Monday, April 6, 2015

Cara Konek Wifi Hotspot dengan Android

Setelah mengetahui cara koneksi internet pada android menggunakan data seluler, sekarang saya akan sharingkan cara konek internet menggunakan Wifi Hotspot. Koneksi Wifi Hotspot memanfaatkan koneksi Wifi yang ada pada perangkat android agar bisa tersambung ke internet melalui protokol Wifi bukan data seluler.

Dengan cara ini kita bisa menghemat biaya koneksi internet karena biasanya Wifi hotspot tersedia secara gratis pada tempat-tempat tertentu seperti swalayan, rumah sakit, instansi pemerintah dan layanan publik lainnya. Selain itu beban operator seluler bisa lebih ringan sehingga koneksi internet bisa lebih cepat dan stabil.

Apa itu Wifi ?

Wifi adalah sebuah protokol sambungan data antar perangkat elektronik tanpa kabel menggunakan jaringan komputer lokal (Local Area Network). Wifi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. Pada komputer perangkat Wifi sering disebut juga dengan Wireless LAN (WLAN).

Logo Wifi
Koneksi dengan Wifi ini sebetulnya lebih efisien dari pada koneksi data seluler namun hanya sedikit sekali pengguna yang melakukannya. Ini tidak terlepas pada kenyataan sedikitnya layanan Wifi yang tersedia atau belum tumbuhnya kesadaran untuk memasyarakatkan penggunaan Wifi khususnya di Indonesia.

Cara konek Wifi Hotspot

Cara konek Wifi Hotspot menggunakan perangkat android sebetulnya cukup mudah dengan panel navigasi yang sudah disediakan didepan. Kita tinggal menyalakan Wifi dan secara otomatis akan tampil daftar penyedia Wifi yang ada disekitar kita beserta kuat sinyalnya.

Diantara penyedia layanan Wifi ini ada yang di password namun ada juga yang bebas. Untuk terhubung dengan layanan Wifi Hotspot yang dipassword kita harus tahu password koneksinya. Biasanya jika ditempat layanan publik kita bisa tanyakan pada customer service-nya.

Berikut ini cara konek Wifi Hotspot menggunakan perangkat android :
  1. Silahkan matikan koneksi data seluler jika perlu. hal ini untuk memastikan kita telah berhasil terhubung ke internet menggunakan Wifi Hotspot.
  2. Masuk ke menu atau aplikasi PENGATURAN.
  3. Pada pengaturan NIRKABEL & JARINGAN pilih Wifi.
  4. Nyalakan Wifi untuk melihat daftar layanan Hotspot yang tersedia.
  5. Silahkan pilih salah satu layanan, tunggu sampai terhubung.
  6. Jika dimintai password, silahkan masukkan saja nama password koneksi Wifinya yang bisa kita peroleh dari admin atau customer service.
  7. Jika berhasil akan ada notifikasi Terhubung.
  8. Silahkan coba akses internet untuk memastikan kerja koneksi Wifi Hotspot.

Cara konek Wifi Hotspot dengan Aplikasi Tambahan

Contoh aplikasi Wifi Manager
Selain cara diatas, kita bisa juga menggunakan aplikasi Wifi Manager yang banyak tersedia di Google Play Store. Dengan menggunakan aplikasi Wifi Manager, kita bisa melakukan banyak hal terkait pengaturan koneksi Wifi Hotspot seperti auto swith, memilih best network, kemudahan akses dan sebagainya. Jadi silahkan bereksperimen dalam menggunakan koneksi Wifi Hotspot.

0 komentar

Post a Comment