loading blog. Kecepatan sebuah blog saat dibuka merupakan hal yang terpenting selain faktor seo. Terutama sekali untuk kita yang ada di indonesia dengan kecepatan internet yang masih belum merata untuk jaringan minimal sekelas 3G/HSDPA. Kecepatan sebuah blog sangat ditentukan oleh script dan konten yang harus di load oleh browser.

Blog yang lama loading-nya saat dibuka berpotensi ditinggalkan pengunjung dan ini tentu sebuah kerugian tersendiri bagi pemilik blog. Konten yang hebat tidak akan terbaca jika blog tidak bisa dibuka. Berlalunya pengunjung tanpa membaca sedikitpun artikel pada blog juga meningkatkan bouncing rate atau rasio pentalan. Ini jelas merugikan terutama jika pada blog dipasang iklan untuk dilihat pengunjung.

Untuk mengecek kecepatan sebuah blog saat dibuka kita bisa menggunakan beberapa tool gratis yang ada di internet. Diantara beberapa tool tersebut saya tertarik untuk menggunakan dua tool favorit saya dalam mengecek dan memperbaiki kecepatan loading blog nulis-ilmu ini. Kedua tol yang saya maksud adalah Google Pagespeed dan GTMetrix.

Cek kecepatan loading blog dengan Google PageSpeed

Google pagespeed adalah sebuah tool yang disediakan Google untuk membantu para  developer website atau pengelola blog dalam menganalisa kecepatan loading blog saat dibuka. Layanan ini dapat digunakan secara gratis.

Salah satu fitur yang saya pakai untuk mengecek kecepatan blog adalah Pagespeed Insights. Fitur ini mengecek kecepatan loading blog dari segi konten dan memberikan sara-saran perbaikan untuk meningkatkan performa kecepatan blog.

Berikut ini cara mengecek kecepatan loading blog menggunakan Google Pagespeed Insights :
  1. Buka Pagespeed Insights dialamat https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights.
    Google Pagespeed Insights
  2. Masukkan alamat blog yang akan dicek kecepatannya pada kolom Masukkan URL Laman Web.
    Google Pagespeed Insights - Input Blog
  3. Klik tombol ANALISIS untuk mulai proses pengecekan.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses pengecekan selesai.
    Google Pagespeed Insights - Analisis
  5. Hasil pengecekan akan ditampilkan dalam dua bagian yaitu Seluler dan Desktop.
    Google Pagespeed Insights - Hasil
Hasil skor yang ditampilkan adalah rangkuman dari beberapa hasil pengujian seperti penggunaan cache browser, optimalisasi image, penggunaan script html, javascript dan css. Untuk memperbaiki skor silahkan baca petunjuk perbaikan yang disarankan. Skor yang dianggap wajar adalah minimal 75%, dibawah itu berarti blog kita dipandang masih lambat saat dibuka.

Cek kecepatan loading blog dengan GTmetrix

Satu lagi tool yang banyak dipakai oleh para blogger untuk mengecek kecepatan loading blog adalah GTmetrix. Secara prinsip fitur dari GTmetrix hampir sama dengan Google Pagespeed namun GTmetrix menampilkan hasil lebih detail disertai persentase tiap tiap parameter pengukuran.

Beberapa item pengecekan pada GTmetrix diantaranya meliputi hal-hal yang mempengaruhi kecepatan loading blog seperti penggunaan cache browser, optimisasi image, spesifikasi ukuran image, asyncronous javascript, efisiensi kode html dan masih banyak lagi parameter yang lainnya.

Berikut ini cara mengecek kecepatan loading blog menggunakan GTmetrix :
  1. Buka GTmetrix dialamat http://gtmetrix.com.
    Tampilan GTmetrix
  2. Isi alamat blog atau website yang akan dicek kecepatannya pada input text http://.
    GTmetrix - Input Blog
  3. Klik tombol GO untuk memulai proses analisis blog.
  4. Tunggu beberapa saat dilakukan proses analisis konten pada halaman blog yang dicek.
    GTmetrix - Analisis
  5. Hasil yang dihasilkan dalam bentuk persentase. Semakin besar hasil semakin baik karena berarti semakin cepat pula blog dibuka.
    GTmetrix - Hasil
Itulah dua tool yang biasa saya gunakan untuk mengecek kecepatan blog dan melakukan beberapa perbaikan agar skor terus naik tanpa mengurangi fitur dan kelengkapan blog. Untuk cara meningkatkan skor pada GTmetrix akan insyaAllah saya bahas pada tulisan selanjutnya.

0 komentar

Post a Comment