Sunday, March 29, 2015

Cara Instal Aplikasi Pada Perangkat Android

Salah satu yang membuat android berkembang dengan pesat adalah tersedianya banyak aplikasi yang bisa diinstal secara gratis pada perangkat android. Aplikasi-aplikasi ini bisa diinstal sendiri secara mudah oleh pengguna dengan menggunakan aplikasi Google Play Store. Tidak perlu kemampuan khusus untuk menginstal aplikasi pada perangkat android, bahkan anak kecil pun bisa melakukannnya.

Sebanarnya ada beberapa cara menginstal aplikasi pada perangkat android selain melalui aplikasi Google Play Store. Kita bisa menginstal aplikasi melalui akses Google Play pada komputer. Selain itu kita bisa juga menginstal aplikasi melalui file APK yang disediakan oleh pihak ketiga. Untuk cara yang satu ini perlu kehati-hatian karena aplikasi yang kita dapat dari pihak ketiga belum diverifikasi oleh tim Google Play.

1. Cara Menginstal Aplikasi pada perangkat Android melalui Aplikasi Google Play Store

Ini adalah cara termudah dan bisa dilakukan hampir semua perangkat android dengan sedikit pembelajaran. Dengan cara ini kita menginstal aplikasi yang ada pada penyimpanan di server Google Play Store. Aplikasi-aplikasi ini sudah terverifikasi dan aman untuk diinstal oleh pengguna android.

Logo Google Play
Yang dibutuhkan hanya sebuah akun Google untuk login saat pertama kali membuka aplikasi Google Play Store. Akun Google ini sebaiknya sama dengan akun Google yang terkait pada perangkat android yang kita gunakan.

Setelah berhasil login ke Google Play Store, kita akan disuguhi beberapa kategori aplikasi. Ada aplikasi yang gratis dan ada aplikasi yang berbayar bisa dilihat dari daftar harga yang muncul beserta tampilan aplikasi. Untuk aplikasi yang gratis bisa langsung kita instal pada perangkat android dan selanjutnya bebas untuk digunakan.

Screenshot aplikasi Play Store
Untuk mencari aplikasi dengan kategori tertentu atau yang berkaitan dengan hal tertentu, kita bisa gunakan fasilitas pencarian yang telah disediakan. pada hasil pencarian karang muncul dua kelompok yaitu aplikasi dan buku elektronik (ebook). Untuk menginstal aplikasi silahkan pilih hasil pencarian pada kelompok aplikasi.

Sebelum menginstal sebuah aplikasi yang belum dikenal sebaiknya baca dulu review-nya, lihat rating-nya, perangkat yang disupport dan kalau perlu baca komentar-komentar mereka yang sudah menginstal aplikasi tersebut lebih dahulu. Hal ini penting karena pada Google Play Store dipenuhi berjuta aplikasi yang membuat kita pengguna kadang menjadi bingung mau pilih yang mana.

2. Cara Menginstal Aplikasi pada perangkat Android melalui Komputer

Cara ini mirip dengan cara pertama namun kita melakukannya pada komputer bukan melalui aplikasi Google Play Store pada perangkat android. Prinsipnya sama yaitu kita menginstal aplikasi yang terdapat pada Google Play.

Tampilan website google play
Untuk bisa menginstal aplikasi dari komputer kita perlu membuaka alamat Google Play di https://play.google.com. Pada awalnya kita akan diminta login dengan akun Google yang kita miliki. Pastikan akun yang kita pakai untuk login adalah sama dengan akun Google pada aplikasi Play Store pada perangkat android yang akan diinstali aplikasi.

Setelah berhasil masuk Google Play, kita akan dihadapkan pada pilihan menu Aplikasi, Buku dan Kios (baru). Untuk menginstal aplikasi silahkan pilih menu Aplikasi disebelah kiri. Akan tampil beberapa aplikasi populer dan beberapa aplikasi yang disarankan. Untuk mencari aplikasi silahkan ketik kata kunci pada kolom pencarian (Telusuri) yang ada disebelah atas.

Setelah menemukan aplikasi yang diinginkan, silahkan klik saja nanti akan muncul halaman konfirmasi untuk memasang aplikasi. Jika kita klik tombol "Pasang", maka secara otomatis aplikasi akan didownload oleh perangkat android kita untuk kemudian diinstal seperti saat menginstal melalui aplikasi Google Play Store.

Yang perlu diperhatikan adalah sebelum menginstal aplikasi kita harus perhatikan hal-hal yang telah saya sebutkan diatas agar kita tidak kecewa dan rugi data untuk mendownload aplikasi. Apalagi sampai membuat perangkat kita hang (berhenti bekerja) saat menjalankan aplikasi yang beru diinstal karena aplikasi tersebut bermasalah jika dipasang pada perangkat kita.

3. Cara Menginstal Aplikasi pada perangkat Android dengan file APK

Jika cara pertama dan kedua kita lakukan secara online dengan koneksi internet, maka cara ketiga ini bisa dilakukan secara offline tanpa koneksi internet. Cara ini membutuhkan sebuah file APK dari aplikasi yang akan kita instal.

Contoh struktur file APK dari aplikasi Angry Birds Rio
APK adalah ekstensi atau pengenal untuk jenis Application Package File, yaitu sebuah file yang berisi file-file distribusi perangkat lunak pada perangkat android. Cara kerja dan struktur file APK ini mirip dengan file ZIP atau file CAB pada komputer, yaitu mengemas beberapa file jadi satu sekaligus mengkompresnya.

File APK yang kita butuhkan bisa diperoleh dari mendownload dari sebuah sumber diinternet atau komputer atau ponsel milik teman. File APK ini kemudian kita pindah ke ponsel kita melalui koneksi bluetooth atau kartu memori. Setelah berada pada perangkat android baru file APK ini bisa kita instal.

Yang perlu diperhatikan saat akan menginstal file APK ini adalah kita akan diblok oleh setting yang tidak mengijinkan instalasi file APK dari sumber lain. Setting ini harus kita non-aktifkan agar file APK bisa diinstal. Kita bisa menon-aktifkan setting secara permanen maupun secara sementara hanya saat menginstal sebuah file APK.

Proses instalasi file APK pada perangkat android sama dengan instal aplikasi dari Play Store. Letak perbedaannya hanya saat pengambilan sumber aplikasi saja. JIka pada aplikasi Play Store kita mengambil aplikasi dari server Google Play yang sudah terverifikasi maka saat instal file APK kita mengambil dari sumber lain yang belum tentu aman dan terpercaya.

0 komentar

Post a Comment