Tuesday, March 3, 2015

Macam-Macam Hardware Komputer

Hardware adalah seperangkat alat atau komponen elektronik yang dirangkai memenuhi kriteria penyusun arsitektur komputer. Ada macam-macam hardware yang membentuk sebuah komputer. Masing-masing hardware komputer ini tersusun dari komponen-komponen elektronik dan mekanik yang dirakit sehingga membentuk modul atau part. Selanjutnya modul atau part ini diberi nama sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Hardware komputer ini merupakan perangkat keras yang bisa kita lihat, kita pegang, kita dengar dan bisa digerak-gerakkan dan sebagainya. Ada beberapa hardware yang ada pada komputer. Masing-masing hardware ini memiliki fungsi tertentu yang berbeda satu sama lain.

Berikut ini macam-macam hardware komputer dan penjelasannya :

1. Mainboard atau Motherboard

Adalah bagian utama komputer yang berisi banyak circuit yang berfungsi menyatukan kerja bagian komputer lainnya. Pada motherboard terdapat banyak circuit diantaranya Chipset, Bios dan Regulator.
hardware komputer : mainboard
Contoh Motherboard Gigabyte  GA-H61M-DS2
Pada motherboard juga terdapat banyak soket penghubung diantaranya soket untuk prosesor, RAM, SATA dan PCI-E. Pada motherboard untuk komputer desktop biasanya juga terdapat rear panel yang berisi soket PS-2 untuk mouse dan keyboard, soket VGA untuk koneksi ke monitor, soket LAN dan beberapa terminal USB.

Motherboard komputer yang baik disusun oleh komponen-komponen yang berkualitas dan sudah teruji kehandalannya. Hal ini karena motherboard adalah jalur lalu-lintas utama dalam setiap proses yang terjadi pada komputer, jadi harus kuat dan stabil.

2. Prosesor

Adalah otak sebuah komputer yang berfungsi mengolah data. Kemampuan sebuah prosesor didasarkan pada kecepatannya yang biasanya dinyatakan dalam satuan Hertz, misalnya 2 GHz (2 Giga Hertz). Nilai ini merupakan gambaran sederhana berapa kecepatan prosesor dalam menjalankan perintah, sebagai contoh sebuah prosesor dengan kecepatan 2.0GHz dapat menjalankan sekitar dua milyar perintah per detik.
hardware komputer : prosesor
Contoh Prosesor Intel Core i7
Perkembangan prosesor dari waktu ke waktu dapat dilihat dari kecepatan prosesor yang semakin tinggi dan diikuti dengan ukuran prosesor yang semakin kecil. Seiring dengan tuntutan akan proses multitasking (banyak tugas), maka sekarang prosesor menjadi semakin canggih dengan beberapa inti, seperti dual core (2 inti), quad core(4 inti) dan octa core (8 inti).

3. RAM (Random Access Memory)

Adalah sebuah media penyimpan sementara yang membantu kerja prosesor dalam mengolah data. Data yang ada pada RAM akan hilang jika sistem power pada komputer mati atau dicabut. Pada kehidupan sehari-hari fungsi RAM mirip dengan meja kerja, dimana setiap pekerjaan yang kita lakukan disimpan sementara didalam RAM.

hardware komputer : ram
Contoh RAM 4GB DDR3
Berbeda dengan Prosesor, RAM memiliki setidaknya dua parameter utama yaitu kapasitas penyimpanan dan kecepatan transfer data. Ukuran penyimpanan data RAM dinyatakan dalam Byte sedangkan kecepatan transfer data RAM dinyatakan dalam Hertz. Sebagai contoh RAM 4GB DDR3 1333MHz PC3-10600 memiliki kapasitas data sebesar 4GB dan kecepatan transfer sebesar 1333MHz.

4. Harddisk

Adalah media untuk menyimpan data pada komputer yang bersifat permanen. Artinya data pada harddisk tidak hilang ketika sistem power dimatikan. Kapasitas penyimpanan data sebuah harddisk dinyatakan dalam Byte. Harddisk ditemukan  pertama kali oleh Reynold Johnson di tahun 1956. Saat itu harddisk hanya memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 4.4 MB saja.

hardware komputer : harddisk
Contoh Harddisk 2TB dari WDC
Sekarang dipasaran sudah banyak kapasitas harddisk yang mencapai Terra Byte, 1 Tera Byte kurang lebih sama dengan 1 Trilyun Byte.  Kebanyakan harddisk baru sudah menggunakan koneksi kabel SATA, yaitu sistem koneksi kabel kecil yang menggantikan sistem lama dengan koneksi IDE dengan kabel 40pin. Sistem SATA memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat dari IDE, bahkan SATA3 tercatat mampu mencapai kecepatan tertinggi hingga 16 Gb/s.

5. Monitor

Adalah alat untuk menampilkan output gambar dari komputer. Saat ini monitor didominasi oleh jenis LCD dan LED. Dahulu monitor dibuat dari tabung sinar katoda seperti pada TV konvensional (tabung kaca). Ukuran layar monitor dinyatakan dalam inch dan resolusi tampilan monitor dinyatakan dalam pixel. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer, perkembangan resolusi monitor kini semakin halus yang dikenal dengan gambar High Definition (HD).
hardware komputer : monitor
Contoh Monitor LCD
Koneksi monitor ke komputer dulu menggunakan jenis konektor VGA model DB25. Kini koneksi monitor ke komputer menjadi lebih canggih setelah ditemukan teknologi HDMI (High Definition Multimedia Interface). Teknologi ini mengirimkan sinya diginal sehingga meningkatkan kualitas gambar yang dihasilkan. Selain itu, kabel HDMI juga bisa mengirimkan sinyal gambar dan suara (audio) ke monitor secara bersamaan.

6. Mouse dan Keyboard

Keyboard adalah papan ketik yang berfungsi menerima memasukkan huruf, angka, simbol dan lainnya yang ada pada papan ketik tersebut untuk dikirimkan ke input komputer. Tata letak pada keyboard komputer mengikuti model layout dari mesin ketik tradisional, yaitu model tata letak QWERTY.
hardware komputer : keyboard
Contoh Chrome Keyboard buatan Samsung
Sedangkan mouse adalah alat pointer yang digunakan menggerakkan kursor pada layar monitor. Mouse juga bisa digunakan untuk menjalankan beberapa hal melalui tombol klik uang disematkan kepadanya. Ada dua jenis mouse yang umum dipakai yaitu dengan satu tomboldan dua tombol. Mouse satu tombol merupakan ciri khas dari komputer Apple.
hardware komputer : mouse
Contoh Mouse tanpa kabel buatan Logitech
Koneksi keyboard ke komputer dulu menggunakan model DIN dan mouse menggunakan koneksi serial dengan konektor DB9. Kemudian pada era komputer pentium, kneksi mouse dan keyboard menjadi lebih kecil dengan model PS/2. Sekarang koneksi mouse dan keyboard sudah menggunakan konektor USB sehingga lebih universal. Bagi yang terganggu dengan kabel, sekarang juga sudah ada mouse dan keyboard tanpa kabel (wireless) yang menggunakan teknologi bluetooth.

7. Optical Drive

Adalah alat untuk membaca dan atau menulis pada kepingan disk CD, DVD atau BlueRay Disk. Alat yang digunakan untuk membaca disk saja disebut ROM seperti CD-ROM dan DVD-ROM. Sedangkan alat yang bisa merekam data ke dalam disk disebut RW seperti CD-RW dan DVD-RW.

Selain CD dan DVD, sekarang sudah ada pembaca dan perekam disk dengan format Blue Ray, yaitu disk yang bisa menyimpan hingga 32GB dan biasanya dipakai untuk distribusi Film.
hardware komputer: blue ray
Contoh Blue Ray Device BUatan Samsung
Kecepatan pembacaan data sebuah CD atau DVD ROM dinyatakan dalam kali (x). Misalnya pada pembacaan CD, satu kali (1x) berarti 0.15 MBps atau 1.2 Mbps. Sedangkan pada pembacaan DVD, satu kali (1x) berarti 1.32 MBps atau 10.56 Mbps. Untuk kecepatan pembacaan Cd saat ini sudah mencapai 52x dan DVD sudah mencapai 32x.

8. Power Supply

Adalah alat yang menyediakan daya untuk setiap bagian komputer seperti untuk Motherboard, Harddisk dan Optical Drive. Prinsip kerja power supply ini menurunkan tegangan listrik 220V menjadi tegangan kecil yang sesuai dengan nilai tegangan operasi dari hardware. Seperti misalnya untuk supply daya sebuah harddisk kita membutuhkan tegangan +5V dan +12V.
hardware komputer : power supply
Contoh Power Supply Komputer
Power supply komputer menggunakan sistem switching, sehingga lebih efisien dan ringan. Kapasitas sebuah power supply kmputer dinyatakan dalam Watt (W), seperti misalnya yang banyak tersedia dipasaran adalah power supply 380W dan 450W. Output dari power supply terdiri dari banyak kabel, misalnya kabel 20+4pin yang menuju motherboard dan kabel 4 pin yang menuju harddisk atau optical drive.

9. Printer dan Scanner

Printer adalah hardware komputer yang digunakan untuk mencetak dokumen. Sedangkan scanner adalah alat untuk menyalin sebuah gambar manjadi file. Ada beberapa jenis printer, misalnya printer dot matrik (menggunakan pita), printer tinta dan printer laser (menggunakan toner).
hardware komputer : printer dan scanner
Contoh Printer dan Scanner buatan Canon
Dulu printer dihubungkan ke komputer menggunakan port paralel dengan kabel 25 pin. namun seiring dengan perkembangan USB, sekarang Printer dan Scanner juga sudah bisa dihubungkan ke komputer menggunakan koneksi USB.

Selain dari beberapa hardware diatas sebenarnya ada beberapa hardware lain yang bersifat tambahan seperti misalnya Card (VGA Card, Sound Card atau LAN Card) dan juga hardware yang sekarang sudah punah seperti misalnya Floppy Disk.

2 komentar: