Tuesday, March 24, 2015

10 Kelebihan dan Kekurangan Android Part 2

Ini adalah lanjutan dari artikel tentang kelebihan dan kekurangan android bagian pertama. Pada artikel sebelumnya telah disebutkan tentang 10 kelebihan dari sistem operasi android. Dan agar berimbang maka pada tulisan berikut ini juga akan disebutkan juga 10 kekurangan dari sistem operasi android.

Android adalah sistem operasi yang tergolong baru namun perkembangannya saat ini sudah sangat cepat dan bahkan menguasai lebih dari 80% perangkat smartphone didunia. Ibarat tiada gading yang tak retak, begitulah adanya sistem operasi android ini. Dan dibalik semua kelebihan yang ada tentu kita harus objektif bahwa masih banyak kekurangan yang harus dibenahi demi kesempurnaan dari sistem operasi yang gratis dan luar biasa ini.

Kekurangan Android

Berikut ini beberapa kekurangan dari sistem operasi android :

1. Masih terdapat bug

Bug adalah sebuah kesalahan pada program. Bug ini membuat kerja sebuah perangkat menjadi bermasalah dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bug yang terdapat pada android umumnya terjadi pada merk-merk tertentu terutama untuk kelas menengah ke bawah.

Permasalahan bug pada perangkat android berkaitan dengan kustomisasi masing-masing pembuat perangkat yang menyebabkan masalah dan tidak terdeteksi pada proses riset dan development(R & D) maupun saat produksi masal (mass production).

Contoh bug konyol yang pernah terjadi pada perangkat samsung galaxy 4 adalah munculnya kata-kata porno pada pengaturan air gesture. Bug yang terjadi ini bisa jadi karena tekanan dari pihak marketing agar sesegera mungkin melepas perangkat ke pasaran agar tidak didahului oleh perangkat merk lain.

2. Koneksi internet yang terus menerus

Kelemahan dari perangkat android yang kedua adalah pengaturan koneksi internet yang belum begitu efisien. Seperti kita ketahui bahwa koneksi dari perangkat android berlangsung sepanjang pengaturan data dihidupkan. Ini tentu tidak efisien jika perangkat berada dalam keadaan standby dan tidak aktif digunakan.

3. Boros data dan kuota

Implikasi atau efek dari koneksi internet yang terus menerus pada pin nomor 2 adalah borosnya data dan tentunya menguras kuota internet kita. Mungkin ini bukan semata-mata kekurangan dari perangkat android saja karena pemakaian data internet juga dibutuhkan oleh hampir semua smartphone lain seperti Iphone dan Blackberry.

4. Boros battery

Hal lain yang menjadi efek dari borosnya koneksi internet sebuah perangkat android adalah boros battery. Selain itu manajemen daya pada layar dan penggunaan prosesor serta jaringan seluler pada perangkat android memang masih kalah jika dibandingkan dengan perangkat lain. Ini sepertinya menjadi faktor bawaan dari kapasitas android yang merupakan turunan dari sistem operasi Linux.

5. Cepat sekali kadaluwarsa

Inovasi dan pengembangan yang dilakukan oleh pengembang perangkat keras dan pengembang perangkat lunak android memang diakui keberhasilannya. Dalam waktu kurang lebih 5 tahun android boleh dibilang menguasai pasar smartphone didunia.

Namun ternyata ada efek samping keluhan yang saya rasakan sebagai pemilik dan pengguna perangkat android. Keluhan itu adalah perangkat yang saya beli setahun yang lalu akan terasa "jadul" saat ini dan update fitur-fitur unggulan dari beberapa perangkat lunak menjadi tidak bisa optimal pada perangkat "jadul" saya tersebut.

Akibatnya pengguna android harus terus menerus "dipaksa" untuk mengupdate perangkatnya agar tetap eksis dan bisa menikmati keunggulan dari fitur-fitur android. Efek dari hal ini adalah alokasi anggaran yang harus disediakan setiap tahun untuk mengupgrade perangkat android terbaru.

6. Pengguna "diganggu" oleh iklan

Sebagai masyarakat indonesia kita telah terbiasa dengan iklan yang muncul di televisi, radio dan surat kabar. Ikaln ini merupakan sumber pendapatan utama dari mereka para pelaku bisnis multimedia seperti pertelevisian dan broadcasting lainnya.

Hal ini tampaknya juga berlaku bagi sistem operasi android yang diberikan secara "gratis" oleh Google. Kata gratis saya beri tanda petik karena Google ternyata tidak sepenuhnya memberikan android secara ikhlas dan cuma-cuma. Ini memang hak Google sebagai pemilik sistem operasi android dan bukan merupakan kesalahan Google.

Seperti kita tahu bahwa Google telah mengeluarkan biaya investasi yang tidak sedikit untuk membeli dan mengembangkan android sampai sebesar ini. Saya pribadi berterima kasih kepada Google atas lahirnya sistem operasi android.

Memang iklan yang muncul pada penggunaan android tidak sampai mengganggu namun adanya iklan yang muncul ini saya catat merupakan salah satu kekurangan dari sistem operasi android karena bisa jadi kehadiran iklan ini bagi sebagian orang dirasa mengganggu.

7. Pengguna akan "dipaksa" menjadi pengguna Google

Dampak lain dari menggunakan sistem operasi android adalah kita mau tidak mau harus mempunyai akun Google. Apakah mempunyai akun Google merupakan sebuah kerugian, tentu jawabannya bermacam-macam tergantung dari siapa yang ditanya. Jika saya pribadi menjawab tidak karena saya banyak menggunakan layanan Google seperti Blogger, Mesin pencari, Gmail, Youtube, Google Plus, Google drive dan sebagainya.

Bagaimanapun syarat untuk menjadi pengguna Google membuat pengguna android tidak bebas dan seakan terikat oleh sesuatu. Bagi sebagian orang mungkin menjadi pengguna Google biosa jadi merupakan paksaan dan menyentuh sisi pribadi mereka.

8. Memerlukan pengetahuan teknis untuk memilih spesifikasi perangkat

Banyaknya perangkat android yang beredar dipasaran dengan berbagai merk yang dikenal dan tidak dikenal menjadikan dilema tersendiri bagi konsumen android. komsumen dituntut harus cerdas dalam memilih perangkat dan jika salah akan menyebabkan kerugian tentunya.

Hal semacam ini pernah dialami oleh tema saya karena ketidak tahuannya akan fitur koneksi jaringan internet. Saat itu dia kecewa karena perangkat android yang dia beli belum support koneksi internet 3g/HSDPA.

Bermula dari contoh diatas tentunya memilih sebuah poerangkat android tidak semudah memilih iphone dan blackberry tentunya. Dan hal ini saya catat sebagai salah satu kekurangan dari perangkaty android yaitu dibutuhkan pengetahuan teknis dari konsumen untuk memilih perangkat android.

9. Kustomisasi perangkat yang masih dibatasi

Ini berlaku bagi perangkat android yang baru dibeli dari merk tertentu misalnya yang saya tahu adalah samsung dan sony. Pengguna akan dibatasi dalam menggunakan beberapa aplikasi seperti droid wall, titanium backup, link2sd dan root explorer. Pembatasan in berkaitan dengan permintaan akses root untuk menjalankan beberapa aplikasi yang telah disebutkan tadi.

Kekurangan ini bisanya bisa diatasi dengan membuka akses root sebuah perangkat melalui aplikasi atau update. Tidakan inilah yang sering disebut dengan ngeroot perangkat android. Namun yang kadang menjadi kendala adalah proses ngeroot ini tidak bisa dilakukan oleh pengguna awam dn harus dilakukan setidaknya oleh mereka yang memiliki kemamapuan teknis atau sudah terlatih.

10. Banyaknya aplikasi "sampah" pada Play Store

Ada gula ada semut begitulah ungkapann yang saya pakai untuk menggambarkan banyaknya aplikasi yang muncul pada play store. Disisi lain pengguna akan memperoleh banyak pilihan namun disisi yang lainnya pengguna akan menjadi kebingungan dalam memilih aplikasi mana yang harus diinstal.

Banyaknya aplikasi yang kurang bermutu atau yang saya sebut dengan "sampah" pada sub judul diatas barangkali tidak disengaja oleh para pengembang. Saya percaya mereka tetap berusaha mengahdirkan aplikasi yang terbaik namun apa daya kemampuan dan hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Yang lebih parah kadang selain tidak bisa berfungsi atau berjalan dengan baik, aplikasi-aplikasi ini juga memiliki bug yang mengganggu kinerja perangkat android. Pada beberapa kasus bahkan sempat membuat jalannya sistem operasi android berhenti atau hang dan harus direstart atau dicabut battery-nya agar perangkat bisa kembali berfungsi normal.

Demikian beberapa kekurangan dari perangkat android. Maksud dari tulisan ini bukan untuk halangan kita menggunakan android namun lebih kepada tujuan bagaimana kita mengatasi beberapa kekurangan ini. Sampai saat ini android masih yang terbaik menurut saya dari segi harga, kualitas dan komunitas.

0 komentar

Post a Comment