Sunday, March 1, 2015

Mengenal Lebih Dalam Tentang Komputer

Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang digunakan untuk mengolah data dan dapat mengerjakan perintah dengan urutan program tertentu. Nama komputer berasal dari kata compute, yaitu sebuah kata dalam bahasa inggris yang berarti menghitung. Dulu komputer indentik dengan alat untuk mengetik, namun kini penggunaan komputer sudah menjadi lebih luas dan merambah ke semua aspek kehidupan.

Pengertian Komputer

Ada beberapa definisi komputer menurut para ahli. Namun inti dari masing-masing definisi tersebut bertujuan memberi banyak gambaran kepada kita tentang apa itu komputer. Berikut ini pengertian komputer menurut para ahli.

1. Donald H. Sanders 

Pengertian komputer menurut Donald H. Sanders dalam buku Computer Today adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar bisa menerima dan menyimpan data input secara otomatis, lalu memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi program yang sudah tersimpan di dalam memori (stored program).

2. Fuori

Pengertian komputer menurut Fuori adalah sebuah alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

3. Hamacher

Pengertian komputer menurut Hamacher dalam buku Computer Organization adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi dari input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

4. Robert H. Blissmer

Pengertian komputer menurut Robert H. Blissmer dalam buku Computer Annual adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas, antara lain adalah menerima input, memproses input dengan menggunakan program tertentu, menyimpan instruksi instruksi dan hasil dari pengolahan serta menyediakan output berupa informasi.

Sejarah Komputer

Kurang jelas kapan komputer pertama kali ditemukan, namun sejarah mencatat konsep komputer elektronik sudah ada pada tahun 1903 dari pemikiran dua orang jenius bernama John V. Atanasoff dan Clifford Berry. Kemudian komputer elektronik pertama bernama Z1 dibuat pada tahun 1941 dengan tujuan membantu perang dunia kedua dalam merancang pesawat terbang dan peluru kendali.

Setelah Z1 kemudian lahir komputer Mark I buatan Howard H. Aiken dari IBM lalu diikuti dengan lahirnya ENIAC , sebuah komputer legendaris buatan John Presper Eckert  dan John W. Mauchly. Saat itu ukuran komputer tebilang raksasa, dimana wikipedia mencatat Mark I memiliki panjang sekitar setengah lapangan bola kaki. Tercatat juga, Mark I menggunakan kabel penghubung dengan panjang total sekitar 500M.

Saat ini ukuran komputer sudah relatif kecil dan bahkan sudah ada yang portabel dan bisa dibawa-bawa yaitu yang sering disebut laptop. Perkembangan komputer hingga mencapai saat ini tidak terlepas dari peran beberapa perusahaan komputer seperti IBM, Apple, Microsoft dan tidak lupa juga peran dari komunitas open source yang telah menghasilkan sistem operasi gratis seperti Linux.

Fungsi Komputer

Saat pertama kali ditemukan, komputer mempunyai fungsi yang sangat sederhana dan khusus seperti misalnya sebagai mesin pembuat desain pesawat, pemecah kode dan alat bantu untuk menyelesaikan persoalan aritmatika. Saat itu penggunaan komputer masih bersifat tertutup dan rahasia serta berada pada lingkungan militer dan industri.

Kini komputer telah mengubah kehidupan manusia. Berbagai aspek kehidupan sudah terbantu dengan adanya komputer. Mulai dari sektor bisnis, kedokteran, ekonomi dan pendidikan. Peran komputer juga sudah merambah dunia hiburan seperti alat permainan dan multimedia.

Berikut ini beberapa fungsi komputer pada umumnya :
  • Alat bantu pekerjaan, misalnya alat ketik, video dan foto editing, serta pengolah dan analisis data.
  • Media untuk menyimpan dan mentransfer file/data.
  • Sarana komunikasi misalnya untuk koneksi internet.
  • Hiburan, misalnya permainan dan multimedia
  • Otomatisasi Industri
  • Dan masih banyak lagi fungsi komputer lainnya

Bagian-bagian Komputer

Komputer terdiri dari beberapa bagian yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan perangkat ahli (brainware).

Hardware Komputer

Adalah seperangkat alat atau komponen elektronik yang dirangkai memenuhi kriteria penyusun arsitektur komputer.

Ada macam-macam hardware komputer, misalnya :
  • Mainboard atau Motherboard, adalah bagian utama komputer yang berisi banyak circuit yang berfungsi menyatukan kerja bagian komputer lainnya.
  • Prosesor, adalah otak sebuah komputer yang berfungsi mengolah data.
  • RAM (Random Access Memory), adalah sebuah media penyimpan sementara yang membantu kerja prosesor dalam mengolah data.
  • Harddisk, adalah alat untuk menyimpan data.
  • Monitor, adalah alat untuk menampilkan output grafis komputer.
  • Keyboard, adalah papan ketik yang berfungsi menerima memasukkanhuruf, angka, simbol dan lainnya yang ada pada papan ketik tersebut.
  • Mouse, adalah alat yang berfungsi sebagai pointer pada layar.
  • Port, adalah alat untuk komunikasi komputer dengan perangkat lain. Ada beberapa port pada komputer seperti USB, Port Paralel (LPT) dan Port Serial (COM).
  • CD-DVD R/RW, adalah alat untuk membaca dan atau menulis pada kepingan disk CD atau DVD.
  • Power Supply, adalah alat yang menyediakan daya rendah untuk setiap bagian kmputer.

Software Komputer

Adalah perangkat lunak yang berupa kode-kode biner yang ditanamkan ke dalam komputer sehingga membuat hardware komputer dapat berfungsi.

Ada macam-macam software komputer, misalnya:
  • Sistem Operasi (Operating System/OS), adalah perangkat lunak yang membuat sebuah lingkungan virtual untuk menjalankan program pada komputer, misalnya Linux, Windows dan MacOS.
  • Aplikasi, adalah perangkat lunak yang dipergunakan untuk keperluan tertentu, misalnya mengetik, membuat spreadsheet, membuat presentasi dan file explorer.
  • Driver, adalah perangkat lunak yang dipakai untuk pengenal identitas hardware ke dalam software.
  • Bios, adalah perangkat lunak yang mengatur kerja sistem hardware saat komputer dihidupkan seperti mengaktifkan atau menon-aktifkan hardware, mengatur interupsi hardware dan mengatur sistem waktu.

Brainware

Adalah orang atau tenaga ahli yang berhubungan dengan komputer. Brainware ini merupakan pengendali sepenuhnya dari hardware dan software komputer.

Ada beberapa kualifikasi brainware komputer, seperti misalnya:
  • User/Operator, adalah orang yang ahli dalam megoperasikan komputer, seperti administrasi kantor, designer grafis, video dan atau foto editor, blogger dan lain-lain.
  • Teknisi, adalah orang yang ahli dalam pembuatan, perawatan dan perbaikan komputer.
  • Programmer, adalah orang yang ahli dalam membuat program komputer.
  • Trainer, adalah orang yang memberi pelatihan dibidang komputer.
Demikianlah beberapa penjelasan mengenai komputer semoga bisa memberi gambaran bagi yang baru mengenal komputer dan berniat memperdalam ilmu komputer.

0 komentar

Post a Comment