Saturday, April 25, 2015

Cara Instal Template Blogger/Blogspot

Untuk menginstal sebuah template pada blog dengan platform blogger berbeda dengan saat menginstal template pada wordpress. Pertama kali menginstal template pada blog ini saya sempat bingung karena sama sekali berbeda dengan apa yang sering saya lakukan pada wordpress. Meski cukup mudah namun sepertinya fitur instal template pada blogger kurang mengena menurut saya. Hal ini karena akan lebih mudah di mengerti jika ada tombol, menu atau halaman instal template misalnya.

Namun mau mengeluh juga tidak selesai itu masalah instal template pada blogspotnya. Kita ikuti saja cara instal templat pada blogger sesuai dengan menu yang telah disediakan dan jika kita mempunyai keahlian HTML dan CSS dasar maka akan lebih baik karena lebih mudah saat melakukan penyempurnaan setelah menginstal template nantinya.

Berikut ini cara instal template pada Blogger/Blogspot :

1. Download file XML template

Sebelumnya kita harus mencari template yang sesuai dengan blog kita. Kita bisa cari di Google dengan kata kunci Template Blogger atau Template Blogspot. Bisa tambahkan kata kunci seperti gratis, free, seo friendly, responsive dan lain-lain. Setelah ketemu coba lebih dahulu dengan menggunakan link DEMO yang telah disediakan. Setelah yakin bisa didownload.

Karena kita membutuhkan file dengan ekstension XML maka jika yang di download berupa file ZIP maka harus diekstrak terlebh dahulu sampat diperoleh file XML nya.

2. Instal Template pada Blogger

Untuk bisa menginstal template kita harus login ke dasbor Blogger lebih dahulu. Kemudian ikuti proses berikut ini untuk menginstal template dari file XML yang telah kita download tadi :
  • Klik menu Template yang ada disebelah kiri.
    Menu Template
  • Klik Cadangkan/Pulihkan yang ada disebelah kanan atas. Jika menggunakan bahasa inggris berarti tampilannya Backup/Restore.
    Backup-Restore Template
  • Jika mau backup dulu (disarankan agar bisa merestore ulang jika template yang kita instal bermasalah), silahkan klik Unduh Template Lengkap.
    Window Backup-Restore Template
  • Untuk menginstal template silahkan klik Choose File lalu arahkan pada file XML yang telah didownload tadi.
  • Klik Unggah untuk melanjutkan proses instal template, tunggu beberapa saat proses unggah template.
    Unggah Template
  • Setelah selesai bisa dilanjutkan dengan mengedit template secara manual melalui fitur edit HTML.
Bagaimana, mudah bukan cara instal template pada Blogger. Yang sulit dan bikin pusing biasanya saat penyesuaian kode pada saat mengedit HTML. jadi silahkan bereksperimen sendiri untuk memperolah tampilan yang baik untuk blog kita tercinta.

0 komentar

Post a Comment