Sunday, March 8, 2015

Mengenal Jenis dan Fungsi Prosesor komputer

Prosesor atau dalam bahasa inggris disebut processor adalah bagian komputer yang berfungsi sebagai otak yang mengolah data, menjalankan proses dan perintah serta merupakan pengendali kerja perangkat komputer lainnya. Artinya seberapa cepat sebuah komputer berfikir dan menjalankan perintah sangat bergantung sekali pada prosesor.

Kinerja prosesor komputer berdasarkan frekuensi clock sebuah prosesor. Olah karena itu satuan kecepatan prosesor dinyatakan sama dengan satuan frekuensi yaitu Hertz(Hz). Semakin cepat frekuensi clock sebuah prosesor, semakin cepat pula dia menjalankan perintah. Saat ini kecepatan prosesor sudah sangat tinggi sampai diatas 3 Giga Hertz (3GHz) atau 3 Milyar Hertz.

Bagian-bagian prosesor

Didalam sebuah prosesor terdapat beberapa unit kecil yang membentuk kerja sebuah prosesor, yaitu :
  • Unit Control, adalah unit utama dari sebuah prosessor yang mengontrol program dan kinerja semua bagian prosessor.
  • Register, adalah sebuah memori kecil yang bersifat sementara dengan kecepatan yang sangat tinggi yang digunakan untuk menyimpan data yang sedang diproses.
  • ALU, ini adalah otak sebuah prosesor, yaitu unit yang melakukan penghitungan aritmatika dasar dan operasi logika boolean. Ada dua macam ALU yaitu ALU aritmatika dan ALU boolean. Selain itu, ALU juga berfungsi mengambil keputusan terhadap operasi logika yang diproses.
  • CPU interconnection (BUS), adalah sistem koneksi yang menghubungkan CPU dengan bagian-bagian komputer lain melalui perantara chipset Noth bridge dan South Bridge. North Bridge menghubungkan CPU ke RAM dan VGA, sedangkan South Bridge menghubungkan CPU ke semua bagian selain RAM dan VGA, seperti misalnya Harddisk, Mouse, Keyboard, USB, LAN dan Sound.

Jenis Prosesor

Ada beberapa jenis prosesor berdasarkan merk, soket inti dan bit prosesor. Jadi saat kita memilih prosesor, kita akan dihadapkan pada empat parameter utama tadi sebelum melihat berapa kecepatannya dan berapa harganya.

Merk prosesor yang terkenal adalah Intel dan AMD. Masing-masing merk ini memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti misalnya AMD cocok untuk main game namun panas dan kadang tidak stabil sedangkan Intel lebih cocok untuk selain game karena dianggap lebih stabil. Namun saat ini prosesor Intel juga relatif bagus untuk game seperti AMD.

Soket prosesor adalah tempat memasang prosesor pada motherboard. Pada perkembangan generasi prosesor, tiap-tiap merk merilis prosesor dalam berbagai soket. Seperti misalnya prosesor intel dulu dikenal dengan soket 478 saat era pentium 4 kemudian berkembang menjadi soket 775 saat era dual core dan sekarang yang terbaru soket 1155 pada prosesor Intel Core i3.

Inti prosesor dikenal dengan istilah core. Dulu prosesor masih menggunakan satu inti (single core) misalnya saat era pentium 4 kebelakang. Kini prosesor sudah berkembang menjadi multi core seperti misalnya Dual Core yang mempunyai dua inti, Quad Core yang mempunyai empat inti dan Octa Core yang mempunyai 8 inti.

Jumlah bit prosesor merupakan jumlah bit yang dijalankan prosesor setiap kali ia menjalankan satu perintah. Bit adalah satuan bilangan biner, dimana 1 byte sama dengan 8 bit. Berdasarkan jumlah bit-nya saat ini prosesor dibedakan menjadi dua macam, yaitu prosesor 32 bit dan prosesor 64 bit.

Prosesor 32 bit menjalankan 32 bit perintah dalam satu proses dan prosesor 64 bit menjalankan dua kali lebih banyak, yaitu sejumlan 64 bit. prosesor 64bit bisa menjalankan sistem operasi 32 bit dan 64 bit, sedangkan prosesor 32 bit hanya dapat menjalankan sistem operasi 32 bit saja.

Fungsi Prosesor

Dalam sebuah komputer, fungsi prosesor sangat penting dan boleh dikatakan paling penting, yaitu menentukan kecepatan dan ketepatan kinerja komputer. Fungsi utama prosesor adalah sebagai otak komputer yang dipakai untuk berfikir dan memberi solusi untuk menyelesaikan masalah atau kasus atau tugas yang diberikan kepada komputer.

Prosesor berfungsi mengolah data yang diberikan melalui input, misalnya dari mouse, keyboard dan dari aplikasi yang sedang berjalan. Setelah diproses, selanjutnya prosesor menghasilkan output yang ditampilkan melalui output seperti display, printer dan suara.

Dalam menjalankan fungsinya, prosesor dibantu oleh dua penghubung yang disebut chipset, yaitu North bridge dan South Bridge. Dalam hal ini prosesor juga berfungsi sebagai pengendali kerja setiap bagian komputer. Prosesor akan mengontrol kerja RAM, VGA, Harddisk, Chipset, Mouse, Keyboard dan sebagainya. Prosesor tidak bekerja sendiri melainkan diperintah oleh program yang dibuat manusia melalui jalur input seperti Mouse dan Keyboard.

Itulah jenis-jenis dan fungsi prosesor komputer, semoga menambah wawasan dan bisa menjadi dasar dalam memilih prosesor. Yang perlu diketahui adalah saat ini hampir semua prosesor yang ada dipasaran sudah termasuk jenis prosesor 64 bit, jadi sebaiknya kita memilih sistem operasi 64 bit agar kerja prosesor dapat optimal. Tentang apa itu sistem operasi 64 bit insyaAllah akan dijelaskan pada artikel selanjutnya.

0 komentar

Post a Comment