Thursday, March 26, 2015

Cara Membuat Akun Google Untuk Android

Untuk dapat menggunakan semua fitur pada perangkat android seperti Google Play Store kita harus mempunyai akun Google. Google Play Store adalah tempat berkumpulnya aplikasi untuk android. Setelah masuk ke Play Store kita bisa memilih aplikasi lalu menginstalnya pada perangkat android. Ada aplikasi yang berbayar namun banyak juga aplikasi yang gratis. Nah, akun Google ini akan diminta saat kita akan login ke Google Play Store.

Apa itu Akun Google ?

Akun Google sebenarnya adalah sebuah alamat email dan password. Dulu kita menyebut ini sebagai alamat gmail namun seiring dengan perkembangan layanan Google maka alamat gmail sekarang diintegrasikan dengan semua layanan Google dengan sebutan akun Google.

satu akun untuk semua layanan google
Kita hanya perlu satu akun Google kita bisa menggunakan beberapa layanan seperti Mail, Youtube, Google+, Google Drive dan tentu saja Google Play Store. Jika kita browsing dengan komputer maka secara otomatis layanan Google ini akan mendeteksi login kita ke salah satu akun. Dengan demikian kita tidak perlu login berulang-ulang pada setiap layanan.

Setiap kali membuat akun Google maka secara otomatis kita sudah terdaftar pada semua layanan Google. Kita akan otomatis mempunyai email dengan akhiran gmail.com dan profil Google+. Setiap akun Google diberi kuota 15GB, berlaku untuk penyimpanan misalnya email dan Google Drive. Akun Google ini tidak memiliki masa aktif, sehingga tidak perlu khawatir akun dinon aktifkan jika kita tidak login dalam waktu lama.

Cara Membuat Akun Google untuk Android

Akun Google bisa kita dapatkan secara gratis tanpa harus membayar. Untuk memperoleh akun Google kita hanya perlu melakukan registrasi dihalaman signup Google kemudian melengkapi data lalu akan dipandu dengan step-step berikutnya yang relatif mudah.

Berikut ini urutan proses membuat akun Google :

1. Buka halaman pendaftaran Google di alamat https://accounts.google.com/signup, akan tampak form registrasi seperti berikut ini:
form pendaftaran akun google
2. Ini form pendaftaran dengan data yang benar sesuai petunjuk berikut ini :
  • Nama Depan, diisi dengan nama depan misalnya: Eko
  • Nama Belakang, diisi dengan nama belakang misalnya: Purnomo
  • Pilih nama pengguna, diisi dengan nama pengguna bebas menggunakan huruf dan angka dengan syarat belum dipakai orang lain. Jika nama pengguna sudah dipakai akan ada keterangan bahwa nama pengguna tersebut sudah digunakan oleh orang lain.
  • Buat Sandi, diisi dengan password atau kata sandi dari akun Google yang akan dibuat.
  • Konfirmasi Sandi, diisi sama persis dengan kata sandi. Ini berfungsi bahwa kata sandi yang kita masukkan benar-benar sesuai dengan apa yang kita inginkan dan tidak terjadi salah ketik atau kurang huruf dan sebagainya.
  • Tanggal lahir, diisi dengan tahun, bulan dan tanggal kelahiran kita.
  • Gender, diisi dengan jenis kelamin
  • Ponsel, boleh tidak diisi boleh tidak. Ponsel ini diisi dengan nomor hp yang terkait dengan akun Google. Nomor hp ini dibutuhkan untuk verifikasi dan pemulihan akun jika ada masalah dikemudian hari seperti lupa password atau kata sandi.
  • Alamat email saat ini, diisi dengan alamat email yang sudah ada. Jika belum punya bisa dikosongi.
  • Pilih verifikasi dengan captha atau dengan nomor hp.
  • Jika memilih verifikasi dengan nomor silahkan centang/check lewati verifikasi ini.
  • Jika memilih verifikasi dengan captcha biarkan saja (jangan centang) lalu isikan pada kolom Ketik teks sesuai dengan teks yang ada pada captcha.
  • Pilih lokasi, misalnya Indonesia.
  • Klik saya menyetujui persyaratan layanan... dan seterusnya lalu klik Langkah berikutnya.
3. Akan tampak halaman verifikasi akun seperti berikut ini, silahkan isi dengan nomor hp kita lalu pilih metode verifikasi dengan SMS atau panggilan suara.
pilih verifikasi akun google
4. Klik lanjutkan dan kita akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS atau panggilan suara tadi.
masukkan kode verifikasi akun google
5. Setelah selesai klik lanjutkan dan proses membuat akun Google telah selesai.

1 komentar:

  1. Terima kasih untuk tutorialnya Gan...

    Manfaat Website Terbaik di Indonesia
    Kenali Jasa Pembuatan Website Untuk Bisnis Anda

    ReplyDelete