Friday, April 10, 2015

Cara Konek Internet pada Komputer dengan Android

Ternyata koneksi internet sebuah perangkat android bisa dibagi dengan komputer dengan fitur USB tethering. Hal ini saya ketahui ketika mancari cara agar bisa menggunakan perangkat android sebagai modem. Fitur USB tethering pada perangkat lebih mudah diaplikasikan dari pada menggunakannya sebagai modem. Khususnya pada komputer Linux akan langsung terdeteksi tanpa harus instal driver.

Fitur USB Tethering berguna ketika komputer tidak mempunyai perangkat WIfi jadi tidak bisa menggunakan fitur Portabel Hotspot. Fitur USB tethering menggunakan media kabel dengan protokol jaringan lokal untuk menghubungkan koneksi internet android ke komputer. Jadi kita tidak perlu membuat dial-up seperti saat menggunakan modem.

Syarat untuk bisa menggunakan koneksi internet android pada komputer adalah dengan menghubungkan perangkat ke komputer melalui kabel USB. Setelah USB terhubung kita tinggal menyalakan fitur Penambatan USB (USB Tethering) pada pengaturan Nirkabel dan Jaringan. Selanjutnya pada komputer akan mendeteksi jaringan baru seperti jaringan lokal (LAN).

Berikut ini cara konek internet pada komputer dengan android dengan fitur USB Tethering :
  1. Koneksi perangkat android ke komputer menggunakan kabel USB.
  2. Pastikan perangkat tidak sedang konek Penyimpanan USB/USB Storage.
  3. Masuk ke pengaturan Nirkabel dan Jaringan lalu pilih "Selengkapnya..."
    Menu pengaturan
  4. Kemudian pada menu Selengkapnya pilih Menambatkan & Hotspot Portabel.
    Menambatkan hotspot portabel
  5. Hidupkan Penambatan USB dengan menyentuh tombol ke posisi ON.
    Menghidupkan Penambatan USB
  6. Tunggu sesaat dan pada komputer akan muncul koneksi baru dengan protokol jaringan lokal (LAN). Seperti contoh berikut ini saat pada komputer Linux Mint yang saya gunakan.
    Tampilan koneksi penambatan USB pada komputer
  7. Dan koneksi internet dari android sudah bisa digunakan pada komputer.

0 komentar

Post a Comment