Monday, March 2, 2015

Sejarah dan Perkembangan Komputer

Sesaat marilah kita menengok ke belakang dan membayangkan apa jadinya jika komputer tidak pernah ditemukan. Tentu yang pertama terjadi adalah anda tidak pernah membaca tulisan saya ini. Maka dari itu, melalui tulisan ini anda akan saya ajak menelusuri sejarah dan perkembangan komputer serta mengenal dan mengenang jasa-jasa para tokoh dibidang komputer.

Komputer telah mengubah kehidupan umat manusia. Berbagai kemudahan telah datang seiring dengan kehadiran komputer. Dengan adanya komputer, hampir semua pekerjaan dapat terbantu dan terselesaikan dengan lebih cepat dan lebih baik. Tak bisa dipungkiri bahwa peran serta komputer sangat vital dalam setiap aspek kehidupan manusia.

Sejarah dan perkembangan komputer secara garis besar dapat kita bagi menjadi empat periode, yaitu periode rintisan, penemuan, pengembangan dan periode modern.

Periode rintisan (Pra Komputer)

Pada periode ini komputer belum ditemukan namun teknologi-teknologi yang mengarah pada penemuan komputer telah ada. Seperti misalnya penggunaan alat hitung mekanik bernama sempoa atau Abacus.

Tokoh-tokoh yang berjasa pada masa rintisan komputer ini diantaranya adalah:
  • Blaise Pascal, pada tahun 1642 berhasil membuat alat hitung sederhana bernama kalkulator roda numerik.
  • Gottfred Wilhem von Leibniz, pada tahun 1694 berhasil menambahkan fungsi perkalian pada kalkulator roda numerik.
  • Charles Xavier Thomas de Colmar, pada tahun 1820 berhasil menemukan kalkulator arithometer yang bisa mengerjakan 4 fungsi dasar aritmatika, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
  • Charles Babbage, pada tahun 1822 berhasil menciptakan mesin differensial yang dapat menyimpan perintah program, melakukan kalkulasi  dan mencetak hasilnya secara otomatis. Mesin ini terdiri dari 50.000 komponen dengan instruksi program yang disimpan pada kartu yang berlubang-lubang sebagai Analyctical Engine.
  • George Boole, pada tahun 1847 menemukan prinsip Aljabar Boole yaitu sebuah perhitungan yang hanya mengenal nilai benar dan salah. Prinsip Aljabar Boole ini nantinya menjadi dasar ilmu digital yang digunakan saat penemuan komputer.
  • Herman Hollerith, pada tahun 1889 berhasil mengaplikasikan mesin Babbage untuk perhitungan sensus penduduk di Amerika Serikat. Dengan mesin ini proses pendataan yang dijadwalkan selesai dalam 10 tahun bisa diselesaikan dalam waktu 6 minggu. Herman Hollerith inilah yang kemudian mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang merupakan cikal bakal lahirnya perusahaan komputer dunia IBM.

Periode Penemuan (Komputer Generasi Pertama)

Berdasarkan beberapa teori pada periode rintisan komputer diatas, pada periode ini komputer mulai ditemukan. Meskipun penemuan Charles Babbage dikenal sebagai komputer pertama, namun prinsip komputer elektronik seperti yang kita kenal saat ini baru dikemukakan oleh John V. Atanasoff dan Clifford Berry pada tahun 1903.
Komputer ENIAC
Prinsip dasar komputer elektronik ini mengacu pada prinsip dasar logika benar dan salah pada Aljabar Boole. Prinsip ini kemudian kita kenal dengan ilmu digital. Dengan menerapkan prinsip benar-salah ke dalam saklar elektronik, Atanasof dan Berry mampu membuat komputer elektronik pertama pada tahun 1940.

Selanjutnya pada periode penemuan ini lahir beberapa komputer generasi pertama seperti:
  • Z3, adalah komputer karya Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman yang dibuat pada tahun 1941 untuk tujuan membuat desain pesawat dan peluru kendali untuk kepentingan perang.
  • Colossus, adalah komputer yang dibuat oleh pemerintah Inggris pada tahun 1943 untuk memecahkan kode-kode rahasia yang digunakan Jerman.
  • Mark I, adalah komputer karya Howard H. Aiken, insinyur lulusan Harvard yang bekerja untuk IBM. Komputer ini memiliki ukuran panjang yang sangat besar yaitu sekitar setengah panjang lapangan sepak bola. Meski relatif lambat karena setiap proses membutuhkan waktu sekitar 5 detik, namun komputer ini sudah mampu melakukan perhitungan yang lebih kompleks.
  • ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer), adalah komputer karya John Presper Eckert  dan John W. Mauchly. Komputer ini memiliki 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan  5 juta titik solder dengan konsumsi daya mencapai 160 KW. ENIAC merupakan komputer serbaguna dengan kecepatan 1000 kali lebih cepat dibanding Mark I.
  • EVDAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) adalah komputer karya John von Neuman yang dibuat pada tahun 1945. Komputer ini sudah menggunakan memori yang bisa menyimpan data, sehingga memungkinkan komputer dapat berhenti setiap saat dan melanjutkan pekerjaannya kembali di lain waktu. Unit utama EVDAC adalah sebuah unit pemrosesan sentral (CPU), yang mengkoordinasikan semua fungsi komputer melalui satu sumber tunggal.
  • UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) adalah komputer yang dibuat dibuat oleh Remington Rand pada tahun 1951. UNIVAC 1 merupakan komputer komersial pertama yang memanfaatkan prinsip komputer EVDAC.  
Komputer-komputer generasi pertama pada periode penemuan ini memiliki ciri penggunakan kode biner (binary code) yang berbeda-beda sehingga sulit diprogram dan dikembangkan. Ciri fisik dari komputer generasi pertama adalah masih menggunakan Tabung Hampa dan Silinder Magnetik untuk penyimpan data.

Periode Pengembangan (Komputer Generasi Kedua)

Pada masa ini perkembangan komputer dipengaruhi oleh perkembangan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Pada sisi perangkat kerasnya, perkembangan komputer sangat dipengaruhi oleh penemuan semi konduktor seperti transistor dan IC (Integrated Circuit). Komputer pada masa ini sudah relatif lebih kecil dan hemat energi.

Dari sisi software, komputer-komputer ini tidak lagi menggunakan kode bilangan biner melainkan sudah menggunakan instruksi berupa teks singkat yang dikenal dengan bahasa Assembly. Pada masa ini juga muncul beberapa bahasa pemrograman seperti Common Business-Oriented Language (COBOL) dan  Formula Translator (FORTRAN).

Awalnya komputer generasi kedua ini hanya digunakan untuk industri saja. Namun sekitar tahun 1960 penggunaan sudah meluas ke sektor yang lain seperti pendidikan, kesehatan dan komputer rumah tangga. Lebih hebatnya lagi komputer sudah mempunyai sistem operasi sehingga bisa berfungsi lebih luas dan tidak terpaku pada satu hal saja.

Pada masa ini lahir pula chip-chip IC yang relatif sangat kecil saat itu yang bisa membuat hardware komputer menjadi lebih sederhana. Contoh komputer yang lahir pada masa ini adalah  STRETCH dan IBM 1401 buatan IBM dan LARC buatan Sprery-Rand.

Periode Modern (Komputer Generasi Terkini)

Ini adalah periode dimana komputer sudah menjadi sangat canggih dan sudah mampu membantu dan melayani banyak aspek kehidupan manusia. Satu hal yang membuat penggunaan komputer semakin luas adalah hadirnya Personal Computer yang mulai diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1980.

Perkembangan hardware dan software juga semakin pesat diantaranya adalah:
  • Penemuan Chip Prosesor Intel 4004 pada tahun 1971 yang membuat CPU komputer menjadi lebih kecil dan ini membuat hadirnya Personal Computer semakin nyata.
  • Lahirnya beberapa program aplikasi komputer seperti pengolah kata dan spreadsheet pada tahun 1970 dan munculnya video game sekitar tahun 1980-an.
  • Lahirnya sistem operasi berbasis grafis seperti Macintosh dan Windows yang masih bertahan sampai sekarang.
  • Perkembangan prosesor yang semakin cepat misalnya Intel yang saat ini telah mencapai generasi Core i7.
  • Banyaknya produk hardware dan software yang menunjang setiap unsur pekerjaan manusia.
  • Dan yang terbaru tentu munculnya varian Notebook (laptop), Tablet dan Smartphone yang menjadikan penggunaan komputer menjadi semakin kompak.
Demikian sejarah dan perkembangan komputer, semoga kedepan komputer bisa menjadi lebih canggih lagi dan semakin memudahkan kehidupan kita.

0 komentar

Post a Comment