Thursday, April 30, 2015

Cara Claim Situs di Alexa

Alexa sebagai layanan webmaster menyediakan beberapa fitur seperti yang terkenal adalah alexa rank. Sebagai pengelola blog kita bisa menggunakan fitur selain alexa rank seperti fitur claim situs. Fitur ini membuat kita terverifikasi sebagai pemilik blog atau website. Dengan mengklaim situs, kita bisa mendapatkan data-data penting seperti pengunjung, minat, kata kunci, situs backlink dan sebagainya.

Untuk mengklaim situs pada alexa sebenarnya bisa dilakukan secara mudah dan tidak perlu upgrade ke akun yang pro. Yang dibutuhkan adalah sebuah alamat email untuk mendaftar alexa. Setelah terdaftar kita bisa login dan mulai mengklaim situs atau blog kita. Jumlah blog atau website yang bisa diklaim tidak harus satu, bisa lebih. Saya sendiri telah mengklaim beberapa blog saya dengan cepat dan mudah.

Berikut ini cara mudah claim situs di alexa :
  1. Pastikan kita sudah terdaftar di Alexa, jika belum daftar dulu dialamat http://www.alexa.com/register?resource=%2Fsecure%2Flogin.
    Registrasi Alexa
  2. Silahkan isi alamat email lalu klik tombol Create dan ikuti proses pendaftaran sampai selesai.
  3. Jika sudah terdaftar langsung saja login di alamat https://www.alexa.com/secure/login?resource=%252Fsecure%252Flogin.
    Sign in Alexa
  4. Silahkan isi dengan alamat email dan password sesuai saat pendaftaran lalu klik tombol Sign in.
  5. Karena pada halaman dasbor Alexa tidak terdapat link untuk claim situs, jadi lebih mudahnya silahkan langsung klik link ini saja, http://www.alexa.com/siteowners/claim.
    Claim Site Alexa
  6. Isi site URL dengan nama blog yang akan di claim lalu klik continue.
  7. Selanjutnya kita akan diminta untuk memilih metode verifikasi situs, silahkan pilih saja yang nomor dua karena relatif mudah untuk blog.
    Pilih Metode Claim Site Alexa
  8. Akan muncul kode verifikasi disebelah bawah yang harus kita taruh pada blog kita.
    kode Verifikasi Claim Site Alexa
  9. Silahkan kopi kode tersebut dan jangan tutup dulu window alexa-nya.
  10. Silahkan buka tab baru untuk menaruh kode pada blog misalnya pada blogger klik Template pilih Edit HTML lalu taruh kode tersebut dibawah <head> diantara kode <meta .../> yang lain. Lebih jelas lihat contoh berikut ini :
    Menaruh kode Verifikasi Alexa di blog
  11. Simpan halaman lalu buka kembali window alexa-nya.
  12. Silahkan klik tombol Verify myID untuk mulai proses verifikasi blog.
  13. Jika berhasil akan muncul notifikasi "Your Site Successfully Claimed".
    Claim Situs Berhasil
  14. Sampai disini langkah claim situs di Alexa telah selesai dan situs blog kita telah berhasil di claim.
Beberapa kabar mengatakan kalau Claim situs di Alexa akan melangsingkan peringkat Alexa sebuah blog. Hal inii sudah pernah saya bahas pada artikel tentang 7 mitos Alexa yang ternyata tidak benar. Memang untuk situs baru yang sudah banyak pengunjung, claim situs bisa mempercepat proses indeks rangking oleh alexa namun tidak mempengaruhi rangking. Tanpa diklaim sekalipun peringkat Alexa akan ramping dengan sendirinya jika memang blog berkualitas.

0 komentar

Post a Comment