Monday, April 20, 2015

Cara Konek Internet Dengan Modem Pada Komputer

Salah satu media yang banyak dipakai untuk konek internet adalah komputer atau laptop. Ini bahkan terjadi sebelum ponsel bisa konek internet seperti sekarang ini. Saya pribadi sebagian besar konek internet dengan komputer terutama saat posting artikel di blog ini dan untuk mengerjakan transaksi harian di konter tempat saya jualan pulsa.

Untuk konek internet melalui komputer kita bisa memilih dari beberapa jenis koneksi ISP yang ada. Kemudian baru kita pikirkan media untuk koneksi misalnya menggunakan modem GSM/CDMA, Wi-fi atau dengan kabel. Dalam memilih ISP biasanya dipertimbangkan faktor-faktor seperti kecepatan, stabilitas, bandwidth dan yang penting biasanya biaya. Dan tulisan berikut ini akan fokus pada cara konek internet dengan modem GSM/CDMA.

Memilih ISP dari Operator Seluler

Untuk bisa konek internet dengan modem GSM/CDMA kita harus memilih salah satu ISP dari operator yang menyediakan layanan internet seluler. Dalam hal ini kita harus membeli kartu SIM (Perdana) sebagai akses berlangganan. Langkah selanjutnya adalah kita harus menyediakan modem yang sesuai dengan jaringan dari operator tadi. Jika berada pada jalur GSM harus menggunakan modem GSM dan jika CDMA harus menggunakan modem CDMA. Modem yang kita butuhkan bisa berupa modem stick atau menggunakan ponsel atau smartphone sebagai modem.

Menghubungkan Modem ke Komputer

Setelah kartu SIM dipasang pada modem, selanjutnya modem bisa dipasang pada komputer. Koneksi modem ke komputer sekarang kebanyakan menggunakan USB. Untuk sekedar tahu saja, dulu koneksi modem ada yang menggunakan port serial 9 pin (BD-9) yang disebut dengan Port COM. Setelah modem terpasang biasanya butuh driver untuk mengenali hardware yang masuk, driver ini biasanya sudah disertakan didalam modem atau pada kepingan disk yang dikemas jadi satu dengan modem.

Menginstal Driver Modem

Jika menggunakan Linux seperti saya ada sedikit kemudahan yaitu biasanya modem langsung terdeteksi tanpa instal driver karena sudah ada library driver yang tersedia saat instal Linux. Namun jika menggunakan komputer Windows pasti dimintai driver jika sebelumnya belum pernah ada hardware sejenis yang diinstal. Proses instal driver ini relatif mudah tinggal ikuti petunjuk yang disertakan sampai selesai.

Membuat Koneksi Dial-up

Modem yang sudah terinstal drivernya akan terdeteksi pada device manager (manajemen perangkat). Jika ada masalah dengan driver, modem akan tidak terdeteksi atau diberi tanda peringatan (misal pada Windows). Langkah selanjutnya adalah membuat koneksi sesuai dengan pengatutan dari masing-masing operator seluler. Setelah koneksi berhasil dibuat kita bisa langsung konek dengan menjalankan koneksi tadi.

Berikut ini cara membuat koneksi internet dial-up pada Linux Mint :
  1. Klik icon Network Management pada panel lalu klik Manage Connections.
  2. Klik Add untuk membuat koneksi baru dan ikuti wizard connection sampai selesai.
  3. Wizard pertama, pilih modem lalu klik Next.
  4. Wizard kedua pilih negara Indonesia, klik Next.
  5. Wizard ketiga pilih operator yang kita pakai, klik Next.
  6. Wizard keempat pilih billing, klik Next.
  7. Wizard kelima (selesai) klik Finish.
  8. Proses pembuatan selesai dan daftar koneksi yang kita buat akan muncul pada network management.
  9. Untuk menggunakan koneksi silahkan klik pada koneksi yang telah dibuat.
Dan berikut ini contoh cara membuat koneksi internet dial-up pada Windows 7 :
  1. Klik icon jaringan disebelah kanan bawah lalu klik Open Network and Sharing Center.
  2. Pada daftar network setting, pilih Setup a new connection or network.
  3. Pada pilihan connection option pilih Set-up a dial-up connection, klik Next.
  4. Pilih modem yang digunakan, klik Next.
  5. Isi nomor dial-up, username, password sesuai dengan operator yang digunakan. lalu beri nama sembarang.
  6. Klik Connect untuk konek ke internet.
Demikian cara konek internet dengan modem pada komputer, mohon maaf untuk bagian Windows 7 tidak bisa memberi gambar karena saya tidak pakai OS Windows (belum mampu dan belum mau beli). Mohon dimengerti dan jika ada pertanyaan silahkan disampaikan lewat komentar saja.

0 komentar

Post a Comment