Monday, March 23, 2015

10 Kelebihan dan Kekurangan Android Part 1

Android adalah sistem operasi yang tergolong baru namun perkembangannya saat ini sudah sangat cepat dan bahkan menguasai lebih dari 80% perangkat smartphone didunia. Perkembangan android yang cukup "ganas" ini bahkan mampu "mematikan" raksasa ponsel masa lalu, Nokia. Sekarang hampir disemua tempat kita menjumpai orang-orang yang asyik menggunakan perangkat Androidnya bahkan sambil berjalan sekalipun.

Dibalik perkembangan android ini tentu ada kelebihan yang mendasarinya untuk dipilih banyak pengguna smartphone baik pemula maupun pengguna lama. Dan dibalik semua kelebihan ini tentu kita harus objektif bahwa tentu masih banyak kekurangan yang harus dibenahi demi kesempurnaan dari sistem operasi yang gratis ini.

Kelebihan Android

Berikut ini beberapa kelebihan dari sistem operasi android :

1.Sistem operasi gratis dan open source

Seperti telah ditulis pada artikel sebelumya, android merupakan sistem operasi yang gratis. Dengan ini kita bisa menikmati sistem operasi android tanpa harus membayar lisensi kepada pemliknya yaitu Google. Android juga bersfat open source, artinya siapa saja bisa mengembangkan android. Hal ini menyebabkan banyaknya kustomisasi pada sistem perangkat lunak android.

2. Harga perangkat relatif murah dan terjangkau

Selaras dengan poin nmor satu, ini menyebabkan sebuah perangkat android bisa dijual lebih murah dibandingkan dengan perangkat Iphone atau Windows Phone dengan ukuran hardware yang sama. Ini terjadi karena uang yang kita bayarkan untuk membeli perangkat tidak digunakan untuk membeli perangkat lunak sistem operasi.

3. Sudah multi tasking dan canggih dengan teknologi layar sentuh

Sistem operasi android membuat sebuah perangkat mobile seperti smartphone dan tablet PC bisa dioperasikan layaknya sebuah komputer. Sistem operasi android juga menyebabkan perangkat bisa dipakai untuk menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan atau yang sering dikenal dengan istilah multi tasking (multi=banyak, tasking=sedang bertugas).

Selain itu, rata-rata perangkat android sekarang sudah mengunakan teknologi layar sentuh sehingga memudahkan dalam pengoperasian khususnya dalam hal pointing layar yang pada komputer dilakukan dengan menggunakan mouse. Dengan teknologi layar sentuh terbaru yang menggunakan prinsip kapasitif, kita tidak perlu menekan layar, cukup dengan menyentuh atau menempelkan jari kita ke layar.

4. Tersedia banyak aplikasi

Kehadiran android semakin lengkap dengan banyaknya aplikasi yang disediakan oleh google beserta para pengembang melalui wadah aplikasi bernama Google Play Store. Kita cukup login dengan akun Google yang kita miliki dan akses ke jutaaan aplikasi sudah langsung terbuka lebar. Aplikasi-aplikasi yang tersedia kebanyakan bersifat gratis, meskipun ada beberapa yang berbayar.

5. Tersedia banyak pilihan vendor

Karena Google bukan perusahaan pembuat smartphone, maka android kemudian diberikan kepada mereka para vendor pembuat perangkat seperti smartphone dan tablet PC. Berbeda dengan IOS yang hanya ada pada Iphone buatan Apple, kita bisa memilih perangkat android dari banyak perusahaan misalnya Samsung, HTC, LG, Xiomi, Polytron, Evercoss dan lain-lain.

6. Terintegrasi dengan layanan Google

Karena android merupakan salah satu produk milik Google maka android akan terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti gmail, Youtube, Google Drive dan sebagainya. Jadi jika kita memiliki sebuah perangkat android, cukup satu id Google sudah bisa mengakses semua layanan Google.

7. Banyak pilihan model software alternatif (Custom ROM)

Kode program android yang bersifat open source atau kode sumber terbuka membuat siapa saja dapat mengembangkan android. hal ini menyebabkan banyaknya software alternatif android yang dibuat oleh orang pribadi atau komunitas yang bisa dipasang pada perangkat android tertentu.

Software alternatif ini biasanya disebut Custom ROM. Dengan mengcustom rom sebuah perangkat android maka tampilan dan kinerja android kita akan tampak berbeda dengan yang lain meskipun satu merk dan tipe.

8. Banyak teman yang menggunakan Android

Inilah salah satu yang menyebabkan sndroid cepat tersebuar dan mereka para pengguna android baru tidak takut membeli android yang nota bene merupakan perangkat smartphone yang lebih rumit dari ponsel biasa. Dengan banyaknya teman yang sudah menggunakan android maka otomatis akan terjadi sebuah komunitas terutama mereka yang menggunakan merk dan tipe yang sama. Grup-grup semacam ini banyak dijumpai dimedia sosial seperti di facebook, kaskus dan twitter.

9. Memberikan kemudahan akses dan pemberitahuan

Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh smartphone android adalah notifikasi yang selalu update setiap saat. Misalnya sekarang kita tidak harus selalu membuka email untuk mengecek ada email baru  atau tidak karena jika ada email baru akan otomatis ditampilkan pemberitahuan. Kita bisa secara mudah mengakses email, facebook, twitter, Google+ dan sebagainya.

10. Tersedia dukungan upgrade untuk perangkat-perangkat tertentu

Pada awalnya Google menawarkan kepada vendor bahwa sistem operasi android ini adalah sistem operasi yang dapat diupgrade. Artinya pengguna bisa menginstal versi android yang lebih tinggi pada perangkat android selama kapasitas hardware memungkinkan.

Itulah 10 kelebihan android yang saya rangkum dari berbagai sumber dan pengalaman menggunakan android. Untuk 10 kekurangan android akan dibahas pada artikel selanjutnya yang merupakan bagian kedua dari artikel ini.

0 komentar

Post a Comment