Friday, March 20, 2015

Arti dari Spesifikasi Android

Ketika memilih sebuah perangkat android kita akan dihadapkan pada beberapa pilihan spesifikasi yang berbeda dari ponsel jaman dulu. Misalnya ketika akan membeli sebuah perangkat android kita memilih spesifikasi prosesornya berapa giga hertz, ram nya berapa giga byte, kameranya berapa mega piksel kemudian juga versi android-nya apa, bisa di upgrade atau tidak dan lain-lain.

Setiap perangkat android memiliki spesifikasi seperti layaknya komputer. Misalnya spesifikasi standar yang ada pada komputer adalah kecepatan prosesor, besarnya ram dan kapasitas memori penyimpanan internal (dalam komputer berupa harddisk). Selain itu ada spesifikasi khusus yang terkait dengan perangkat android seperti jaringan, layar, kamera, battery dan fitur pelengkap lainnya.

1. Prosesor

Adalah otak dari sebuah perangkat android. Prosesor ini sering disebut juga dengan CPU (Central processing unit). Sebagai gambaran, kita sebelumnya telah mengenal prosesor pada komputer seperti Intel Pentium dan Core i3. Prosesor pada android tidak jauh beda fungsinya dengan prosesor pada komputer. Perbedaan nyata terletak pada sistem pemasangannya yang fix (tetap) tidak seperti pada komputer yang bisa dicopot-pasang.

Jenis dan merk prosesor pada android pun berbeda dengan yang kita kenal pada komputer. Pada android kita tidak mengenal Intel ataupun AMD namun sebagai gantinya kita ada Qualcom Snapdragon dan Mediatek yang banyak dipakai pada android kelas menengah ke bawah di pasar Indonesia. Selain itu ada juga beberapa merk prosesor untuk android yang lain seperti Exynos, Tegra, OMAP dan PXA.

Ukuran sebuah prosesor adalah kecepatan kerjanya. Oleh karena itu saat memilih perangkat android tentu kita akan memilih prosesor dengan kecepatan yang lebih besar. kecepatan prosesor ini dinyatakan dalam satuan Hertz yaitu seringnya dalam ukuran Mega Hertz dan Giga Hertz(GHz). 1 MHz sama dengan 1.000.000Hz dan 1 GHz sama dengan 1.000.000.000Hz.

2. RAM (Random Access Memory)

Adalah memory yang membantu kinerja dari prosesor saat memproses data atau tugas. Fungsi RAM pada perangkat android juga sama dengan fungsi RAM pada komputer. Ia bertugas menyimpan data-data pekerjaan sementara yang sedang dikerjaka oleh prosesor. Data pada RAM ini akan hilang ketka daya pada perangkat android dilepas.

Ukuran sebuah RAM diambil dari kapasitas penyimpanannya yaitu dalam ukuran byte sama dengan satuan data. Kebanyakan ukuran RAM saat ini antara 512MB sampai 4GB. Untuk perangkat android menengah kebawah biasanya sebesar 512 sampai 1GB saja. Semakin besar RAM akan membuat pengguna semakin leluasa dalam menjalankan aplikasi tanpa harus takut kehabisan RAM.

3. Memori Internal

Adalah media penyimpanan data yang disertakan didalam perangkat android. Memory ini berupa memory tetap yang tidak bisa diganti seperti layaknnya harddisk pada komputer. Jika kita kekurangan memory internal biasanya disiasati dengan menambahkan kartu memori secara ekstenal.

Ukuran memori internal dinyatakan dalam byte, misalnya 1 Giga byte (1GB). Rata-rata kapasitas penyimpanan android saat artikel ini ditulis sudah sebesar 4 sampai 8GB. Memori internal ini biasanya dibagi dua yaitu untuk sistem dan data pengguna. Jadi dari ukuran memori total hanya sebagian saja yang bisa diakses oleh pengguna.

4. Layar / Display / Touch Screen

Adalah tampilan dari perangkat android yang kita lihat dan kita sentuh. Ada beberapa jenis layar yang digunakan pada perangkat android seperti misalnya layar LCD TFT, IPS dan AMOLED. Kemudian dari jenis-jenis layar tersebut masih dibedakan lagi menjadi beberapa ukuran layar yang dinyatakan dalam satuan inch.

Satu hal yang juga turut menentukan kualitas sebuah layar display android adalah resolusi atau kepadatan piksel sebuah layar. Semakin besar dan padat jumpah piksel yang ada pada layar maka semakin halus pula gambar yang dihasilkan.

Selanjutnya adalah melihat kemampuan touch pada layar. Ini berkaitan dengan fungsi kedua dari layar yang selain berfungsi sebagai display juga berfungsi sebagai akses touch screen. Kemampuan touch sebuah layar dinyatakan dengan banyaknya jumlah touch yang bisa diterima secara bersamaan atau yang disebut dengan multi touch. Dengan fitur ini kita bisa menyentuh beberapa titik pada layar dan masih bisa direspon oleh perangkat.

5. Kamera

Adalah fitur dari perangkat android yang kini sudah menjadi wajib dan menjadi parameter penentu saat memilih android. Kamera berfungsi untuk mengambil gambar baik itu gambar diam (foto) atau gambar bergerak (video).

Ukuran sebuah kamera ditentukan dari besarnya resolusi gambar yang dihasilkan dan dinyatakan dalam satuan mega piksel. Selain itu parameter kamera juga diliha dari fitur tambahan seperti kemampuan auto fokus dan adanya lampu flash.

Pada perangkat android kadang disematkan dua buah kamera yaitu depan dan belakang. Kamera depan biasanya diperuntukkan memotret diri sendiri yang sekarang dikenal dengan istilan selfie.

6. Jaringan

Adalah jaringan komunikasi seluler dan komunikasi data yang disupport oleh perangkat android. jaringan seluler misalnya GSM atau CDMA dan jaringan data misalnya 2G, 3G, HSDPA dan 4G pada GSM serta EVDO pada CDMA.

Untuk sistem jaringan seluler seperti GSM dan CDMA agaknya bisa dipilih menurut selera dan ketersediaan jaringan serta pertimbangan biaya. Namun untuk koneksi data atau internet ini harus mutlak memiliki kecepatan yang cukup setidaknya sudah 3G atau EVDO. Jaringan data yang lambat akan membuat kita kesulitan mengakses fitur-fitur android yang kebanyakan menggunaan jaringan internet.

7. Fitur Komunikasi

Adalah fitur yang membuat sebuah perangkat android dapat berkumunikasi dengan perangkat sekitar. Fitur ini biasanya meliputi bluetooth, Wifi, USB, NFC, GPS dan lain-lain. Fitur komunikasi yang lengkap membuat perangkat kita bisa gaul dan mudah berkomunikasi dengan perangkat lain.

Diantara fitur-fitur komunikasi yang ada, koneksi bluetooth, wifi dan GPS adaknya harus mutlak ada pada perangkat android. Hal ini karena kebutuhan akan sharing data sudah semakin banyak dalam aplikasi sehari-hari. Juga untuk keperluan akses hotspot internet yang tentunya membutuhkan koneksi wifi.

8. Battery

Adalah sumber daya untuk menghidupkan perangkat android. Ukuran battery ini dinyatakan dalam mAH (mili Ampere Hour). Satuan ini menyatakan kapasitas arus yang dihasilkan oleh battery yang akan habis jika dipakai pada arus tersebut selama satu jam. Misalnya sebuah battery dengan kapasitas 100mAH akan habis dalam satu jam jika dia digunakan pada arus 1000 mili ampere.

Semakin besar kapasitas battery sebuah perangkat android semakin baik. Ini menyangkut salah satu kekurangan dari android yang boros battery mengikuti karakter dari sistem operasi Linux. Namun kapasitas battery yang besar juga menjadimasalah manakala ukuran dan tipisnya sebuah perangkat menjadi prioritas. Karena battery dengan kapasitas besar tentu memiliki ukuran fisik yang lebih besar.

9. Versi Android

Adalah versi rilis dari sistem operasi android yang diinstal pada perangkat. Versi android ini mengambil nama-nama makanan manis dan diurutkan menurut abjad maju (A,B, C, dan seterusnya). Saat artikel ini ditulis versi android terbaru adalah Lollipop.

Saat memilih perangkat android hendaknya kita memilih versi software yang erbaru karena pasti sudah dilakukan update dan perbaikan dari bug-bug yang ada pada versi sebelumnya.

10. Fitur Lain

Ini adalah fitur yang spesifik tiap tiap merk yang tidak termasuk dari 9 spesifikasi diatas. Fitur ini misalnya warna, sensor, senter penerang dan sebagainya. Fitur-fitur ini kadang terkesan sepele namun akan membantu kita pada saat-saat tertentu. Jadi memilih perangkat android yang memiliki banyak fitur tentu bisa dijadikan petimbangan tersendiri.

Demikian arti dan penjelasan dari spesifikasi-spesifikasi android yang sering kita temui ketika akan memilih dan membeli android. Yang penting hendaknya disesuaikan dengan budget yang tersedia karena jika mengejar spesifikasi yang tinggi dan fitur yang lengkap tentu juga memerlukan budget yang besar.

1 komentar: