Friday, March 27, 2015

Cara Menggunakan Perangkat Smartphone Android (Pemula)

Menggunakan perangkat android bagi sebagian orang merupakan hal baru, terutama bagi yang sama sekali jarang bersentuhan dengan dunia komputer atau laptop. Cara menggunakan perangkat smartphone android relatif berbeda dengan penggunaan ponsel sebelumnya.

Pengguna akan dihadapkan pada teknologi yang benar-benar baru tentang bagaimana cara menelepon dan berkirim pesan sms, bagaimana menjalankan aplikasi dan tentu saja bagaimana menginstal dan mengelola aplikasi sendiri. Agar lebih memahami silahkan baca dulu artikel Mengenal Perangkat Smartphone Android yang berisi tentang keterangan penggunaan perangkat.

Berikut ini akan saya bagikan panduan singkat cara menggunakan smartphone android bagi pemula untuk hal-hal dasar.

Cara mempersiapkan perangkat smartphone Android pertama kali

  1. Silahkan buka perangkat smartphone android dari dalam kardus pembungkus.
  2. Pastikan kelengkapan perangkat seperti battery dan headset lengkap.
  3. Pasang kartu SIM (SIM Card) pada perangkat, pastikan jenis kartu SIM sesuai dengan slot yang tersedia.
  4. Pasang kartu memori pada slot kartu memori, biasanya jenis Micro SD Card. Jika belum punya bisa diabaikan, namun disarankan untuk menggunakan tambahan kartu memori agar penyimpanan pada perangkat android bisa lega.
  5. Pastikan semuanya telah terpasang dengan benar baru pasang battery pada perangkat.
  6. Nyalakan perangkat dengan menekan tombol Daya dan tahan beberapa saat sampai layar menyala. Biasanya pertama kali tampil merk atau tipe perangkat.
  7. Tunggu beberapa saat karena proses booting (nyala awal) sebuah perangkat android membutuhkan waktu yang lebih lama dari ponsel biasa.
  8. Jika perangkat normal akan tampil halaman Home Screen atau pada beberapa perangkat langsung diminta untuk memasukkan akun Google.
  9. Jika diminta memasukkan akun Google, silahkan masukkan saja alamat email Google (gmail) dan passwordnya. Bagi yang belum punya silahkan ikuti panduan pada artikel cara membuat akun Google untuk android.

Mengenal tampilan layar perangkat smartphone android

  1. Layar perangkat smartphone android kebanyakan (mungkin semua) menggunakan teknologi layar sentuh.
  2. Untuk berinteraksi dengan perangkat dilakukan dengan menyentuh layar dengan berbagai cara seperti mengetuk, menyentuh tahan dan geser lalu ada juga dengan menyubit layar dan masih banyak lagi model sentuhan layar lainnya.
  3. Tampilan layar saat pertama kali dihidupkan merupakan tampilan halaman depan atau yang sering disebut dengan Home Screen atau halaman Home.
  4. Pada halaman Home terdapat beberapa icon, yaitu sebuah gambar kecil yang merupakan jalan pintas untuk menjalankan aplikasi.
  5. Pada halaman Home hanya terdapat beberapa icon aplikasi, untuk melihat semua icon aplikasi silahkan masuk ke menu, biasanya iconnya bergambar titik-titik bisa bulat atau kotak tergantung model tampilan (theme).
  6. Pada bagian bawah halaman Home terdapat deretan icon aplikasi yang disebut dengan aplikasi favorit.
  7. Untuk menambahkan atau mengganti icon pada halaman Home baik pada layar utama maupun pada daftar aplikasi favorit bisa dilakukan dengan menekan icon dalam waktu yang agak lama lalu pilih opsi yang tersedia.
  8. Pada bagian atas halaman Home terdapat tampilan informasi sinyal, battery, koneksi data dan notifikasi even baru.
  9. Setiap ada even baru seperti pesan masuk atau panggilan tak terjawab biasanya akan ada bagian atas ini.
  10. Pada beberapa model tampilan biasanya terdapat beberapa halaman Home, kita bisa memilih halaman Home dengan menyentuh layar dan menggeser ke kiri atau ke kanan.
  11. Selain halaman Home dan daftar icon aplikasi, pada layar juga terdapat panel notifikasi yang tampil jika diinginkan saja.
  12. Untuk melihat panel notifikasi pada layar silahkan sentuh layar dibagian atas lalu tahan dan geser kebawah. Akn tampil beberapa icon notifikasi seperti koneksi data, bluetooth, wifi, gps dan sebagainya.
  13. Jika dibiarkan lama tidak dipakai biasanya layar android akan terkunci secara otomatis.
  14. Untuk membuka kunci secara default biasanya bisa dilakukan dengan menyentuh dan menggeser layar ke arah tidak terkunci. Cara ini biasanya jika pengaturan keamanan belum diubah ke dalam bentuk pola atau password atau yang lainnya.

Cara menambahkan dan mengelola kontak pada perangkat smartphone Android

  1. Untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan kontak silahkan buka aplikasi Kontak, biasanya icon gambar orang.
  2. Pada perangkat android disediakan aplikasi impor dan ekspor kontak.
  3. Jika kita mempunyai kontak dari perangkat ponsel lama bisa diekspor ke dalam perangkat android. Biasanya data kontak berupa file vcf.
  4. Untuk mengimpor kontak silahkan masuk ke aplikasi Kontak lalu pilih pengaturan kemudian pilih Impor /Ekspor dan arahkan ke file vcf.
  5. Selain impor kontak, kita juga bisa menambahkan kontak baru pada perangkat android.
  6. Untuk membuat kontak silahkan masuk ke aplikasi kontak lalu ketuk tanda + kemudian isi data-data kontak baru seperti nama dan nomor hp.
  7. Kita bisa mengelola kontak yang sudah ada seperti mengedit atau menghapus kontak.
  8. Untuk mengedit atau mengubah data kontak silahkan pilih kontak yang akan diedit lalu ketuk tanda pensil kemudian setelah selesai mengubah data pilih simpan.
  9. Untuk menghapus kontak silahkan pilih kontak yang akan dihapus lalu ketuk tanda Hapus.
  10. Untuk mencari kontak dengan cepat silahkan ketik nama atau nomor pada kotak pencarian pada aplikasi Kontak.

Cara melakukan panggilan, menerima panggilan dan melihat data panggilan pada perangkat smartphone Android

  1. Untuk melakukan sesuatu yang berkaitan dengan panggilan seperti akan melakukan panggilan dan melihat data panggilan silahkan masuk ke aplikasi Telepon, biasanya icon gambar gagang telepon.
  2. Jika ada panggilan yang masuk kita jawab dengan menyentuh tahan dan geser lingkaran warna hijau.
  3. Untuk melakukan panggilan telepon silahkan masuk ke aplikasi Telepon atau Phone.
  4. Silahkan masukkan nomor hp yang akan dipanggil.
  5. Jika nomor yang dipanggil ada dalam daftar kontak silahkan masuk ke aplikasi kontak didalam aplikasi telepon lalu pilih kontak yang akan ditelepon.
  6. Untuk melihat daftar riwayat telepon silahkan masuk ke aplikasi Telepon lalu lihat pada log, akan tampak data panggilan masuk, panggilan keluar dan panggilan tak terjawab.

Cara mengirim, menerima dan mengelola SMS pada perangkat smartphone Android

  1. Untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan SMS silahkan masuk ke aplikasi Pesan atau Message.
  2. Secara default akan tampil data pesan dalam format thread view, yaitu pengelompokan pesan berdasarkan kontak dengan tampilan percakapan model forum.
  3. Untuk melihat detail percakapan silahkan ketuk pada salh satu kontak yang dimaksud.
  4. Untuk mengirim pesan atau membalas pesan yang masuk silahkan ketik pada kotak teks yang tersedia lalu pilih kirim.
  5. Untuk mengirim pesan pada kontak baru yang belum ada pada tampilan thread, silahkan ketuk tanda + pada layar kemudian pilih kontak yang dituju lalu isi pesan pada kotak teks yang tersedia.
  6. Untuk menghapus pesan satu per satu silahkan masuk ke salah satu thread kontak kemudian sentuh lama pada pesan kemudian pilih hapus.
  7. Untuk menghapus salah satu thread kontak silahkan sentuh lama pada thread kontak yang dimaksud kemudian pilih hapus.
  8. Untuk menghapus banyak thread silahkan pilih hapus thread pada menu dalam aplikasi Pesan kemudian tandai yang akan dihapus dan setelah selesai pilih hapus.
  9. Untuk membackup pesan dan mengembalikan pesan yang dibackup gunakan aplikasi tambahan karena belum ada pada menu aplikasi.

Cara menjalankan, menginstal dan mengelola aplikasi pada perangkat smartphone Android

  1. Untuk menjalankan sebuah aplikasi bisa dlakukan dengan mengetuk icon aplikasi pada halaman home atau pada tampilan halaman aplikasi.
  2. Jika akan menjalankan aplikasi lain tanpa menutup aplikasi yang sedang berjalan silahkan tekan tombol Home lalu jalankan aplikasi baru yang dimaksud.
  3. Untuk mengetahui daftar aplikasi yang sedang berjalan silahkan tekan atau sentuh tombol Aplikasi Terbaru.
  4. Untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan bisa dilakukan dengan keluar dari aplikasi atau menyentuh dan menggeser aplikasi (seperti gerakan membuang) melalui daftar aplikasi yang muncul saat ditekan tombol aplikasi Terbaru.
  5. Untuk menginstal aplikasi bisa dilakukan melalui Google Play Store atau dengan File APK.
  6. Jika akan menginstal aplikasi dengan file APK biasanya akan diminta untuk mengubah pengaturan ijin sumber aplikasi.
  7. Untuk menghapus aplikasi yang sudah terinstal silahkan masuk ke aplikasi pengaturan dengan icon gambar roda gigi lalu masuk pada menu aplikasi kemudian pilih aplikasi yang akan dihapus instalannya.
  8. Untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke kartu memori (micro sd) atau sebaliknya silahkan ketuk aplikasi yang dimaksud lalu ketuk tombol pindahkan aplikasi.

Cara mengambil gambar, melihat foto, memainkan file audio mp3 dan memainkan video pada perangkat smartphone Android

  1. Untuk mengambil gambar pada perangkat android bisa dilakukan dengan cara screenshot layar atau mengambil gambar melalui kamera.
  2. Melalui kamera kita bisa mengambil gambar diam(foto) atau gambar bergerak (video), silahkan pilih mode kamera mau diset foto (icon kamera pocket) atau video (icon kamera handycam).
  3. Gambar dan video yang diambil bisa dilihat dan dimainkan pada aplikasi Foto atau Video player. Silahkan klik aplikasi Image atau Picture untuk melihat foto dan aplikasi Video untuk memutar video hasil rekaman kamera tadi.
  4. Untuk memainkan file audio mp3 silahkan buka aplikasi Music lalu atur volume secukupnya.
  5. Suara dari music dan video bisa didengarkan melalui speaker atau melalui headse
  6. Jika tidak puas dengan aplikasi bawaan dari pabrik silahkan pilih dan instal sendiri aplikasi dari Google Play Store.
Itulah beberapa cara dasar dalam menggunakan perangkat smartphone android. Sebetulnya menggunakan android akan mudah jika sudah terbiasa. Yang penting adalah jangan takut mencoba dan takut salah. Selain itu terus belajar dan bertanya pada teman atau pada Google malalui internet akan sangat membantu proses belajar dan mengenal perangkat Android.

3 komentar:

  1. Terima kasih u/pencerahannya bro, sgt bermanfaat & berguna sekali buat sy, Thanks...(Y) (Y) (Y)

    ReplyDelete
  2. Mantap, jarang-jarang ada yang mau bikin artikel tentang apa itu OS Android dan tata cara penggunaan Android untuk pemula, memang suatu pencerahan khususnya bagi para pemula yang ingin mengenal lebih dalam lagi tentang OS Android. Good Job

    ReplyDelete
  3. harusnya dikasih gambar min

    ReplyDelete