Wednesday, March 4, 2015

Macam-macam Software Komputer

Software adalah perangkat lunak yang berfungsi menjalankan komputer. Jika pada tulisan sebelumnya kita telah belajar tentang macam-macam hardware komputer, maka software komputer inilah yang membuat hardware-hardware tersebut dapat berfungsi dan bekerja dengan baik. Software komputer ini berupa kode-kode biner yang disimpan dalam sebuah file dalam media penyimpanan seperti harddisk, disk, eeprom dan lain-lain.

Ada dua klasifikasi software komputer menurut fungsinya, yaitu sistem operasi dan aplikasi. Sistem operasi adalah software utama yang membuat lingkungan operasional bagi semua aplikasi pada komputer. Sedangkan aplikasi adalah software yang dibuat secara khusus untuk mengerjakan tugas tertentu.

Sistem Operasi (Operating System)

Adalah software utama yang membuat sebuah komputer dapat bekerja dan mengerjakan beberapa tugas. Sistem operasi menciptakan sebuah lingkungan kerja bagi program-program aplikasi agar dapat dijalankan. Tanpa sistem operasi, sebuah komputer mungkin hanya bisa melakukan satu tugas saja, seperti saat pertama komputer ditemukan.

Sebuah sistem operasi harus mengandung setidaknya empat unsur berikut ini:
  • Boot, adalah program yang diload saat awal menjalankan sistem operasi yang berfungsi meletakkan kernel dan membuat lingkungan program dalam memory.
  • Kernel, adalah program inti dari sebuah sistem program yang menjadi dasar jalannya setiap aplikasi dan program lain pada sistem operasi.
  • Shell atau Command Interpreter , adalah sebuah sistem penterjemah perintah dari manusia ke komputer. Shell ini umumnya menerima perintah dari pengguna melalui keyboard.
  • Library, adalah program kecil yang dibuat untuk berbagai fungsi dasar dan standar yang dapat dipakai secara berulang atau bersamaan oleh beberapa aplikasi.
  • Driver, adalah software yang dibuat untuk pengenal/identifikasi sebuah hardware pada sistem operasi.
Ada beberapa macam sistem operasi yang populer saat ini, diantaranya:
  • Linux, adalah sistem operasi gratis berbasis Unix dan dirilis dalam lisensi open source. Sistem operasi Linux terbagi menjadi beberapa macam yang dikenal dengan distro. Ada banyak distro Linux diseluruh dunia, diantaranya yang terkenal adalah Ubuntu, Linux Mint, Red Hat, Debian dan Slackware. Untuk menggunakan Linux, kita tinggal download dari situsnya dan sudah bisa langsung diinstal pada komputer tanpa membeli lisensi.
  • Unix, adalah sistem operasi tertua yang merupakan dasar dari banyak sistem operasi termasuk Linux. Unix adalah merk dagang dari The Open Group yang mana lisensinya digunakan pada sistem operasi yang telah terbukti sesuai dengan definisi mereka. Unix pertama kali ditulis oleh Ken Thompson dengan bahasa assembly, namun dalam perkembangannya Unix kemudian ditulis dengan bahasa C oleh Dennis Ritchie dari AT&T Bell Labs. Versi komersial pertama UNIX diinstal pada New York Telephone Co pada tahun 1972 dibawah arahan Dan Gilean.
  • MacOS, adalah sistem operasi berbayar buatan Apple. Sistem operasi ini tidak dijual terpisah melainkan satu paket dengan komputer Apple, yaitu Macintosh atau lebih dikenal dengan Mac saja. Macintosh mirip dengan Linux, yaitu sama-sama berbasis Unix. Penamaan versi Macintosh diambil dari nama-nama binatang seperti Tiger, Loepard, Snow Leopard, Lion dan sebagainya.
  • BSD, adalah sistem operasi berbasis Unix yang dikembangkan oleh Barkeley. BSD sendiri merupakan singkatan dari Berkeley Software Distribution. Ada beberapa varian BSD diantaranya FreeBSD, NetBSD dan OpenBSD. Sistem operasi BSD banyak dipakai pada Web Server, namun demikian BSD juga dapat dipakai pada komputer personal.
  • Solaris, adalah sistem operasi yang juga berbasis Unix yang merupakan produk dari Sun Microsystem. Awalnya Solaris merupakan sistem operasi varian dari BSD yang diberi nama SunOS. Pada 4 September 1991 Sun mengumumkan mengganti SunOS 4 menjadi SunOS 5 yang dipasaran kemudian dikenal dengan nama Solaris. Kini Solaris dikenal dengan Oracle Solaris setelah Sun Microsystem diakuisisi oleh perusahaan software Oracle pada januari 2010. Penggunaan sistem operasi Solaris banyak dipakai pada Workstatios dan Server.
  • Windows, adalah sistem operasi berbayar yang dibuat oleh Microsoft. Sistem operasi ini berkembang dari waktu ke waktu dengan versi terbaru saat tulisan ini dibuat adalah Windows 8. Beberapa versi Windows sebelumnya adalah Windows 3.11, Windows 95, Windows 2000, Windows ME, Windows XP, Windows Vista dan Windows 7. Untuk bisa menggunakan Windows, kita harus membeli lisensi dari Microsoft, tanpa itu berarti kita telah membajak dan menggunakan Windows secara ilegal.

Aplikasi (Aplication)

Adalah software yang berjalan pada sistem operasi dan khusus dibuat untuk tujuan tertentu. Aplikasi merupakan software yang membantu kegiatan kita dan membantu mengerjakan tugas kita sehari-hari seperti mengetik, membuat laporan, membuat design, browsing, chatting, ngeblog, dan lain-lain.

Dari banyaknya aplikasi yang ada pada komputer, setidaknya dapat kita bagi menjadi beberapa jenis berikut ini:
  • Perkantoran (Office), adalah aplikasi yang dibuat untuk mengerjakan tugas-tugas perkantoran seperti mengetik, membuat laporan, presentasi dan manajemen database. Contoh aplikasi menggambar yang populer adalah paket Microsoft Office yang terdiri dari beberapa aplikasi perkantoran seperti Microsoft Word, Excel dan Powerpoint. Selain itu ada aplikasi perkantoran lain yang tidak kalah dari Microsoft Office seperti Libre Office, Kingsoft Office dan Open Office.
  • Dokumen Viewer, adalah aplikasi yang digunakan untuk membuka dokumen portabel (PDF). Contoh aplikasi pembuka PDF adalah Adobe Reader, Foxit Reader, Okular dan Evince.
  • Menggambar Teknik (Drawing), adalah aplikasi yang dibuat untuk membantu pekerjaan gambar teknik seperti arsitek, menggambar PCB dan skema. Contoh aplikasi menggambar teknik yang populer adalah Autocad, ProgeCad, Mastercam, ProEngineer. Sedangkan aplikasi menggambar PCB yang populer adalah Diptrace, Altium, PCAD, Protel, Eagle dan Proteus.
  • Design Grafis, adalah aplikasi yang berfungsi membantu pekerjaan design grafis seperti membuat banner, edit foto dan membuat logo. Aplikasi design grafis yang populer adalah Corel, Photoshop, Gimp dan InkScape.
  • Browser, adalah aplikasi untuk membuka website melalui jaringan internet. Browser-browser terkenal saat ini diantaranya Google Chrome, Mozilla Firefox, Apple Safari dan Opera.
  • Multimedia, adalah aplikasi yang berhubungan dengan file-file multimedia seperti audio dan video. Contoh aplikasi pemutar audio yang populer adalah Winamp, Jetaudio, Amarok, Clementine dan Exaile. Sedangkan pemutar multimedia audio video yang populer diantaranya Windows Media Player, VLC Player, KM Player, K-lite Player dan GOM Player.
  • Konverter, adalah aplikasi yang berfungsi mengubah format sebuah file. Contoh konverter multimedia yang terkenal adalah Format Factory. Selain itu ada juga konverter file lain seperti Foxit Phantom dan PDF Creator yang mengubah file Office menjadi PDF dan banyak lagi konverter-konverter yang lainnya.
  • Development, adalah aplikasi yang berfungsi untuk membuat aplikasi. Contoh aplikasi development yang terkenal adalah Visual C++, Visual Basic dan Delphi yang masing-masing bekerja pada sistem operasi Windows. Contoh lain aplikasi development untuk membuat website seperti misalnya Geany, Notepad++, Dreamweaver dan Aptana Studio. Untuk kalangan elektronika seperti saya juga ada aplikasi develompent microcontroller seperti AVR Studio, Codeblock, GCC Compiler dan AVRdude.
  • File Manager, adalah aplikasi untuk manajemen file pada komputer seperti browse file, copy, pindah dan rename file juga termasuk menghapus file (delete). Contoh aplikasi file manager pada Linux adalah Dolphin, Nemo, Caja dan Nutilus. Sedangkn contoh aplikasi file manager pada Windows yang terkenal adalah Windows Explorer.
  • Utility, adalah aplikasi yang dibuat untuk membantu melakukan tindakan-tindakan pada komputer seperti perbaikan dan perawatan (maintenance). Contoh aplikasi Utility yang dulu sering saya pakai adalah Partition Magic, Gparted, Unetbootin, Tune up Utilities dan Easy Recovery.
  • Security, adalah aplikasi yang berfungsi mengamankan komputer dari serangan perusak dan pengganggu. Aplikasi security ini meliputi Antivirus, Firewall dan Defender. Contoh aplikasi Security yang populer adalah Kaspersky, Eset, Norton Antivirus, Bit Defender dan AVG Antivirus.
  • Permainan (Game), adalah aplikasi yang digunakan oleh pengguna untuk bermain menggunakan komputer. Banyak sekali aplikasi permainan misalnya yang populer adalah permainan kartu Solitaire, Frecell dan Hearts. Selain itu ada juga contoh permainan lain seperti Zuma, Age of Empires dan tentunya permainan sepak bola yang terkenal yaitu Pro Evolution Soccer.
  • Messaging, adalah aplikasi untuk berkirim pesan melalui komputer. Contoh aplikasi perpesanan diantaranya Yahoo Messenger, Google Talk, Pidgin, KDE IM dan Skype.
  • Emulator, adalah aplikasi yang menjembatani aplikasi beda platform agar bisa berjalan pada sebuah sistem operasi. Contoh aplikasi emulator yang terkenal adalah Wine yang menjembatani program under Windows agar dapat berjalan pada sistem operasi Linux.
Demikian beberapa penjelasan tentang macam-macam software komputer dan fungsinya. Tentunya masih jauh dari kata lengkap, oleh karena itu silahkan menambahkan pada kolom komentar. Semoga bermanfaat dan membantu bagi yang sedang belajar komputer.

0 komentar

Post a Comment