Wednesday, April 1, 2015

Cara Backup File Pada Perangkat Android

Backup file adalah sebuah langkah menyimpan file pada sebuah tempat cadangan sehingga kondisi file masih aman ketika media penyimpanan pada perangkat android rusak. Cara backup file pada perangkat android bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti di backup pada komputer maupun pada penyimpanan online seperti Google Drive atau Dropbox.

Prinsip dari membackup sebuah file adalah kita masih punya cadangan ketika file pada penyimpanan utama dalam hal ini pada perangkat android mengalami kerusakan seperti corrupt atau bahkan rusak. Salah satu hal yang dijadikan pertimbangan ketika membcakup sebuah file adalah kelayakan media backup dan kekuatan serta jaminan keamanannya.

Cara backup file pada perangkat android dengan komputer

Cara backup yang pertama adalah menggunakan media penyimpanan harddisk pada komputer. Ini merupakan cara backup yang relatif mudah dan bisa kita lakukan asal ada sebuah komputer yang digunakan untuk media backup. Jika belum punya komputer kita bisa pinjam memori dari harddisk pada komputer teman, namun tentu kurang terjamin privasi kita.

Berikut ini cara backup file pada perangkat android dengan komputer :
  1. Pertama tentukan lokasi penyimpanan file backup pada komputer, misalnya kita buat sebuah folder dengan nama Backup.
  2. Hubungkan perangkat android ke komputer dengan menggunakan kabel data USB to Micro USB.
  3. Akan muncul notifikasi pada perangkat android, pilih penyimpanan file USB atau USB Storage.
  4. Tunggu beberapa saat akan terdeteksi media penyimpanan pada komputer.
  5. Pilih file yang akan dibackup, misalnya untuk backup file hasil jepretan kamera ada di folder DCIM/Camera.
  6. Silahkan kopi file yang akan dibackup lalu paste pada folder penyimpanan yang telah dibuat tadi.
Note : Pada contoh diatas saya menggunakan sistem operasi Linux Mint. Untuk sistem operasi Windows XP biasanya butuh driver namun untuk sistem operasi Windows 7 dan Windows 8 tidak.

Kelebihan dari cara backup file dengan komputer adalah simpel dan gratis karena hampir tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk melakukan proses backup. Namun ada kelemahan dari membackup file dengan komputer yaitu tidak terjamin akan amannya media penyimpanan (dalam hal ini harddisk) pada komputer. Jika harddisk komputer rusak tentu file backup kita juga akan hilang.

Cara backup file pada perangkat android dengan aplikasi Google Drive

Cara backup yang kedua adalah dengan menggunakan media penyimpanan online seperti Google Drive. Mengapa saya memilih Google Drive karena menyediakan kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu sebesar 15GB. Bandingkan saja dengan Dropbox yang hanya memberikan kapasitas sebesar 2GB saja.
google drive
Untuk membackup file pada perangkat android menggunakan Google Drive kita hanya perlu sebuah akun Google dan sebuah aplikasi Google Drive yang bisa diinstal dari Google Play Store secara gratis. Setelah menginstal aplikasi Google Drive kita sudah bisa langsung menggunakannya karena akun Google sudah otomatis terkait dengan akun Google pada perangkat android.

Kelebihan dari cara backup file menggunakan Google Drive adalah jaminan keamanan file karena dikelola secara profesional dengan sistem perawatan harddisk berkala. Selain itu kita bisa mengakses file tersebut dimana saja tanpa harus membawa flashdisk, komputer atau perangkat android kita sekalipun. Kita bisa mengakses file melalui halaman Google drive di alamat drive.google.com dimana saja asalhakn terhubung dengan jaringan internet.

Kelemahan dari cara backup file menggunakan Google Drive adalah biaya untuk membeli kuota data internet. Hal ini karena kita harus terhubung dengan server Google agar dapat menaruh file pada Google Drive. Untuk backup file dengan ukuran besar tentu membutuhkan kuota data internet yang banyak juga.

Berikut ini cara backup file pada perangkat android dengan aplikasi Google Drive :
  1. Pastikan sudah terinstal aplikasi Google Drive. Aplikasi Google Drive bisa diperoleh secara gratis dari Google Play Store, cari saja dengan kata kunci "drive".
  2. Silahkan pilih pasang lalu ikuti langkah instalasi sampai selesai.
  3. Setelah terinstal, akan tampak icon aplikasi Google Drive pada daftar aplikasi.
  4. Jalankan aplikasi, lalu ikuti preview pada halaman pembuka seperti berikut ini.
  5. Ketuk tanda + untuk membuat aksi baru seperti membuat folder baru atau mengunggah file baru.
  6. Untuk mengunggah file yang akan dibackup silahkan ketuk icon unggah lalu pilih aplikasi untuk tindakan lengkap, misalnya File Manager.
  7. Pilih file yang akan dibackup pada aplikasi file manager dengan cara ketuk pada nama file.
  8. Tunggu proses unggah file selesai.
  9. Dan file kita sudah berada pada penyimpanan yang aman di server Google Drive.
Itulah dua cara backup file pada perangkat android yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keadaan kita. Jika memang belum punya kuota data untuk backup di Google Drive sementara dibackup saja dulu di komputer. Yang penting jangan sampai kita kehilangan data karena masalah kerusakan pada penyimpanan internal maupun kerusakan pada kartu memori.

0 komentar

Post a Comment