Wednesday, April 29, 2015

Cara Cek Responsive Sebuah Blog

Sebuah blog yang responsive akan mampu menyesuaikan ukuran layar pada browser komputer klien secara dinamis. Untuk mengecek sebuah blog responsive atau tidak sebenarnya cukup mudah yaitu melalui browser pada komputer. Mengapa komputer, karena ukuran layar komputer dianggap memiliki resolusi lebih besar dibanding dengan table atau smartphone.

Selain itu kita juga bisa mengecek responsive blog dengan tool yang menyediakan simulasi ukuran layar beberapa perangkat. Cara ini lebih spesifik dan bisa menjadi acuan bagi kita untuk melihat bagaimana atampilan blog saat diakses melalui perangkat lain seperti smartphone atau tablet.

Mengecek Responsive Blog Dengan Resize Layar Monitor

Mengecek responsive blog bisa dilakukan dengan mengubah ukuran layar pada komputer atau istilah umumnya dengan meresize layar. Caranya adalah ubah mode layar dari maximize ke mode resizeable dengan klik icon resizeable seperti berikut ini :

Kemudian ubahlah ukuran lebar layar menjadi lebih kecil dan pastikan tata letak halaman blog tampak secara dinamis mengikuti perubahan ukuran layar. Untuk lebih jelas perhatikan beberapa gambar berikut ini :
Tampilan blog saat layar lebar
Tampilan blog saat layar lebar
Tampilan blog saat layar lebih sempit
Tampilan blog saat layar lebih sempit

Mengecek Responsive Blog Dengan Responsivetest

Kelemahan dari mengecek responsive dengan memperkecil ukuran layar komputer adalah kita tidak bisa mengecek dengan pasti tampilan-tampilan pada smartphone atau tablet. untuk itu kita bisa menggunakan tool untuk mengecek responsive blog yang disediakan oleh http://responsivetest.net. Pada halaman pengecekan tinggal kita masukkan saja alamat blog atau website yang akan dicek di kolom URL kemudian tekan enter untuk merender halaman.
Tampilan responsivetest ukuran 1024x768
Tampilan responsivetest ukuran 1024x768
Akan muncul tampilan blog dengan ukuran standar 1024x768 yang merupakan ukuran rata-rata layar komputer bukan wide screen. Kita bisa mengubah mode tampilan untuk jenis-jenis gadget seperti smartphone dan tablet dengan beberapa pilihan type layar seperti Iphone dan Ipad. Jika sebuah blog responsive maka tampilan blog akan mampu menyesuaikan ukuran layar perangkat yang disetel.

Seperti contoh berikut ini misalnya saat saya set ukuran layar menjadi ukuran smartphone 320x480 maka tampilan blog nulis-ilmu yang responsive mampu perubahan ukuran layar dengan menghilangkan menu dan diganti dengan dropdown menu seperti berikut ini.

Tampilan responsivetest ukuran 320x480
Tampilan responsivetest ukuran 320x480
Kesimpulannya sebuah blog dianggap responsive jika mampu menata ulang tata letaknya secara dinamis mengikuti ukuran browser pada layar perangkat yang mengaksesnya. Dengan semakin banyaknya jenis-jenis perangkat mobile saat ini sudah menjadi keharusan agar blog kita menggunakan template yang responsive. Jika tidak maka lambat laun blog kita akan ketinggalan zaman dan ditinggalkan pengunjung.

2 komentar:

  1. Mantap mas bro...sekarang memang jamannya responsive, siap siap ditinggal pengunjung kalao blog kita g responsive

    ReplyDelete