Wednesday, March 25, 2015

Mengenal Perangkat Smartphone Android

Setelah mengetahi sedikit tentang android, selanjutnya kita akan berkenalan dengan sebuah perangkat android. Sebagai contoh disini akan saya ambil sebuah perangkat smartphone kategori menengah dari Samsung yaitu Galaxy V. Materi pada artikel ini sebagian saya ambil dari buku petunjuk Samsung Galaxy V.

Sebuah ciri dari kebanyakan smartphone yang populer saat ini adalah ukuran layar yang lebar dan sudah menggunakan teknologi layar sentuh. jadi keberadaan tombol atau keypad sudah tidak dibutuhkan lagi. Selain itu ciri lain adalah adanya tiga tombol yang umum pada perangkat android yaitu power, volume up dan volume down. Berikut ini tampilan dari sebuah perangkat android beserta penjelasannya.

Contoh keterangan pada perangkat Android Samsung Galaxy V

1. Layar sentuh

Adalah layar untuk menampilkan display sekaligus berfungsi sebagai akses melalui teknologi layar sentuh. Dengan layar sentuh ini kita bisa berinteraksi dengan smartphone tanpa harus menggeser kursor karena untuk memilih kita cukup lakukan dengan menyentuhnya saja. Teknologi layar sentuh saat ini telah menggunakan sistem kapasitif artinya kita tidak perlu menekan layar tapi cukup menempelkan ujung jari pada layar.

2. Tombol daya

Adalah tombol yang berfungsi utama untuk menghidupkan perangkat smartphone android. Selain itu tombol daya juga dipakai untuk mengunci perangkat dan juga bersama tombol volume down atau tombol home bisa dipakai untuk melakukan screenshot pada layar.

3. Tombol Home

Adalah tombol yang digunakan untuk kembali ke tampilan depan. Tombol Home berfungsi ketika kita akan kembali ke tampilan dengan cepat. Pada perangkat lain, tombol Home juga memiliki fungsi lain misalnya pada Samsung Galaxy Young jika ditekan lama akan menampilkan task manager. Kombinasi tombol Home dan tombol Daya pada perangkat android Samsung juga dipakai untuk melakukan screenshot layar.

4. Tombol kembali

Adalah tombol yang digunakan untuk kembali pada tampilan berikutnya sebuah aplikasi. Jika tampilan aplikasi sudah berada paling depan maka jika tombol kembali ini ditekan akan menyebabkan keluar dari tampilan aplikasi. Tombol kembali ini juga sering disebut dengan tombol Back, yaitu kata dalam bahasa inggris yang artinya kembali.

5. Tombol aplikasi terbaru

Tombol ini mulai muncul pada perangkat android Kitkat. Pada versi sebelumnya tombol ini biasanya disebut menu atau tombol pengaturan. Tombol aplikasi terbaru berfungsi untuk menampilkan deretan daftar aplikasi yang sedang kita jalankan. Untuk menghentikan jalannya aplikasi cukup dilakukan dengan menyentuh pada thumbnail aplikasi dan menggesernya dengan cepat ke kanan.

6. Tombol Volume

Adalah tombol yang berfungsi untuk mengontrol level suara pada perangkat android. Ada dua tombol volume yang lazim terdapat pada perangkat android yaitu tombol volume down dan tombol volume up. Tombol volume down berfungsi untuk menurunkan level suara dan tombol volume up berfungsi untuk menaikkan level suara.

7. Kamera Depan

Adalah kamera yang terletak dibagian panel depan sebuah perangkat android. Kamera ini berfungsi ketika kita melakukan selfie atau melakukan panggilan video bergerak. Kamera depan ini biasanya memiliki resolusi yang lebih kecil dari kamera belakang.

8. Kamera Belakang

Adalah kamera utama yang berfungsi untuk mengambil gambar diam(foto) dan gambar bergerak (video). Kamera ini memiliki resolusi yang lebih besar dari kamera depan dan bisanya dilengkapi dengan fitur tambahan seperti auto focus dan led flash. Auto focus adalah kemampuan untuk bisa mengatur focus secara otomatis mengikuti jarak pengambilan gambar.

9. Lampu Kilat

Adalah sebuah lampu yang berfungsi untuk menerangi obyek saat mengambil gambar dengan kamera belakang. Lampu flash ini biasanya hanya berfungsi untuk mengambil gambar diam (memotret). Lampu flash sangan membntu ketika kita mengambil gambar diwaktu malam atau dilokasi yang gelap.

10. Konektor multifungsi

Adalah konektor model micro USB yang dipakai untuk berbagai keperluan seperti mengisi battery (charge) dan menghubungkan perangkat android ke komputer. Dengan konektor inikita bisa melakukan transfer data dari dan ke komputer serta berbagi internet melalui USB hotspot.

11. Colokan Headset

Adalah lubang untuk memasang jack headset pada perangkat smartphone. Headset adalah sebuah perangkat penghasil suara dengan level kecil yang biasanya langsung dipasang didekat telinga. Headset juga berfungsi untuk melakukan panggilan karena didalam headset biasanya terdapat tombol dan mikrophone kecil.

12. Mikrophone

Adalah alat yang menerima masukan bicara saat kita melakukan panggilan telepon. Microphone ini mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik. Microphone pada perangkat seluler biasanya dirancang sangat peka dan hanya diberi lubang kecil untuk masuknya gelombang suara.

13. Speaker

Adalah alat yang mengeluarkan suara saat kita memutar lagu atau video pada android. Speaker ini mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara seperi aslinya. Speaker yang dimaksud disini berbeda dengan speaker yang berada didepan untuk mendengarkan panggilan. Speaker biasanya terletak dibagian belakang perangkat.

14. Earpiece

Ini adalah alat yang berfungsi mengeluarkan suara dari lawan bicara kita saat menelepon. Earpiece ini sebetulnya juga merupakan speaker juga namun memiliki ukuran yang lebih kecil dan juga suara yang dihasilkan tidak bisa keras seperti speaker belakang.

15. Antena Utama

Adalah alat untuk menangkap sinyal dari pemancar BTS operator seluler. Antena ini biasanya ditaruh didalam dan tidak terlihat. Agar efektif dalam penerimaan, biasanya kita dianjurkan untuk menghalangi antena karena akan berpengaruh pada penerimaan sinyal dan pemakaian daya yang bisa menyebabkan boros battery.

16. Antena GPS

Adalah antena yang berfungsi menangkap sinyal GPS. GPS adalah singkatan dari Global Positioning System. Dengan GPS ini kita bisa melacak lokasi kita berada serta membuat rute pemandu untuk menemukan tujuan kita. Antena GPS ini langsung terhubung dengan satelit jadi agar bisa dipakai harus berada diarea luar ruangan dan terhubung langsung dengan langit.

17. Tutup belakang

Adalah tutup pelindung disebelah belakang yang kadang bisa dipelas dengan mudah terutama untuk perangkat dengan battery yang bisa dicopot pasang. Untuk membuka tutup belakang sebuah perangkat android biasanya disediakan area kecil untuk mencukil tutup belakang.

Demikian sekilas informasi singkat tentang perangkat android yang saya ambil dari produk Galaxy V produksi Samsung. Untuk perangkat android lain mungkin berbeda namun intinya sama hanya tata letaknya saja mungkin yang berbeda.

0 komentar

Post a Comment